• Tip Menjaga Pola Makan Sehat Saat Liburan

    Culture / Tips


    Tip Menjaga Pola Makan Sehat Saat Liburan

    Tengok beberapa kiat mudah untuk mengoptimalkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda ketika sedang bepergian.


    Entah karena jadwal yang cukup padat ataupun keinginan untuk mencoba berbagai makanan di tempat baru, namun agenda liburan memang kerap membuat Anda enggan mempertahankan diet.

    Padahal, konsumsi gizi saat bepergian seharusnya menjadi sesuatu yang sangat krusial mengingat berbagai macam risikonya kalau Anda sampai jatuh sakit saat berada di tengah-tengah perjalanan terlebih apabila kebetulan sedang berada di luar negeri.

    Lalu, bagaimana cara agar Anda senantiasa menerapkan pola makan yang lebih sehat selama bepergian? Simak terus artikel Bazaar yang berikut ini.





    1. Bawa perbekalan Anda sendiri

    Daripada Anda berjajan keripik kentang atau lagi-lagi melangkahkan kaki ke restoran fast food, bekali diri Anda dengan kacang-kacangan yang dibungkus dalam plastik ziplock. Kacang almond dan walnut adalah beberapa jenis pilihan yang sehat, asalkan tidak dibumbui dengan terlalu banyak garam dan gula.

    Adapun kudapan lain yang cukup tahan lama lagi sehat adalah kismis dengan kegunaannya untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika Anda ingin membawa energy bar atau granola bar, pilihlah yang jenisnya rendah lemak dan memiliki kadar gula yang tidak banyak agar tetap menyehatkan. Alternatif camilan sehat lainnya? Crackers yang terbuat dari gandum utuh bisa menjadi opsi ideal! 


    2. Sediakan jus yang dibekukan

    Belilah jus yang terdiri dari 100 persen sari buah asli atau buatlah jus Anda sendiri di rumah dengan menggunakan blender. Kemudian, tuangkan ke botol sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Setelah beku, Anda dapat membawanya bepergian!

    Sekitar empat jam setelah ditaruh pada temperatur ruangan, jus tersebut akan mencair sehingga bisa diminum saat masih segar dan berada dalam keadaan dingin. Anda dapat membawanya di mobil saat akan melakukan perjalanan darat, misalnya, ataupun mengepaknya di dalam koper yang masuk ke bagasi pesawat terbang sebagai perbekalan ketika menaiki penerbangan domestik.

    Istimewanya, Anda juga dapat meletakkannya bersama-sama dengan kotak bekal agar bisa berfungsi sebagai “ice pack” yang membuat makanan jauh lebih awet!


    Baca juga: 5 Resep Green Juice Favorit Bazaar


    3. Hindari meminum minuman beralkohol

    Konsumsi minuman keras dapat membuat tubuh Anda semakin mengalami dehidrasi terutama saat berada di dalam kabin pesawat terbang dengan tingkat kelembapan yang sangat rendah. Selain itu, konsumsi minuman beralkohol pun dapat mengganggu pola tidur, membuat kadar gula darah kurang stabil, memicu rasa lapar, dan menjadikan kulit terasa sangat kering!


    Sebaiknya, minumlah satu gelas air putih tanpa es batu kira-kira sekali dalam setiap jamnya. Selain untuk mengontrol nafsu makan berlebih, konsumsi air putih yang cukup juga bisa mencegah sakit kepala yang mengganggu. Untuk membantu memperlancar pencernaan, Anda juga bisa menjajal teh herbal seperti jahe ataupun chamomile


    4. Siapkan protein dan atau probiotik bubuk

    Kini, sudah banyak tersedia protein serta probiotik dalam bentuk bubuk yang hanya tinggal dicampurkan ke dalam air dingin ataupun segelas jus sebelum dikonsumsi. Tak hanya lezat dan sehat, namun juga praktis untuk dibawa ke mana pun Anda pergi! 


    5. Konsumsi suplemen

    Madu dan bahkan jamu saat ini juga kerap dijajakan secara praktis dalam kemasan sachet. Selain kaya akan vitamin dan mineral, madu pun bersifat multifungsi. Khasiatnya sangat beragam, mulai dari menyembuhkan luka hingga sebagai pelembap alami kulit. Sedangkan jamu seperti kunyit asam, misalnya, terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. 


    Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan


    6. Pilih menu sayur-sayuran untuk dimakan di pesawat terbang

    Beberapa maskapai tertentu menyediakan opsi untuk memesan kuliner yang akan disajikan di pesawat terbang, terutama saat akan bepergian jarak jauh. Malah, umumnya pilihan Anda akan jenis makanan tertentu bisa dikonfirmasi beberapa hari sebelum berangkat dengan cara mengakses layanan tersebut lewat situs internet yang bersangkutan.

    Pastinya, upayakan untuk memilih jenis hidangan yang menyehatkan seperti contohnya menu vegetarian ataupun vegan. Lagi pula, penumpang yang melakukan pemesanan khusus seperti ini biasanya akan dilayani terlebih dulu. 


     (Foto:  kenishirotie©123rf.com)










- RELATED ARTICLE -