• Koleksi Bertema Nostalgia dari Gucci x Dapper Dan

    Fashion / News


    Koleksi Bertema Nostalgia dari Gucci x Dapper Dan

    Sebuah penghargaan terhadap ikon fashion Amerika Serikat di era '80-an, Dapper Dan, dipersembahkan oleh Gucci.


    Pertengahan tahun ini, Gucci meluncurkan koleksi Gucci-Dapper Dan di situs resmi Gucci dan di beberapa toko terpilih di seluruh dunia.

    Untuk menandakan inisiatif terbaru ini, fotografer Ari Marcopoulos, yang sebelumnya telah berkolaborasi dalam beberapa proyek dengan rumah mode asal Italia ini, menciptakan serangkaian potret untuk koleksi istimewa tersebut.

    Foto kampanye yang merupakan penghormatan terhadap Dapper Dan sebagai salah salah perancang fashion ternama di era '80-an ini terinspirasi oleh arsip foto tahun '80-an yang menunjukkan ragam koleksi kunci Dapper Dan. Hasilnya, deretan foto yang diambil di sekitar jalanan Harlem New York memiliki estetika kultur streetwear yang sama dengan foto-foto orisinilnya.


    Spirit jiwa muda tercitrakan melalui para model yang berpose santai dengan mengenakan koleksi ready-to-wear dan aksesori dari koleksi Gucci Dapper-Dan.

    Dapper Dan lahir dengan nama Daniel Day, terkenal sebagai perancang pakaian untuk beberapa bintang hip-hop serta atlet seperti Bobby Brown, LL Cool J, Eric B. & Rakim, Big Daddy Kane, Salt-N-Pepa, hingga petinju Floyd Mayweather Jr.

    Gaya ekletiknya menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi serta eksplorasi budaya. Kualitas ini beresonansi dengan pendekatan artistik direktur kreatif Gucci yakni Alessandro Michele, yang kerap memetik inspirasi dari berbagai sumber.

    Koleksi Gucci-Dapper Dan mengolah kembali arsip rancangan Dapper Dan, dan merilis kembali sejumlah model pakaian paling ikonis yang pernah dirancang oleh Dapper Dan dengan sentuhan yang lebih modern, seperti tracksuit mewah dan jaket yang dikemas dengan menggunakan material bermotif logo Gucci.


    Dapper Dan dikenal dengan permainan logomania pada desain orisinilnya. Untuk koleksi ini, motif sablon dengan logo GG menjadi salah satu key item yang dikedepankan.

    Aksen appliqué juga dipilih untuk disandingkan dengan detail khas Gucci (seperti bordir berbentuk naga) demi memperindah dekorasi orisinil Dapper Dan. Selain itu, dengan tingginya kecintaan Alessandro Michele akan aplikasi tipografi dalam desain, Alessandro meminta Dapper Dan untuk menghasilkan beberapa kata yang merepresentasikan semangat dari koleksi tersebut.

    Sejumlah aksesoris turut dihadirkan untuk menyempurnakan keseluruhan koleksi menarik satu ini, salah satunya adalah kacamata berbingkai besar yang dibubuhi kristal Swarovski dan logo Dapper Dan pada bingkai.


    Hadir pula medali emas pada untaian rantai emas menampilkan kepala singa dan wajah dari dewa Yunani. Dan pada divisi alas kaki, Gucci menawarkan sepatu trainers dan high-tops berlogo GG terang dengan aksen garis-garis berwarna hijau-merah-hijau, navy-merah-navy atau versi emas-hitam-emas, serta sandal berlogo Gucci Dapper Dan dalam ukuran besar.

    Bagi pencinta tas, koleksi ini menghadirkan ransel dan belt bags dalam pilihan warna merah, cokelat atau hitam, datang dengan motif penuh logo GG dengan variasi detail unik.

    Mayoritas produk dalam koleksi ini bertemakan unisex, bahkan beberapa pakaian ready-to-wear dirancang dengan pendekatan gender-specific. Koleksi ini memberikan kebebasan bagi setiap pencinta fashion untuk mengekspresikan dirinya sambil bernostalgia.


    (Foto: courtesy of Ari Marcopoulos for GuccI)








- RELATED ARTICLE -