• Karya Kreatif Indonesia Tahun Ini Dibuka Presiden Jokowi

    Culture / News


    Karya Kreatif Indonesia Tahun Ini Dibuka Presiden Jokowi

    Pembukaan acara tahunan yang dibuat oleh Bank Indonesia ini diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Bagaimana kemeriahannya?


    Untuk menandai karya kebanggaan Tanah Air, Bank Indonesia kembali gelar pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 di Jakarta Convention Center, Senayan. Acara ini merupakan sebuah Festival yang dirancang dengan format seperti sebuah resepsi atau selebrasi perayaan kesuksesan UMKM yang dari tahun ke tahun dibina Bank Indonesia. Selain itu, KKI juga ingin menampilkan pameran produk unggulan, pergelaran karya kreatif, serta talkshow, workshop, dan business coaching

    Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara ini diawali dengan sambutan hangat dari Gubernur BI yaitu Bapak Perry Warjiyo. Ia menyampaikan bahwa pameran yang bertema Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital ini akan menampilkan beberapa produk berbeda selama pameran ini berlangsung. Dalam keseruan ini, terdapat 370 produk UMKM binaan yang akan ditampilkan, termasuk produk kain, pakaian, binaan dalam bidang kerajinan dan makanan jadi. Bapak Jokowi selaku Presiden Indonesia juga hadir untuk meresmikan pembukaan pameran KKI 2019 bersama Ibu Iriana Joko Widodo. 


    Pembukaan ini turut dimeriahkan oleh peragaan busana dari 5 desainer Indonesia yaitu Toton, Dian Pelangi, Tuty Adib, Ria Miranda, dan Didi Budiardjo. Mereka secara spesial merancang busana menggunakan kain-kain tradisional yang didatangkan langsung dari daerah-daerah di Indonesia, seperti kain tenun, ikat, batik, songket, dan ulos.


    Fashion show karya Toton yang menggunakan kain tenun Nusa Tenggara Barat.


    Fashion show karya Dian Pelangi yang menggunakan kain batik Banten.


    Fashion Show karya Ria Miranda yang menggunakan kain batik Kudus.


    Fashion Show karya Tuty Adib yang menggunakan kain endek Bali.


    Fashion show karya Didi Budiardjo yang menggunakan kain ulos Sumatra Utara.




    Tidak hanya saat hari pembukaan tetapi peragaan busana tersebut akan dilakukan sampai hari terakhir KKI 2019, di tanggal 14 juli.

    Para desainer yang berpartisipasi menunjukkan karya mereka dalam variasi rancangan busana yang unik dan mempunyai nilai budaya tinggi. Selama peragaan busana berlangsung, tiap busana yang ditampilkan mempunyai unsur mode Tanah Air.



    Sorotan utama pameran ini adalah area penjualan di mana para pengunjung dapat berbelanja beragam produk nusantara. Produk-produk tersebut mencangkup kain tradisitonal, batik, aksesori, minyak wangi, jam tangan, dan banyak lagi.

    Salah satunya adalah kerajinan tas bordir khas Aceh yang bermotif Pucok Reubong dipadukan dengan motif Kerawang Gayo. Warna yang digunakan pada beberapa produk merupakan warna klasik seperti warna dasar hitam yang ditimpa oleh kuning. Bahannya pun berbeda-beda seperti kain terpal, sintesis, dan prada. Selain itu, tersedia juga kerajinan mukena bordir yang anggun nan menawan. 



    Namun pameran KKI tidak akan lengkap tanpa kuliner Indonesia. Aneka macam makanan dan minuman siap disajikan untuk para pengunjung yang mencintai hidangan khas Tanah Air. Rangkaian hidangan akan disajikan dari beberapa daerah yaitu Medan, Sumatra Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan tentunya DKI Jakarta. Mulai dari Soto Udang Galah Medan hingga Bebek Sinjay Madura, sajian kuliner ini dapat dinikmati oleh semua pengunjung pameran.


    KKI akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu pada tanggal 12-14 Juli 2019 di Jakarta Convention Center. Pameran akan dibuka setiap hari mulai dari jam 09.00 hingga 17.30 WIB. Ditunggu kehadiran Anda!


    (Foto: Courtesy of Hary Subastian & Insan Obi)

    -->






- RELATED ARTICLE -