• 10 Hal Tidak Boleh Dilakukan di Hari Pertama Kerja

    Culture / Tips


    10 Hal Tidak Boleh Dilakukan di Hari Pertama Kerja

    Jangan terlalu akrab merupakan salah satunya. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di hari pertama bekerja!




    Setelah menyempurnakan CV Anda dan mengesankan bos saat wawancara, mungkin Anda berpikir Anda dapat bersantai setelah mendapatkan kerjaan tersebut.


    Namun, penelitian dari Finance.co.uk mengatakan bahwa hari pertama kerja sama pentingnya dengan hari-hari berikutnya. Daripada mengkhawatirkan semua hal yang perlu dilakukan, baiknya juga memikirkan tentang beberapa hal yang harus dihindari.


    Di bawah ini, para ahli menguraikan tips utama untuk memberi kesan pada bos dan beradaptasi dengan pekerjaan baru Anda dengan menyoroti hal-hal yang tidak boleh dilakukan.


    1. Jangan menguap

    Anda mungkin menemukan diri Anda bangun di pagi hari lebih awal untuk menyiapkan hari besar ini atau gugup di malam hari yang menyebabkan susah tidur. Tidak peduli mulai bekerja sebagai magang atau CEO, semua perhatian tertuju pada Anda, jadi jangan mengatakan seberapa lelahnya Anda atau menguap setiap beberapa menit. Mungkin cukup sepele, namun mengeluh karena lelah mempunyai konotasi negatif dan memberikan kesan pertama yang buruk.


    2. Jangan mengambil cuti

    Kecuali hal ini disebutkan saat wawancara, jangan memesan setengah hari atau cuti tahunan begitu memulai pekerjaan. Ini menandakan kurangnya komitmen pada pekerjaan dan memperlihatkan keterampilan komunikasi yang buruk apabila sebelumnya Anda gagal menyampaikannya. Jika bisa, atur ulang ‘emergency appointments’ tersebut dan perjelas semua perjalanan di masa depan dalam wawancara Anda sehingga tidak ada kejutan.


    3. Jangan datang terlalu awal

    Tentunya tidak perlu diingatkan lagi bahwa Anda tidak boleh telat di hari pertama. Hal tersebut sama pentingnya dengan tidak datang terlalu awal, karena umum bagi tempat kerja untuk meminta Anda datang sedikit lebih siang agar mereka dapat bersiap-siap. Apabila Anda datang sebelum mereka siap, hal itu dapat membatasi persiapan rekan-rekan Anda dan hasilnya Anda hanya menunggu mereka dengan canggung.


    4. Jangan membahas uang

    Jangan membicarakan gaji baru Anda atau berapa yang Anda buat pada pekerjaan sebelumnya karena hal itu membuat suasana menjadi canggung serta memberikan kesan arogan. Jika Anda untuk sementara waktu telah bekerja di tempat tersebut dan merasa dibayar rendah untuk kerja keras Anda, jadilah profesional dan bicarakan hal tersebut dengan atasan setelah menyelesaikan masa percobaan Anda.


    5. Jangan memperhatikan waktu

    Jangan pernah menghabiskan setengah jam terakhir menghitung mundur hingga waktunya pulang. Jangan menjadi orang terawal untuk pulang di hari pertama, karena hal itu akan memperlihatkan rasa malas, yang menandakan bahwa Anda tidak siap untuk bekerja lebih keras dari biasanya.


    6. Jangan menjadi anti sosial

    Meskipun Anda telah membeli makan siang, jika rekan kerja mengajak pergi ke luar, baiknya Anda juga ikut ke luar. Itu merupakan cara baik untuk mengenal rekan kerja di luar kantor dan mempelajari lingkungan baru Anda. Anda akan banyak menghabiskan waktu dengan mereka, jadi membuat upaya besar dari awal akan bermanfaat dalam jangka panjang.


    7. Tanya, jangan menebak

    Hal yang baik untuk bertanya pada hari pertama, itu menunjukkan Anda benar-benar tertarik dalam pekerjaan baru Anda dan siap untuk belajar. Jika Anda merasa tidak yakin akan apa pun, lebih baik untuk bertanya kepada rekan kerja daripada menebak. Akan menjadi percakapan yang lebih canggung jika Anda membuat kesalahan yang sebenarnya dapat dihindari apabila bertanya lebih dahulu.


    8. Jangan pamer

    Kecuali pendapat Anda secara eksplisit diminta, simpan untuk diri Anda sendiri saat memulai pekerjaan baru. Menjadi orang yang tahu segalanya tidaklah mengesankan, jadi pelajari semua yang perlu diketahui sebelum mencoba untuk membanggakan diri.


    9. Jangan mengasumsikan prioritas Anda

    Di hari pertama kerja, Anda akan dibanjiri dengan informasi dan tugas baru. Penting untuk memprioritaskan apa yang lebih penting dan perlu diselesaikan lebih awal. Tanyakan pada line manager apa yang harus dijadikan prioritas dan apa tenggat waktu mereka. Mereka akan mendapatkan manfaat dari ini dalam jangka waktu panjang karena lebih efisien dan terhindar dari banyak tekanan.


    10. Jangan terlalu akrab

    Jangan datang ke kantor memberi tahu semua orang betapa gilanya akhir pekan Anda atau menceritakan lelucon sepanjang hari. Kesan pertama dinilai, jadi tetaplah menjadi profesional. Tunggu waktu tepat untuk menceritakan kepada rekan kerja mengenai kehidupan pribadi Anda.


    (Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Shanara Andari; Foto: Dok. Bazaar UK)








- RELATED ARTICLE -