• Tips Membuat CV Anda Agar Menjadi Lebih Berkualitas

    Culture / Tips


    Tips Membuat CV Anda Agar Menjadi Lebih Berkualitas

    Karier baru sudah pasti berada dalam genggaman.


    Masa kini, di saat teknologi serba canggih, segala sesuatu dapat diakses semudah penelusuran kata kunci yang tepat di internet. Otomatis, informasi semakin mudah didapat. Di balik segala kritik dan protes mengenai akibat ketergantungan akan teknologi, pada saat yang bersamaan terdapat pula kelebihannya, termasuk dalam membuat surat lamaran elektronik. Melalui internet, kita dapat menelusuri berbagai hal serta poin penting yang dapat dicantumkan di Curriculum Vitae, atau yang biasa disingkat CV.

    Berbagai metode serta pola peletakkan untuk CV yang menarik saat ini dapat dengan mudahnya diakses. Sungguh sebuah keuntungan tersendiri. Akan tetapi, untuk beberapa orang, hal ini justru menjadi kerugian yang berbalik seakan menggampangkan proses pembuatan sebuah surat lamaran. Justru sejumlah poin yang signifikan terluputkan begitu saja akibat dari pikiran yang terlalu bergantung kepada template CV yang beredar di internet.

    Mungkin, hal tersebut lah yang selama ini membuat CV Anda tidak menonjol. Apalagi, jika Anda menargetkan untuk bekerja di perusahaan bidang fashion atau gaya hidup di mana kreativitas menjadi hal utama yang dipertimbangkan. Kesalahan justru terjadi karena Anda terlalu mengikuti template yang beredar di internet. Alhasil, tidak ada keunikan dari CV Anda, terlihat sama dengan ratusan pelamar lainnya.

    Untuk kendala tersebut, Bazaar hadir dengan solusi. Berikut sejumlah tips membuat CV atau surat lamaran yang berkualitas terutama untuk melamar di pekerjaan yang berkaitan erat dengan industri fashion, kreatif, dan gaya hidup.


    Tentukan konsep visual



    Jika Anda melamar di industri kreatif, akan lebih baik untuk berkreasi dengan template desain CV karya sendiri. Daripada mengikuti template yang beredar di internet. Hal ini untuk menghindari CV lamaran Anda secara tidak sengaja sama dengan para pelamar lainnya. Kreasikan visual desain CV yang merepresentasikan karakter gaya personal Anda.

    Sertakan foto diri yang tidak terlalu formal, namun tetap profesional



    Foto diri merupakan hal yang penting, tetapi kerap terlupakan. Ada beberapa orang yang memutuskan untuk tidak mencantumkan foto diri mereka di surat lamaran. Faktanya, secara psikologis, menyertakan foto diri akan menambah fokus perhatian tertuju kepada CV Anda. Foto yang tidak terlalu formal, dengan catatan tetap terlihat profesional, dapat Anda sertakan untuk membuat CV terlihat menonjol.

    Cantumkan informasi lengkap



    Visual yang berkelas, tidak akan ada artinya tanpa disertai informasi diri yang lengkap. Justru hal ini lah yang signifikan. Sertakan informasi lengkap mengenai diri Anda, terutama mengenai kontak yang dapat dihubungi. Semakin detail, pastinya semakin baik dan mudah dicerna oleh pihak perusahaan. Kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan pun lebih terbuka lebar.

    Ciptakan alur yang mudah dibaca dan dipahami



    Inilah yang perlu disiasati. Informasi yang detail, bukan berarti harus selalu berwujud tulisan panjang yang memenuhi halaman CV Anda. Usahakan untuk membuat penjelasan informasi mengenai diri secara terstruktur. Mulai dari informasi yang paling umum, seperti tempat dan tanggal lahir, alamat, serta nomor telepon. Setelah itu lanjutkan dengan latar belakang pendididikan dan pengalaman kerja. Jangan lupa sertakan penjelasan mengenai karakter personal Anda. Bagaimanapun juga, EQ tidak kalah penting dibandingkan dengan IQ.

    Sertakan link portfolio Anda



    Kendala yang paling sering ditemui para pekerja kreatif, kapasitas file portfolio yang terlalu besar sehingga seringkali surel tidak sampai ke pihak perusahaan yang dilamar. Sekali lagi, merupakan sebuah keuntungan di jaman dengan teknologi yang serba maju. Ada banyak website yang dapat digunakan untuk mencantumkan portfolio Anda. Salah satunya, Behance atau LinkedIn. Selanjutnya, tinggal cantumkan alamat link yang terkoneksi langsung dengan portfolio di platform pilihan Anda.

    Hindari format CV dalam kapasitas file yang terlalu besar



    Berkaitan dengan poin sebelumnya, perhatikan kapasitas file CV Anda sebelum mengirim. Karena biasanya masing-masing perusahaan memiliki standar untuk kapasitas besaran surel yang dapat mereka terima. Bazaar menyarankan untuk menyimpan file CV dalam format PDF atau JPEG. Dan, usahakan jangan sampai melebihi kapasitas 2 MegaByte.

    Gunakan kata pengantar yang baik dan benar



    Signifikan. Jangan pernah lupakan kata pengantar yang baik dan benar saat mengirim CV Anda. Akan terkesan tidak sopan apabila Anda hanya menyertakan file CV atau link saja tanpa disertai kata pengantar di surel. Untuk itu, pilihlah kalimat yang singkat, jelas, sekaligus mengena. Tidak perlu terlalu panjang, cukup beberapa kalimat informatif yang menggambarkan sisi profesionalitas Anda.

    Semoga berguna!


    (Foto: Courtesy of Roman Samborskyi©123RF.com, Instagram @ekko_studio @bewerbungsfotos_fried @myrandomsocalledlife @juliakbrow @thatcleanlife)









- RELATED ARTICLE -