• Perawatan Sebelum Menikah yang Patut Anda Coba

    Bride / Tips


    Perawatan Sebelum Menikah yang Patut Anda Coba

    Tampil sempurna pada hari bahagia merupakan impian tiap mempelai wanita, rangkaian perawatan dilakukan demi menjawab hasrat terpendam.


    Pernikahan menjadi momen penting bagi tiap pasangan. Namun, dengan banyaknya to do list yang harus dilakukan, membuat energi dan fokus Anda terkuras habis saat menjalani proses persiapan. Walau Anda telah memiliki wedding organizer hingga wedding stylist sekalipun, Anda terkadang tidak bisa menghindari tekanan dan stres yang datang dari bermacam faktor. Sementara tuntutan untuk berpenampilan sempurna di hari besar tetap ada.

    Untuk itu, rangkaian perawatan menuju pesta pernikahan wajib dilakukan demi memenuhi target tampilan yang Anda dambakan. Lalu, jenis perawatan seperti apa yang sebaiknya Anda lakukan sesuai timeline? Simak ulasan Bazaar berikut ini.


    1. Enam Bulan Sebelum Pernikahan

    Estetika Gigi



    Dengan bermacam jenis treatment gigi, waktu yang paling disarankan para dokter adalah enam bulan sebelum hari pernikahan. Hal ini disebabkan oleh kondisi gigi pasien yang beragam sehingga enam bulan merupakan waktu paling aman untuk memenuhi target maksimal sesuai kebutuhan. Untuk tahap awal, gigi Anda akan dicek secara menyeluruh lalu dokter akan menentukan tindakan selanjutnya. Sebelum memulai tindakan perawatan baik ingin memutihkan gigi hingga veneer, Anda diwajibkan untuk melakukan pembersihan karang gigi atau scaling terlebih dulu yang memakan waktu selama 30 menit hingga 2 jam.

    Setelah gigi Anda bersih, dokter akan melanjutkan prosedur perawatan sesuai kebutuhan Anda. Bagi Anda yang ingin memutihkan gigi dengan bleaching atau whitening, total waktu pengerjaan yang dibutuhkan adalah 2 jam namun hasilnya dapat bertahan hingga 4 tahun. Perlu diingat, perawatan ini memberikan efek samping rasa ngilu pada gigi Anda selama beberapa hari. Umumnya, jika kondisi kadar putih gigi Anda cukup baik, dokter akan menawarkan perawatan di rumah berupa tray dan gel guna memaksimalkan warna asli gigi.

    Selain memutihkan gigi, terdapat veneer yang memiliki proses pengerjaan lebih kompleks. Pertama, dokter akan melakukan proses desain gigi (mock up). Kedua, persiapan pencetakan gigi lalu dilanjutkan dengan proses pembuatan gigi di laboratorium. Keempat, melakukan pemasangan. Terakhir, proses adaptasi oleh pasien sampai bisa digunakan dengan nyaman. Perawatan ini dapat bertahan hingga 20 tahun.

    Kedua treatment yang paling banyak digemari pasangan yang akan menikah ini memiliki durasi waktu berbeda. Sehingga para dokter menyarankan agar Anda berkunjung ke klinik paling tidak enam bulan sebelum jadwal pernikahan. Terutama jika Anda merencanakan foto pre-wedding yang tentu memerlukan timeline berbeda.


    Wajah Berkilau



    Perawatan wajah agar tampak berkilau ada beberapa opsi, yang paling umum adalah facial. Facial bisa dilakukan dua hingga empat minggu sekali. Perawatan ini efektif membersihkan wajah sehingga dapat membantu kulit menyerap produk perawatan lebih baik. Jika menjadwalkan facial sebanyak 2 minggu sekali, Anda tidak perlu lagi melakukan eksfoliasi. Karena over exfoliation bisa menimbulkan kemerahan pada wajah hingga iritasi. Perawatan lainnya untuk mencerahkan wajah, Anda bisa mencoba peeling, face rejuvenation, atau face toning. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kecantikan Anda untuk memilih jenis perawatan sesuai kebutuhan.


    2. Tiga Bulan Sebelum Pernikahan

    Sulam Alis



    Bagi Anda yang tertarik memiliki alis sempurna tanpa cela, sulam alis bisa menjadi pilihan. Perawatan semi permanen yang dapat bertahan selama enam bulan hingga satu tahun ini memakan waktu pengerjaan satu jam. Proses pengelupasan sulam alis terjadi 2 minggu setelah tindakan pertama. Perlu Anda perhatikan bahwa di beberapa salon kenamaan, yang memakan waktu lama adalah proses reservasi. Sebaiknya Anda lakukan reservasi dari jauh hari serta kenalilah salon atau terapis kecantikan yang Anda temui. Karena bagi beberapa opsi di Jakarta, Anda perlu reservasi enam bulan hingga satu tahun sebelum pengerjaan.


    Coolsculpting



    Anda sudah berolahraga namun tetap jauh dari target bentuk tubuh yang Anda inginkan? Coolsculpting bisa menjadi opsi perawatan menuju tubuh ideal Anda. Coolsculpting menghancurkan lemak jenuh pada tubuh yang sulit dihancurkan dengan olahraga sekalipun. Area yang ditargetkan perawatan ini tak hanya tubuh, tapi juga wajah dan leher. Dalam satu kali sesi, 20 hingga 25 persen lemak terkikis dan hasil akan terlihat setelah dua hingga enam bulan pengerjaan.


    Diet



    Jika kata diet terlalu berat untuk dijalankan, Anda bisa memulai dengan mengurangi asupan gula dan alkohol selama dua hingga tiga bulan sebelum resepsi pernikahan. Ini akan membantu kulit Anda tampak lebih segar dan mengurangi potensi jerawat tumbuh menjelang pesta. Selain itu, dengan menjaga asupan, Anda mungkin dapat meraih target berat badan yang selama ini Anda idam-idamkan. Bonus, bukan?


    3. Satu Bulan Sebelum Pernikahan

    Perawatan Keratin



    Bagi Anda yang rutin mewarnai rambut atau memiliki rambut yang sulit diatur, melakukan perawatan keratin sebelum pernikahan akan membantu agar tampil sempurna bahkan setelah pesta pernikahan. Perawatan ini membantu agar rambut terasa lebih lembut, mudah diatur, mengurangi kerontokan, serta membuatnya terlihat lebih berkilau. Perawatan ini menghabiskan waktu hingga 90 menit, tergantung panjang rambut Anda. Satu hingga tiga minggu setelah perawatan Keratin, Anda bisa melanjutkan pemeliharaan dengan creambath atau hair spa. Hasil Keratin dapat bertahan selama 2 hingga 3 bulan, tergantung seberapa sering Anda mencuci rambut.


    Bleaching Wajah dan Tubuh

    Bleaching tak hanya berlaku bagi paras gigi, melainkan dapat diaplikasikan juga pada wajah dan tubuh. Tindakan mengurangi atau menghilangkan pigmen berwarna gelap hasil produksi melanin ini menggunakan krim bleaching yang mengandung bahan-bahan kimia. Ada baiknya jika Anda mengonsultasikan perawatan ini terlebih dulu kepada dokter kulit atau terapis kecantikan kepercayaan karena perawatan bleaching dapat menimbulkan reaksi alergi, terutama jika memiliki kulit yang cenderung sensitif. Untuk melihat apakah ada reaksi kimia atau tidak, Anda juga bisa melakukan tes dengan cara mengoleskan krim bleaching di belakang telinga dan menunggu hingga keesokan harinya. Jika tidak terjadi apa-apa, you are ready to go!


    4. Dua Hingga Tiga Minggu Sebelum Pernikahan

    Totok Aura Pada Wajah dan Tubuh



    Berbeda dengan totok wajah, totok aura memiliki teknik seperti accupressure yang bertujuan untuk mengaktifkan titik-titik tertentu dengan metode pemijatan yang memadukan bio energi dan tenaga dalam. Walau totok aura merupakan salah satu jenis totok wajah, namun manfaat totok aura dapat melancarkan peredaran darah, mengencangkan kulit, mencegah dan mengurangi keriput, mengurangi minyak berlebih, meremajakan serta mencerahkan kulit. Manfaat totok aura juga dipercaya membuka aura positif yang tentu Anda butuhkan menjelang detik-detik pernikahan.


    Manicure dan Pedicure



    Bersihkan kuku tangan dan kaki Anda dua hingga tiga minggu sebelum pernikahan sebagai persiapan sebelum mengaplikasikan nail art. Ada beberapa salon di Jakarta yang menyediakan perawatan manicure dan pedicure beserta totok aura untuk wajah dan tubuh. Ini memudahkan Anda dalam menghemat waktu perawatan karena dilakukan di satu tempat saja.


    5. Tiga Hari Sebelum Pernikahan

    Hair Removal



    Bagi Anda yang ingin tampil bersih pada hari pernikahan, treatment waxing adalah opsi salah satunya. JIka Anda memang berencana menghilangkan rambut pada area-area tertentu secara permanen seperti di area intim, ketiak, tangan, kaki, hingga wajah, Bazaar menyarankan agar Anda melakukan IPL (Intense Pulsed Light). Namun perawatan ini memakan waktu yang cukup lama tergantung tingkat ketebalan rambut. Umumnya, untuk IPL underarm saja, bisa memakan waktu hingga 1 tahun dan dilakukan rutin tiap satu bulan sekali. Jika Anda berencana untuk menghilangkan rambut secara permanen, sebaiknya Anda siapkan jadwal dari jauh hari sebelum memutuskan untuk melakukannya.


    Spa 



    Spa memiliki jenis yang cukup beragam, Anda bisa menyertakan perawatan ratus pada paket Spa Anda, guna membersihkan daerah intim. Tak hanya membersihkan, ratus juga membantu mengurangi kadar keputihan. Sebaiknya jika Anda ingin menyertakan ratus ke dalam regimen perawatan, lakukan 3 hari sebelum hari pernikahan. Karena ratus menghasilkan aroma rempah hasil pembakaran batu arang, asap dari ratus yang diuapkan ke area intim Anda seringkali meninggalkan harum tidak nyaman yang memudar dalam waktu dua hari. Dengan melakukan Spa, tubuh dan pikiran Anda akan lebih rileks sehingga siap menyambut hari bahagia.


    Nail Art



    Tren kecantikan pada mempelai wanita kini termasuk mempercantik kuku. Nail art ini bisa dilakukan minimal 2 hingga 3 hari sebelum hari pernikahan. Bazaar menyarankan waktu yang paling tepat untuk membuat nail art adalah tiga hari sebelum pesta. Sisakan satu hari sebelum acara untuk berjaga-jaga jika tampilan nail art Anda tidak sempurna, Anda bisa kembali ke salon atau memanggil terapis untuk memperbaiki sisi yang rusak. Pilih cat kuku dengan formula gel agar lebih tahan lama dipakai. Aplikasikan minyak kutikula guna menjaga kelembapan kuku. 



    (Photo: Courtesy of Roman Stetsyk©123RF.com, Instagram @indodentalcenter, @miracle_clinic, @sulamalisdotcom, @jakarta_aesthetic_clinic, @rejuveid, @irwanteamhairdesign, @diankenangatotokauranew, @napnail, @zapcoid, @marthatilaar_spa, @dandelion.id)


    Tags : beauty, bridal






- RELATED ARTICLE -