• % Arabica, Tempat Terbaik Menikmati Kopi di Kyoto

    Culture / Tips


    % Arabica, Tempat Terbaik Menikmati Kopi di Kyoto

    Gerai kopi % Arabica akan membuat Anda jatuh hati seratus persen terhadap nikmatnya secangkir kopi.


    Bagi Anda para penikmat kopi, destinasi yang satu ini tidak dapat dilewatkan begitu saja. Gerai kopi % Arabica pastinya sudah akrab di telinga para pecinta kopi sekaligus kaum hipster.


    Namun, ada yang berbeda dari gerai kopi yang berlokasi di Arashiyama berikut ini. Dibandingkan dengan gerai % Arabica lainnya yang umumnya mengekspos lingkungan perkotaan, gerai kopi yang didirikan oleh Kenneth Shoji ini justru hadir menampilkan indahnya alam kawasan Arashiyama di Kyoto, Jepang.


    Terletak tepat bersebelahan dengan jembatan Togetsukyo dan sungai Ooi, gerai kopi yang satu ini senantiasa ramai dengan antrian pengunjung. Tentunya selain penasaran akan keunikan kuil Tenryu-ji dan hutan bambu ternama khas Arashiyama, para turis biasanya bertandang ke area ini akibat rasa penasaran mereka untuk mencicipi kenikmatan ragam racikan kopi khas dari % Arabica.

    Dibuka bagi publik dari jam 8 pagi hingga pukul 6 sore, gerai kopi ini menampilkan interior minimalis dengan konsep open-window. Semakin pagi Anda datang, semakin baik. Mengingat antrian yang semakin panjang menjelang siang hari dan seterusnya. 


    Dibuka pertama kali di tahun 2013, saat ini % Arabica telah berekspansi ke berbagai kota besar di seluruh pelosok dunia. Bagi Anda yang bertanya mengenai cara pengucapan yang tepat, “percent Arabica” menjadi jawabannya. Selaras dengan konsep desain minimalis yang diusungnya, bahkan hingga detail kemasan pun turut hadir dengan wujud modern.


    Tidak heran, apabila penggemar gerai kopi ini kebanyakan berasal dari kalangan muda, termasuk para barista dari toko kopi ini. Bicara barista, nama Junichi Yamaguchi tidak akan pernah terlepas dari eksistensi % Arabica. Keandalan barista utama dari toko kopi ini terbukti salah satunya melalui jumlah pengikut akun Instagram pribadi miliknya yang melebihi angka 80 ribu.

    Belum usai dengan kelebihan pemandangan alam dan konsep unik yang dihadirkannya, % Arabica juga memiliki sejumlah menu racikan kopi yang patut diacungi jempol. Bazaar merekomendasikan Iced Coffee Latte dan Iced Cappuccino sebagai dua opsi utama.

    Namun, apabila cuaca sedang dingin, pilihan segelas kopi bertemperatur hangat akan menjadi opsi ideal. Jika Anda tidak terlalu menggemari susu dan rasa manis, maka secangkir Americano atau pun Espresso akan menjadi pilihan yang lebih sesuai.

    Bagaimanapun, kenikmatan sejumlah racikan kopi yang ditawarkan tidak terlepas dari kualitas biji kopi yang digunakan oleh tim % Arabica. Selain dikenal dengan rasa adiktif dari menu kopinya, gerai kopi ini juga santar terdengar karena jenis aneka biji kopi berkualitas yang dijualnya.

    Salah satunya berasal dari perkebunan kopi milik % Arabica sendiri yang berlokasi di Hawaii.  

    Kenneth, sang pemilik, memang dikenal sebagai salah satu pebisnis yang mendedikasikan hidupnya di industri kuliner dengan kategori minuman kopi. Awal kecintaannya kepada kopi dimulai saat ia berkuliah di Chicago, Amerika Serikat.


    Kala itu, Kenneth menetap di sebuah apartemen di Venice Beach. Ia pun mulai mengenal dan menjadi bagian dari komunitas hippie yang memang saat itu mendominasi kawasan tersebut. Tepatnya di era tahun 1990-an, Starbucks membuka gerai pertamanya di lokasi tersebut.

    Seperti kebanyakan anak muda lainnya, Kenneth banyak menghabiskan waktunya untuk belajar hingga bersosialisasi di gerai kopi tersebut. Kisah ini mengawali kecintaan Kenneth terhadap kopi. Di mana ia mengenal kopi bukan hanya sebagai salah satu jenis minuman. Namun, kopi adalah budaya. 

    Kisah yang sepintas terkesan sederhana. Namun, hal besar biasa dimulai dari sesuatu yang kecil. Pengalaman Kenneth semasa kuliah tersebut membawanya menjadi sukses seperti saat ini. 

    Baginya, misi utama dari berdirinya % Arabica adalah bagi kaum muda untuk dapat menyaksikan kekayaan dunia melalui secangkir kopi. Misi ini selalu ia terapkan pada setiap gerai kopi miliknya, termasuk cabang di Arashiyama.

    Tidak heran apabila destinasi ini selalu ramai dengan antrian para turis. Selain keiistimewaan dari menu racikan kopi yang dihadirkan, % Arashiyama di Kyoto dapat dikatakan sebagai realisasi mimpi dari seorang visioner. Mimpi yang berwujud kesuksesan destinasi gerai kopi yang meramaikan tren kuliner dunia. Destinasi yang pastinya tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Kyoto.

    Selamat menyesap nikmatnya racikan kopi spesial dari % Arabica!


    (Layout: Rian Wijaya; Foto Courtesy of Ria Iskandar & IG @junichi_yamaguchi)








- RELATED ARTICLE -