• 10 Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu Anda Waspadai!

    Beauty / Tips


    10 Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu Anda Waspadai!

    Jenis makanan berikut dapat menyebabkan timbulnya masalah jerawat di kulit Anda.


    You are what you eat. Tidak diragukan lagi bahwa segala makanan yang Anda konsumsi memiliki pengaruh tersendiri bagi tubuh, termasuk kulit. Bagi Anda yang sedang berperang melawan jerawat, coba introspeksi lagi makanan yang dikonsumsi. Makanan penyebab jerawat mungkin telah menjadi kebiasaan sehari-hari untuk dimakan.

    Bazaar mencoba merangkum 10 makanan penyebab jerawat yang bisa menjadi acuan untuk dihindari. 


    1. Skim milk 

    Semakin banyak Anda mengonsumsi susu, terutama skim milk, semakin rentan kulit Anda terhadap jerawat. Hal ini berlaku untuk susu sapi dengan kandungan hormon tertentu yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan protein jika dikonsumsi secara berlebihan.

    Selain itu, saat pembuatan skim milk, protein tertentu juga ditambahkan untuk menjadikan susu lebih kental dan mengenyangkan. Anda bisa mengganti produk tersebut dengan almond milk atau jenis lainnya.


    2. Gula dan karbohidrat

    Kulit bisa jadi berjerawat karena konsumsi karbohidrat dan gula yang berlebihan seperti soda, nasi, roti, juga kue. Gula dan karbohidrat di dalam makanan tersebut biasanya masuk ke dalam darah Anda secara cepat. Ketika insulin terproduksi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah, ia juga merangsang produksi hormon lain yang memicu minyak pada kulit wajah. 


    3. Cokelat yang mengandung susu

    Jika Anda hobi mengonsumsi cokelat, sebaiknya segera beralih ke dark chocolate dengan minimal 70 persen kandungan cocoa. Cokelat yang dicampur dengan susu biasanya megandung gula dan trans fat yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di kulit wajah.


    4. Kacang

    Kacang mengandung androgen yang dapat membuat jerawat semakin parah dengan meningkatkan produksi sebum. Tapi Anda tak perlu khawatir, tak semua jenis kacang bisa menjadi makanan penyebab jerawat. Jika Anda pecinta kacang, pilih kacang seperti almond dan cashew yang aman untuk kulit berjerawat. 


    5. Dairy products

    Jika Anda sedang kesulitan menghilangkan jerawat, dairy products seperti keju sepertinya bisa dicoba untuk dihindari. Dairy bisa memicu beberapa hormon penyebab jerawat yang nantinya akan berujung pada breakouts. Anda bisa memilih keju yang bebas dairy untuk menghindari timbulnya jerawat. 


    6. Fast food

    Memang fast food adalah cara paling gampang untuk mengisi perut dan biasanya memiliki cita rasa yang enak. Namun sangat disayangkan selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, fast food juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. 

    7. Kafein

    Mungkin Anda adalah seseorang yang tidak bisa lepas dari kopi. Namun, Anda perlu tahu bahwa kandungan kafein di dalamnya dapat membuat kulit berjerawat. Pasalnya, kafein meniru kondisi stres di tubuh yang memicu produksi kortisol (hormon stres). Kenaikan hormon kortisol itulah yang dapat memicu acne breakouts. 


    8. Makanan Berminyak

    Makanan berlemak dan berminyak dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat di wajah. Sejauh ini, banyak yang menganggap makanan pedas adalah sumber jerawat. Namun itu belum tentu benar. Justru makanan yang tinggi lemak dan garam yang berpengaruh pada jerawat.


    9. Alcoholic cocktails

    Apakah Anda penikmat cocktails? Hati-hati, ternyata minuman ini juga bisa memicu timbulnya jerawat di kulit wajah. Margarita, mojito, dan campuran minuman lainnya memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Alkohol juga bisa membuat kulit Anda dehidrasi dan terasa kering. Ketika kulit kering, ia tak mampu eksfoliasi secara sempurna hingga menyebabkan tersumbatnya pori dan munculnya jerawat. 


    10. Sushi

    Tidak semua jenis sushi memiliki potensi untuk menimbulkan jerawat di wajah. Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, nasi putih mengandung kadar gula tinggi yang bisa menyebabkan jerawat. Pada kasus sushi, biasanya ia dipadukan dengan rumput laut yang mengandung iodine.


    Bagi sebagian orang, iodine bisa memicu timbulnya jerawat. Begitu pula dengan sushi yang berbahan telur. Jika dikonsumsi secara berlebihan, protein di dalamnya bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan memicu jerawat.


    10 jenis makanan di atas dianggap dapat memicu jerawat. Namun, kembali lagi ke toleransi tubuh seseorang. Ada baiknya Anda mengenali dulu tubuh dan kesehatan diri sebelum mulai menghindari 10 jenis makanan yang ada dalam artikel ini. 


    (Foto: Courtesy of Aliaksei Kaponia©123RF.com)








- RELATED ARTICLE -