• 7 Manfaat Essential Oil Aroma Lavender untuk Kecantikan

    Beauty / Tips


    7 Manfaat Essential Oil Aroma Lavender untuk Kecantikan

    Selain aromaterapi, Lavender juga memiliki manfaat baik untuk kecantikan.


    Manfaat essential oil Lavender seringkali diasosiasikan dengan relaksasi. Identik dengan nuansa warna ungu, bunga Lavender mempunyai wangi yang sangat lembut. Tak heran jika essential oil Lavender sering digunakan di gerai spa untuk pijat atau sebagai aromatherapy. Selain memiliki khasiat menenangkan, ternyata essential oil Lavender juga baik untuk kecantikan. Mari simak manfaat essential oil Lavender untuk kecantikan Anda. 

    1. Mengatasi jerawat

    Essential oil Lavender memiliki kandungan antiseptik dan antiinflamasi. Dua kandungan tersebut diklaim dapat mencegah dan melawan bakteri penyebab munculnya jerawat serta mengatasi peradangan jerawat di kulit Anda. Selain melawan bakteri penyebab jerawat, Lavender juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih di kulit wajah. Coba gunakan essential oil ini sebagai spot treatment di jerawat.


    2. Detoksifikasi kulit

    Hiruk pikuk ibu kota seringkali diikuti dengan polusi udara. Bagi Anda yang sering terpapar oleh polusi tersebut, kulit bisa saja menjadi kian kotor, kusam, dan tanda penuaan dini semakin terlihat. Essential Oil Lavender memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga diklaim mampu merawat kulit, menangkal efek buruk dari polusi, dan menyamarkan tanda penuaan dini.


    3. Memperbaharui sel kulit

    Sel kulit mati yang menempel bisa membuat wajah terlihat kusam dan menyumbat pori sehingga terjadinya jerawat. Minyak Lavender dapat membuat kulit terasa kencang dan melancarkan sirkulasi darah sekaligus meningkatkan proses regenerasi sel kulit.

    Jika aplikasi langsung essential oil Lavender terasa lengket di kulit, Anda bisa mencoba menjadikannya sebagai toner. Tidak sulit menjadikannya toner, cukup siapkan toner biasa, facial mist, atau air mawar. Campurkan satu hingga dua tetes minyak Lavender ke dalamnya, dan aplikasikan menggunakan kapas atau semprotkan pada wajah.


    4. Menyembuhkan luka

    Luka di kulit biasanya terjadi karena jerawat, gigitan nyamuk, atau iritasi. Sifat anti-mikroba di dalam minyak Lavender mampu mencegah infeksi. Selain kandungan tersebut, minyak ini juga mengandung linanool yang dapat mengobati luka, mengurangi rasa gatal di kulit, mempercepat pemulihan sekaligus membuatnya terasa lebih halus. 


    5. Mengatasi eksim 

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, minyak Lavender menganung antiseptik yang mampu membunuh bakteri serta menjaganya dari bakteri baru. Masalah kulit seperti eksim biasanya terjadi saat kulit terasa kering dan gatal. Minyak Lavender mampu menenangkan rasa gatal akibat eksim. Saat diaplikasikan kulit akan terasa lebih lembap dan diklaim dapat mempercepat proses pemulihan eksim.


    6. Menangkal tanda penuaan

    Untuk menjaga keremajaan kulit, Anda bisa menggunakan minyak Lavender sebagai senjata. Kaya akan antioksidan, ia membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak keremajaan kulit. Bila Anda ingin bereksperimen, bisa juga mencampurkan minyak Lavender dengan lidah buaya atau minyak kelapa untuk memaksimalkan manfaatnya.


    7. Mengatasi ketombe

    Bagi yang memiliki masalah ketombe yang disebabkan oleh keringnya kulit kepala, minyak Lavender bisa membantu mengatasinya. Campurkan 15 tetes minyak dengan 2 sendok makan minyak zaitun kemudian panaskan selama 10 detik. Setelah agak dingin, pijatkan ke kulit kepala lalu diamkan selama 1 jam sebelum keramas.


    Setelah mengetahui berbagai manfaat dari minyak Lavender, Bazaar ingin memberikan 10 rekomendasi produk minyak Lavender yang bisa Anda coba. Simak produk apa saja yang bisa menunjang tampilan cantik Anda secara alami melalui esensi Lavender.


    1. Young Living Essential Oil

    Siapa yang tak kenal brand satu ini? Young Living Essential Oil bisa dibilang sebagai label favorit dari sebagian besar pecinta aromaterapi. Salah satu produk unggulannya adalah Lavender essential oil. Young Living mengklaim minyak satu ini dianggap sebagai produk serba bisa untuk relaksasi, kesehatan, dan kecantikan. 



    2. Organic Supply Co. 

    Sejak tahun 2015, Organic Supply Co. telah menjadi jawaban akan kebutuhan aromaterapi dengan harga yang cukup terjangkau. Di situsnya, Anda bisa mencari inspirasi kegunaan aromaterapi termasuk aroma Lavender. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat bagaimana cara mencampurkan aromaterapi yang berbeda untuk perawatan kecantikan juga kesehatan.


    3. Wangsa Jelita Essential Oils

    Label essential oil asal Indonesia ini hadir dengan 5 varian, salah satunya adalah Lavender. Karena sudah berbentuk beauty oil, produk ini lebih mudah digunakan seahai makeup remover, pelembap tubuh, bahkan untuk merawat rambut. 


    4. Nusaroma Essential Oil

    Berdiri sejak 2004, Nusaroma Essential melibatkan para ahli profesional yang berpengalaman di bidangnya. Terlebih lagi, label ini memiliki peralatan penelitian yang lengkap serta canggih. Merek ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk memilik Lavender essential oil.



    5. Bathaholic

    Bathaholic berdiri sejak 2006 dengan bahan alami terbaik sebagai kandungannya. Selain aromaterapi Lavender, label ini memiliki essential oil yang sudah diracik seperti stress relief, therapeutic, dan tea tree.


    6. Nares Essential Oils

    Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan, essential oil dari Nares Essential Oils memiliki manfaat lainnya. Beberapa di antaranya untuk memoles perhiasan, pewangi cucian, bahkan untuk gangguan kesehatan ringan. 


    7. Art Naturals

    Selain bisa digunakan sebagai minyak pijat, ekstrak Lavender ini bisa menenangkan kulit sehingga terasa lebih lembut dan tidak kusam. Label Art Naturals menyediakan minyak Lavender yang kaya akan antibakteri untuk membantu menghilangkan bakteri dan meningkatkan metabolisme lemak sehingga menyamarkan jaringan parut atau selulit.

     8. Belli to Baby 

    Sesuai dengan namanya, Belli to Baby sebenarnya adalah aromaterapi untuk si kecil. Namun, tak menutup kemungkinan untuk digunkan juga oleh orang dewasa. Belli to Baby sudah cukup lama berkecimpung di dunia essential oil Indonesia. Anda bisa membeli produk ini dan digunakan bersama dengan si kecil. 


    9. The Soap Corner

    Sebenarnya label lokal ini terkenal dengan produk sabunnya. Namun ia tak hanya berhenti di situ. Berbagai produk skincare serta essential oil berbahan dasar alami juga menjadi andalan dari label ini. Segala produknya bisa digunakan untuk semua jenis kulit. 


    10. Good Vibes Botanical

    Merek Lokal perawatan kulit organik ini memang ditujukan untuk meredakan kulit bagi mereka yang tinggal di area tropis. Selain Lavender, ia juga menyediakan essential oil seperti Peppermint dan ragam lainnya yang menggunakan bahan alami terbaik. 


    (Photo: Courtesy of ???©123RF.com, Instagram/@youngliving_indonesia, @organicsupplyco, @wangsajelita, @nusaroma, @thebathaholic, @nares_essentialoil, @artnaturalsau, @bellitobabyid, @thesoapcorner, @goodvibesbotanical)









- RELATED ARTICLE -