• 10 Pilihan Lagu yang Membuat Lebih Fokus Bekerja

    Culture / News


    10 Pilihan Lagu yang Membuat Lebih Fokus Bekerja

    Suguhan komposer klasik hingga grup musik indie lengkap tersaji.


    Musik berdampak signifikan dalam kehidupan manusia. Layaknya udara yang dibutuhkan untuk bernafas dan bertahan hidup, keberadaan musik tampaknya dapat disajajarkan.

    Bukan bermaksud hiperbola, namun dapatkah Anda membayangkan untuk hidup tanpa musik? Walaupun efeknya tidak menyentuh fisik dan menyebabkan kematian raga, bagaimana dengan jiwa?

    Anda tentu tidak ingin menjalani hari seperti mayat hidup. Sama halnya seperti tubuh, kesehatan jiwa juga perlu dirawat dengan perlakuan khusus. Sayangi diri seutuhnya.

    Salah satu jalan terbaik untuk memperoleh relaksasi jiwa adalah melalui musik. Apapun mood Anda saat ini, musik dapat menjadi pendamping sempurna.

    Untuk memfokuskan lebih detail bahasan mengenai musik berikut ini, karena tema keseluruhannya berkaitan erat dengan pikiran yang fokus.

    Berikut 10 playlist lagu pilihan Bazaar yang akan membuat Anda lebih fokus dalam belajar sekaligus bekerja.

    1. Daughter – If You Leave


    Lagu berjudul If You Leave dari grup musik indie asal Inggris berikut menjadi pilihan pertama Bazaar. Daughter identik dengan hasil karya musiknya yang beralun nada tenang serta lirik yang dalam. Termasuk lagu mereka berikut ini, yang sekaligus memberi efek lebih fokus membaca dan menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi.


    2. Air – Sing Sang Sung


    Sederhana dan ringan untuk didengarkan. Lagu berjudul Sing Sang Sung yang dilantunkan oleh Air akan meningkatkan mood untuk bekerja. Lirik dan ritmenya dapat mengusir rasa jenuh akibat pekerjaan menumpuk.


    3. Aquilo – Thin


    Lirik bermakna nan mengena juga berhasil dibawakan oleh Aquilo. Melalui lagu bertitel Thin, duo vokalis utama yang berbasis di Silverdale, Lanchasire ini mengungkapkan pesan mendalam kepada para pendengarnya. Untuk melihat horizon kehidupan jauh ke depan.


    4. Lost in Florence – Kendall Miles x I eat Plants for a living


    Dirilis tahun 2017, alunan nada berefek meditatif dari lagu Lost in Florence dijamin meningkatkan kemampuan fokus berpikir. Tanpa lirik, lagu karya Kendall Miles dan grup band indie I Eat Plants for a Living ini semakin mengena didengar menggunakan headphone kedap suara.


    4. Traces – High & Dry


    Dibawakan ulang, lagu ikonik dari grup musik Radio Head yang berjudul High & Dry akan membuat para pendengarnya tenggelam dalam lantunan nada. Sentuhan musik masa kini dengan efek nostalgia akan meningkatkan mood bekerja Anda.


    5. Invention – Nature Bump 000


    Bergenre lo-fi hip hop, Nature Bump akan merilekskan indera pendengaran sekaligus memberikan efek terapis bagi jiwa. Hanya berwujud nada, karya dari Nature Bump 000, akan membantu Anda lebih fokus dalam mengerjakan suatu hal.


    6. Kavv – Now That You’re Gone


    Lantunan serta beat romantis dipadukan dengan sentuhan efek suara alam sekitar membentuk sebuah karya lagu berjudul Now That You’re Gone. Berbanding terbalik dengan judulnya yang terkesan melankolis, lagu ini justru membawa sepintas rasa bahagia serta membangkitkan rasa fokus.


    7. Viren – Alone


    Inspirasi suara alam sekitar juga terlantun indah melalui lagu berjudul Alone karya Viren. Suara repetisi hujan yang mengawali permulaan lagu memberikan efek relaksasi serta meditatif. Lagu tanpa lirik ini akan menjadi teman sempurna masa fokus Anda.


    8. The Oh Hello’s – Hello My Old Heart



    Pilihan lagu dengan musik yang meningkatkan konsenterasi selanjutnya jatuh kepada karya musisi Heath bersaudara asal Amerika. Tenangnya alunan nada dari Hello My Old Heart sudah pasti sempurna untuk menemani masa bekerja.


    9. Chopin – Prelude in E Minor


    Komposer legendaris Chopin dan karya jeniusnya dengan judul Prelude in E Minor menjadi pilihan lagu Bazaar selanjutnya. Bukan hal baru jika musik klasik mampu memberikan efek signifikan untuk relaksasi dan konsenterasi.


    10. Claude Debussy – Claire de Lune


    Menyusul Chopin, sebagai penutup mari bersama mendengarkan indahnya seni musik karya Claude Debussy. Komposer musik klasik asal Prancis ini akan membuat fokus meningkat lewat keajaiban karya lagunya yang berjudul Claire de Lune.



    (Foto & Video Courtesy of youtube.com, Evgeniya Porechenskaya/C123RF.com)









- RELATED ARTICLE -