• Ini Dia Cara Membersihkan Wajah yang Benar

    Beauty / Tips


    Ini Dia Cara Membersihkan Wajah yang Benar

    Membersihkan wajah sudah jadi bagian wajib dari rezimen kecantikan, namun apakah Anda melakukannya dengan benar?


    Mencuci wajah merupakan bagian paling dasar dan fundamental dari rezimen kecantikan. Sayangnya, perawatan sederhana ini cenderung banyak disepelekan. Padahal, agar produk kecantikan dapat bekerja secara maksimal sesuai fungsinya, diperlukan kulit yang bersih.

    Selain itu, dengan membersihkan kulit wajah secara benar dan menyeluruh juga mampu mengurangi risiko penyakit kulit seperti rocasea, eksema, hingga milia, yang tentu tidak Anda inginkan bukan? Untuk itu, simak paparan Bazaar berikut!  


    1. Double cleansing

    Penting untuk Anda melakukan double cleansing terutama jika sering memakai rias wajah. Cara membersihkan wajah seperti ini dipopulerkan oleh wanita Korea Selatan dan Jepang. Wanita K-beauty memulai rezimen dengan oil-based cleanser, karena kandungannya lebih efektif menghilangkan riasan wajah terutama untuk produk yang berformula waterproof. Lalu, tahapan kedua dilanjutkan dengan water-based cleanser guna membersihkan residu makeup.

    Namun, jika kulit Anda tidak cocok memakai produk yang oil-based, Anda bisa menggunakan micellar water. Belum familiar dengan micellar water? Coba baca ulasan Bazaar berikut ini. Pilihlah produk perawatan yang sesuai kondisi kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif atau kulit kering. Ingat, pada tahap pertama pembersihan wajah, dalam mengaplikasikan makeup remover dan micellar water itu berbeda.



    Anda dapat menggunakan kapas atau korek kuping saat memakai makeup remover. Namun, tidak pada micellar water. Pengaplikasian yang tepat adalah dengan menuangkan produk ke telapak tangan lalu, dibasuh ke wajah sambil melakukan pijatan halus. Formula micellar water bekerja saat Anda melakukan pijatan rata ke seluruh wajah, setelah itu angkat kotoran dengan kapas atau air.

    Untuk tahapan kedua pembersihan, Anda bisa menggunakan sabun wajah. Pilih sabun yang tidak memiliki aroma, tidak berbentuk foam, anti-paraben, sekaligus memberikan ekstra hidrasi dengan kandungan Hyaluronic Acid. Setelah wajah bersih, keringkan dengan handuk berbahan lembut. Usahakan agar handuk untuk wajah dan tubuh Anda berbeda.


    2. Wash it off

    Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan brush pembersih wajah untuk mengangkat kotoran-kotoran yang membandel. Seperti yang dikeluarkan merek Foreo atau Jacquelle. Alat-alat ini memiliki fungsi sama, yang membedakan hanya bentuknya saja. Tidak disarankan untuk Anda menggunakan spons sebagai alat membersihkan wajah, karena spons lebih cepat menimbun zat dan sulit untuk dibersihkan. Produk Foreo dan Jacquelle bisa Anda dapatkan di gerai Sephora Indonesia terdekat.



    3. Scrub or no scrub

    Over cleansing juga dapat menjadi masalah bagi kulit Anda. Seperti yang dikatakan oleh dokter kulit dan penulis buku The Beauty of Dirty Skin, Whitney Bowe M.D., bahwa over cleansing dapat merusak lapisan terluar yang berfungsi untuk melindungi kulit. Jika pelindung tersebut rusak, maka kulit akan lebih mudah berjerawat, eksem, hingga penuaan dini serta masalah kulit lainnya. Sehingga tidak dianjurkan untuk Anda menggunakan scrub untuk mencuci wajah.



    Paling tidak, gunakan scrub, cleanser, atau toner yang bertujuan untuk eksfoliasi selama seminggu sekali. Bagi Anda yang ingin mencoba exfoliating toner, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa produk rekomendasi BazaarSedangkan untuk si pemilik kulit sensitif, coba baca ulasan Bazaar tentang facial scrub yang aman bagi si pemilik kulit sensitif atau Anda ingin mengenali deretan scrub wajah favorit Bazaar? Coba baca di sini.


    4. Setelah bersih, moisturize please

    Jangan menunggu sampai wajah benar-benar kering baru Anda mengaplikasikan produk skincare. Lebih baik, pakai produk saat kondisi wajah masih dalam keadaan sedikit basah karena kelembapan kulit sangat mempengaruhi proses penyerapan skincare. Untuk proses pemakaian, urutkan sesuai dengan kadar ketebalan kandungan produk seperti water essence, serum mata, serum wajah, hingga yang paling tebal yaitu moisturizerPilih moisturizer yang sesuai kebutuhan kulit Anda, apakah kulit Anda kering atau berminyak



    5. Ready, set, go!

    Selanjutnya jangan lupa sertakan sunscreen pada penghujung produk skincare. Jika akan tidur, sertakan pula serum dan pelembap wajah. Sama halnya dengan serum, pilih sesuai jenis kulit untuk yang kering ke normal, kombinasi, dan berminyak, karena tidak semua serum efektif diaplikasikan ke semua jenis kulit dan umur. Umumnya serum paling banyak dikenal mengatasi kerutan dan mencerahkan kulit, namun ada pula fungsi lainnya hingga area bulu mata. Selain itu, sertakan pula krim leher ke dalam rangkaian produk perawatan Anda. 



    Lakukan massage dengan facial roller, selain berguna meratakan produk pada wajah, pijatan pada facial roller dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.








    Kesalahan yang jangan dilakukan saat membersihkan wajah

    Bazaar merangkum deretan kesalahan yang umumnya dilakukan saat membersihkan wajah. Apakah Anda pernah melakukannya juga?

    1. Membersihkan Wajah dengan Tangan Kotor

    Touch your face like you are about to touch a baby. Membersihkan wajah dengan tangan yang belum dibersihkan sama saja dengan membuat kotoran di tangan dan wajah bersatu. Cuci tangan Anda terlebih dulu dengan sabun, karena air saja tidak cukup. Setelah itu, Anda bisa mulai rezimen kecantikan Anda dengan membersihkan wajah.

    2. Say no to face wipes

    Bukan berarti face wipes itu buruk, namun membersihkan wajah lebih efektif menggunakan sabun, terutama yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Selain itu, face wipes juga mengandung bahan-bahan kimia dan umumnya memiliki aroma.

    3. The perfect soap

    Jenis sabun yang bervariasi itu bukan hanya bentuk marketing saja, melainkan kandungannya memang berbeda. Iya, tidak ada yang melarang Anda untuk menggunakan sabun badan sebagai sabun wajah. Namun yang perlu Anda ketahui adalah kandungan dalam kedua sabun tersebut ditujukkan untuk jenis kulit yang berbeda. Lapisan pada kulit tubuh cenderung lebih tebal sedangkan wajah lapisannya lebih tipis sehingga lebih sensitif, termasuk kadar kelembapannya. Kenali kulit Anda dan bijaklah dalam memilih produk yang akan dipakaikan ke wajah. 

    4. Mitos air

    Nyatanya, mencuci wajah dengan temperatur air yang berbeda mulai dari air hangat ke air dingin, tidak memberikan pengaruh signifikan. Menggunakan air biasa lebih baik dari air hangat karena tidak mengurangi kadar minyak asli yang diproduksi oleh kulit.

    5. Be gentle, always

    Mengapa Anda sangat disarankan untuk mengeringkan wajah secara perlahan tidak dengan cara menggosok? Karena kondisi kulit yang tidak terlalu kering atau lembap, lebih baik dalam menyerap produk-produk kecantikan.



    (Foto: Courtesy of Paolo Pagani©123RF.com), (Courtesy of Instagram/@bioderma_indonesia, @foreo, @aveneusa, @lancomeofficial, @sulwhasoo.indonesia, @woosh_id)








- RELATED ARTICLE -