• Tips Menghaluskan Kulit Wajah Agar Terlihat Segar dan Sehat

    Beauty / Tips


    Tips Menghaluskan Kulit Wajah Agar Terlihat Segar dan Sehat

    Bazaar berbagi tips menghaluskan kulit wajah agar tampak lebih memesona.


    Saat ini, riasan minimalis masih banyak digemari oleh wanita. Salah satu kuncinya adalah kulit yang terlihat halus. Kulit wajah yang terlihat halus akan memberi tampilan segar pada riasan wajah. Selain itu, kulit wajah yang halus adalah aset dan lebih mudah dirias bak kanvas putih. Tip menghaluskan kulit wajah bisa Anda contek dari beberapa poin berikut ini.

    1. Eksfoliasi teratur

    Langkah ini adalah hal wajib yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit halus. Namun, jangan sampai berlebihan. Eksfoliasi teratur sebaiknya dilakukan 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan toner dengan kandungan asam salisilat untuk eksfoliasi ringan setiap hari.

    Saat asam salisilat membantu membersihkan minyak dan kotoran penyebab komedo, ada lagi kandungan alpha hydroxy acids yang mengangkat sel kulit mati serta menstimulasi produksi kolagen untuk menyamarkan garis halus di wajah.

    2. Gunakan masker

    Rutin menggunakan masker dapat merangsang regenerasi kulit Anda. Tentunya, masker yang dipilih juga harus sesuai dengan kebutuhan kulit. Kulit kasar bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya jerawat atau bekasnya, penuaan dini, atau kulit yang tidak terhidrasi dengan baik.

    Beberapa masker bahkan bisa mengatasi dua atau lebih masalah kulit. Pilihlah masker wajah yang sesuai dengan masalah kulit Anda dan gunakan secara teratur 1 hingga 3 kali seminggu.

    3. Pilih pelembap sesuai jenis kulit

    Tips menghaluskan kulit wajah tak akan lengkap tanpa pulasan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Jika kulit Anda kering dan terasa kasar, bisa jadi ia kekurangan pelembap sehingga teksturnya tak indah dilihat atau dipegang.

    Untuk jenis kulit berminyak, pilihlah pelembap bebas minyak atau bertekstur gel agar tidak terasa lengket di kulit. Bagi pemilik tekstur kulit kering dan agak kasar, bisa memilih pelembap dengan kandungan asam hialuronat atau gliserin yang kaya akan air. Saat kulit sedang rentan terhadap breakouts, pilih tekstur losion dan pastikan produk tersebut noncomedogenic.


    4. Toner tak boleh terlewatkan!

    Selain pelembap, langkah penggunaan toner setelah mencuci wajah juga jangan sampai dihindari. Fungsinya adalah untuk memaksimalkan pembersihan residu pada kulit, dan pada beberapa kandungan toner dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

    Pilih toner sesuai jenis kulit Anda, misalnya pada kulit berminyak ada baiknya mengaplikasikan toner yang mengandung sensasi dingin atau menyegarkan. Sedangkan pada kulit kering, baiknya hindari toner yang mengandung bahan alkohol atau astringent.

    5. Serum yang tepat adalah kunci

    Memilih serum bukanlah hal gampang, apalagi ketika kulit sedang "rewel". Namun Anda tak perlu khawatir, jika kulit terasa kasar serta kering, pilihlah serum dengan kandungan ceramides dan fatty acids yang mampu melembapkan kulit dan menghidrasinya dengan baik tanpa menyebabkan iritasi.

    Untuk kulit sensitif terhadap jerawat namun terasa kasar, Anda bisa memilih serum berformula hyaluronic acid yang ringan dan menghidrasi secara maksimal. 

    6. Pulaskan tabir surya 

    Menggunakan tabir surya tak hanya bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari, tapi juga bisa untuk menghaluskan kulit. Seperti yang telah Anda ketahui, cahaya matahari memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan kulit Anda. Paparannya bisa menyebabkan kerutan dan kerusakan pada kulit. Selalu gunakan tabir surya sebagai perisai sebelum memulai aktivitas di pagi hari.


    Selain tips menghaluskan kulit wajah di atas, Anda juga sebaiknya mulai membangun kebiasaan seperti di bawah ini.

    1. Tidur yang cukup

    Biasakan diri Anda untuk tidur cukup setidaknya 7-8 jam dalam sehari. Saat Anda tidur, kulit beregenerasi untuk memperbaharui sel-selnya. Aktivitas kulit tersebut membantu mengganti sel kulit mati yang menyebabkan kusam atau kasar secara alami. Tak hanya itu, tidur yang cukup juga bisa meminimalisir risiko kulit mudah rusak dan keriput. 

    2. Olahraga teratur

    Tidak perlu berat, Anda bisa memulai kebiasaan berolahraga ringan seperti jalan pagi santai dan jogging selama 30 menit per hari. Kebiasaan ini akan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Saat keringat keluar, hal tersebut bisa membantu mengeluarkan kotoran dan bakteri di kulit. Keringat juga bisa menstabilkan kondisi kelembapan kulit sehingga terjaga kehalusannya. Tapi jangan lupa untuk segera membersihkan keringat setelah olahraga, ya! 

    3. Hindari alkohol, rokok, dan minuman bersoda

    Menghindari tiga hal di atas mampu membantu memperhalus dan mempercantik kulit Anda. Ketiga hal tersebut sebenarnya menjadi bagian dari penyebab utama rusaknya kesehatan dan kecantikan. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari alkohol, rokok, dan minuman bersoda dalam diet Anda. 

    4. Selalu bersihkan kulit sebelum tidur 

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat tidur sel kulit beregenerasi dengan sendirinya. Untuk memaksimalkan kerja kulit saat tidur, jangan lupa untuk selalu membersihkan dan memberikan perawatan tepat baginya. Pastikan kulit Anda benar-benar bersih sesaat sebelum tidur di malam hari. 

    5. Bersihkan kuas makeup

    Kotoran dan minyak yang menempel pada kuas bisa memicu berbagai masalah kulit seperti jerawat atau komedo. Saat muncul komedo, kulit bisa terasa kasar dan terlihat kusam. Maka dari itu, sebaiknya bersihkan kuas Anda satu kali dalam seminggu. Gunakan pembersih kuas yang sudah diformulasikan khusus agar hasilnya lebih maksimal. 


    (Foto Courtesy of 123R.com)












- RELATED ARTICLE -