• Bangga dengan Nusantara di Karya Kreatif Indonesia 2018

    Culture / News


    Bangga dengan Nusantara di Karya Kreatif Indonesia 2018

    Tiga hari yang menyajikan kekayaan Indonesia mulai dari kain hingga kuliner.


    Karya Kreatif Indonesia (KKI) kembali diselenggarakan tahun ini, mulai tanggal 20-22 Juli 2018 di Jakarta Convention Center. Pameran kain dan kerajinan khas Indonesia ini selalu ditunggu-tunggu, tak hanya oleh para pencinta mode dan kolektor namun juga oleh pelaku industri kreatif seperti desainer dan pengrajin. 

    KKI selalu menghadirkan karya-karya terbaik dari setiap kota atau provinsi di Indonesia, melalui deretan UMKM unggulan binaan Bank Indonesia. Setiap booth yang tampil memiliki nama dan keunikan khas daerah masing-masing, sehingga sangat memanjakan mata dan memudahkan para calon pembeli. Tak heran jika pengunjung bisa berbelanja banyak produk, sebab harganya ialah cukup terjangkau karena langsung dari pengrajin, namun memiliki kualitas yang prima. 


    Tak hanya itu, KKI juga menyajikan talkshow, workshop dan ragam kuliner nusantara mulai dari Bebek Goreng Madura, Rendang Padang, Soto Solo hingga Es Sinar Garut. Pada hari ketiganya, KKI berkolaborasi dengan BeKraf menyajikan talkshow yang bertajuk Strategi Akses Perluasan UMKM Melalui E-Commerce, yang pada salah satu sesinya membahas 16 subsektor ekonomi kreatif.



    Tak ketinggalan pula fashion show dari sederet desainer berbeda setiap harinya, yang mengolah beragam kain Nusantara seperti ulos, songket, tenun dan bordir menjadi busana modern siap pakai. Sebuah gelaran yang sangat membuka mata bahwa Indonesia tak hanya memiliki batik, melainkan mempunyai barisan kain lainnya yang menjadi warisan bangsa. Ini juga menjadi ajang yang tepat untuk mengingatkan bahwa olahan kain tradisional tak hanya terbatas pada look yang konservatif tetapi bisa tampil muda dan kasual. 




    Sebuah workshop menarik hasil kolaborasi dengan Ganara Art Kemang juga menjadi highlight hari itu. Para peserta sangat antusias belajar mengkreasikan kain perca batik menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti tote bag dan hiasan kap lampu. Workshop ini menunjukkan bahwa kerajinan tangan adalah aktivitas yang masih sangat dinikmati di era digital seperti sekarang ini. 






    (Foto: Naren Rahadian. Layout: Tevia Andri)











- RELATED ARTICLE -