• 8 Cara Menghilangkan Mata Panda

    Beauty / Tips


    8 Cara Menghilangkan Mata Panda

    Jangan sampai kantung mata menjadi kendala dalam tampilan riasan Anda.


    Apakah Anda salah satu dari mereka yang mempunyai masalah pada kantung mata? Banyak orang yang mengatakan bahwa kantung mata berasal dari kurangnya tidur atau pola tidur yang tidak teratur. Namun, ada faktor-faktor lain yang juga menjadi penyebab munculnya mata panda seperti kondisi kesehatan, paparan sinar matahari yang berlebihan, faktor genetik atau keturunan.

    Dark circle yang terdapat di bawah mata membuat wajah terlihat lelah dan tidak segar. Sehingga, mereka yang merasa tidak nyaman cenderung mencari solusi untuk menutupinya. 

    Solusi tercepat dan praktis biasanya dengan menggunakan makeup seperti concealer. Tetapi, concealer saja tidak dapat menutup kantung mata secara permanen. Jika Anda ingin menghilangkan mata panda secara permanen, ada baiknya apabila Anda mengetahui dasar penyebab dari munculnya mata panda ini.

    Setelah melakukan penelitian, Anda dapat memilih jika ingin mendapatkan perawatan secara alami atau dengan bantuan dokter. Simak delapan cara menghilangkan mata panda Anda:


    1. Kompres mata menggunakan teh celup

    Perawatan alami ini memang sudah banyak digunakan untuk beberapa orang yang mempunyai kantong mata hitam dan telah dibuktikan kehebatannya. Sebelum mengompres mata, pastikan untuk memasukan teh celup ke dalam lemari es selama beberapa menit. Setelah itu baru tempelkan pada bawah mata selama masih dingin dan berikan sedikit tekanan pada mata.


    2. Gunakan potongan timun

    Tidak beda jauh seperti proses dengan menggunakan teh celup, timun juga dapat digunakan sebagai kompres mata untuk mata panda. Iris timun yang sudah didinginkan lalu letakkan pada bagian mata Anda. Proses ini dapat memberikan efek segar pada mata Anda sekaligus memberikan kelembapan.


    3. Sendok dingin

    Proses ini merupakan cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Hanya membutuhkan sendok makan yang dimasukan ke dalam lemari es. Jika tidak ingin memasukkannya ke dalam lemari es, celupkan sendok makan ke dalam gelas yang berisi air dingin.


    4. Putih telur

    Kandungan yang terdapat dalam putih telur diketahui dapat mengencangkan kulit di bagian mata dan mengurai kekenduran. Pisahkan putih telur di dalam sebuah mangkok lalu aplikasikan pada bagian bawah mata. Cara terbaik untuk melakukan proses ini adalah dengan menggunakan bantuan kuas.  Setelah 20 menit didiamkan, bilas wajah Anda dengan air dingin.


    5. Masker mata

    Produk yang satu menjadi salah satu go-to product untuk menghilangkan mata panda Anda. Terdapat variasi produk masker mata yang dapat bermanfaat untuk menghilangkan dark circle. Salah satu masker mata yang dapat menghilangkan mata panda adalah Collagen Crystal Eye Mask.

    Masker mata ini berwarna emas dan mempunyai kandungan berbagai macam vitamin yang bermanfaat seperti : Vitamin C, Serbuk Emas, Collagen, Vitamin E, Provitamin B5, Asam Hylauronic, Vitamin B3, Vitamin A, Aloe Vera, Chamomile Extract, Pepaya Extrat, Gold Elemen dan lainnya.

    Selain manfaatnya yang mencerahkan kulit gelap pada bawah mata Anda, masker mata ini juga dapat membantu merangsang pembentukan collagen kulit bawah mata yg tipis dan rentan berkantong. Cara pemakaiannya sangat praktis yaitu aplikasikan masker di bawah mata Anda lalu diamkan selama 20 sampai 30 menit hingga meresap dengan baik.


    6. Krim mata

    Menghilangkan mata panda juga dapat diraih dengan menggunakan krim mata yang khusus untuk dark circle. Beberapa kandungan yang harus dicermati dalam produk krim mata adalah Vitamin C, Hyaluronic Acid, Retinol, dan masih banyak lagi.

    Sama seperti masker, kandungan Vitamin C dalam krim mata dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit di area mata Anda. Selain itu, Hyaluronic Acid berfungsi sebagai pengikat partikel air yang akan menjaga kelembapan kulit di sekitar mata. Retinol juga mampu mencerahkan kulit di sekitar mata Anda.


    7. Eye gel

    Meskipun fungsinya sama seperti krim mata, eye gel tetap memiliki ciri khasnya sendiri. Hal yang paling membedakan antara krim mata dan eye gel adalah teksturnya. Jika Anda lebih menyukai tekstur produk yang lebih ringan, Anda dapat mencoba opsi eye gel untuk pengganti krim mata. 


    8. Lakukan prosedur bedah plastik

    Opsi ini cenderung dilakukan jika Anda ingin menghilangkan mata panda secara permanen atau dengan cepat. Namun, harus selalu berhati-hati dalam pemilihan dokter dan rumah sakit. Prosedur operasi kosmetik ini umumnya dilakukan oleh dokter bedah spesialis optamologis dan oculoplastic. Anda juga bisa mengunjungi klinik kecantikan terpercaya.

    Proses yang dilakukan akan selalu berbeda, tergantung klinik kecantikannya. Sebelum melakukan operasi ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter pilihan Anda mengenai masalah medis seperti risiko komplikasi yang mungkin terjadi. Selalu ikuti intruksi pra operasi dan pasca operasi untuk menghindari terjadinya efek samping.

    Selain itu, Ada juga pilihan opsi suntik filler. Prosedur ini sudah lumayan terkenal di kalangan millenial. Namun, suntik filler disekitar area mata Anda belum tentu cocok untuk setiap jenis kulit. Teknik ini mampu memperbaiki bagian cekung mata yang membuat mata tampak tua dan lelah. Sebelum melakukan proses ini, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih klinik dan dokter yang tepat untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.


    Sudahkah Anda menentukan perawatan mana yang akan dilakukan?


    (Foto: Roman Samborskyi©123RF.com)


    Tags : mata






- RELATED ARTICLE -