• 12 Cara Terbaik Menghilangkan Hangover

    Culture / Tips


    12 Cara Terbaik Menghilangkan Hangover

    Apa yang harus dilakukan sebelum, selama, dan pagi setelah pergi semalaman untuk mengurangi hangover.


    Mulai dari sakit kepala hingga pusing dan mual, apabila kamu terlalu banyak minum, kamu akan akrab dengan malam panjang tidur di lantai.

    Saat satu-satunya cara terjamin untuk menghilangkan hangover adalah dengan minum tidak berlebihan (atau tidak sama sekali), ada baiknya kamu sesekali menurunkan rambutmu. Berikut apa yang harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah semalaman untuk membatasi kerusakan:


    1. Makan Banyak

    Bukan sekadar dongeng, menyantap makanan seimbang sebelum memulai minum (dibandingkan dengan sekantong kripik) mengurangi jumlah acetaldehyde di sistem kamu. Acetaldehyde adalah kimia yang berubah menjadi alkohol setelah kamu mengonsumsinya (dan bertanggung jawab atas hangover Anda) jadi sebaiknya makan dahulu sebelum bermalaman.

    Menyemil selama minum dan besoknya memakan sarapan juga dapat mengurangi sakit kepala.


    2. Minum Air Putih

    Mudah untuk mengatakannya, tetapi meminum air putih bersamaan dengan meminum minuman alhokol favoritmu akan membantu di keesokan hari. Hati kamu membutuhkan air untuk memproses alkohol, dan ketika kamu minum terlalu banyak, hal tersebut mengalihkan air dari organ-organ esensial seperti otak (yang menyebabkan pusing di pagi hari). 

    Selama malam berlanjut, kamu akan semakin haus dan dehidrasi, itulah kenapa kamu meminum dengan lebih cepat. Meminum alkohol berbarengan dengan air putih dapat membantu mengontrol jumlah alkohol yang dikonsumsi, dan kecepatan kamu meminum.

    Tips terbaik: setelah malam yang berat, minum satu liter air dengan garam laut sebelum tidur untuk mengembalikan cairan yang kurang.


    3. Tidur Siang

    Alkohol mengganggu waktu tidur, oleh karena itu kamu kerap bangun tidur dengan kepala pusing. Hal itu juga merusak ritme circadian dan membuatmu buang air kecil lebih banyak. 

    Langkah terbaik untuk dapat tidur adalah dengan berbaring, atau kembali ke tempat tidur secepat mungkin. Apabila kamu memiliki urusan penting di hari berikutnya, coba tidur siang dan tidur lebih cepat pada malam berikutnya.


    4. Larutan

    Jika kamu bangun dengan kepala pusing, hindari aspirin dan ibuprofen; hatimu dapat memproses tanpa diampuri obat-obatan. Apabila perutmu bergejolak, pilih paracetamol larut, karena dapat masuk ke aliran darah lebih cepat. Hindari mengonsumsi paracetamol dengan teh atau kopi: gabungan obat penghilang rasa sakit, kafein, dan alkohol yang tersisa di sistem kamu berpotensi untuk merusak hati.

    Untuk alternatif lebih sehat, coba minum susu herbal thistle. Teorinya dapat membantu hati memproses alkohol lebih cepat apabila dikonsumsi sebelum pergi dan keesokan hari.


    5. Keep It Light

    The Royal Society of Chemistry menyarankan untuk meminum minuman yang berwarna terang seperti gin atau vodka, yang dimurnikan dengan distilasi. Saat alkohol memfermentasi, pun memproduksi bahan kimia berpotensi beracun disebut congeners, yang lebih banyak ditemukan dalam minuman berwarna gelap seperti red wine dan whiskey.

    Tips terbaik: kuantitas adalah kunci. Apabila kamu minum satu botol white wine, kamu akan tetap merasa tersiksa di keesokan hari, jadi minumlah secukupnya.


    6. Hindari Minuman Berbusa

    Busa yang ditemukan dalam alkohol berkarbonasi seperti champagne dan prosecco dapat membuatmu pusing lebih cepat dibandingkan wine. Studi di Journal of Forensic and Legal Medicine membandingkan dampak dari champagne biasa dan yang berbusa pada sekelompok orang yang sama, dan tingkat alkohol peminum champagne berbusa meningkat lebih cepat secara signifikan, dikarenakan karbon dioksida mempercepat pengiriman alkohol ke sistem.


    7. Hindari Kafein

    Memesan satu gelas kopi setelah malam yang panjang mungkin terdengar seperti solusi yang tepat, namun di saat kafein dapat mem-boost secara cepat, kafein juga membuatmu dehidrasi. Hal ini dapat mengarah ke rasa mual dan kepala berat, yang dapat meningkatkan rasa hangover. Teguk air putih atau teh herbal dan tubuhmu akan berterima kasih.


    8. Shake It Off

    Tangan yang gemetar setelah bermalaman di lantai dapat memicu rendahnya gula darah. Sementara bacon sarnie dapat mengurangi getaran dalam jangka pendek, menurut Royal Society of Chemistry, roti cokelat dengan madu, (yang menggantikan natrium, kalium, serta fruktosa yang hilang) adalah pilihan sarapan lebih aman.

    Tambahkan pisang atau air kelapa untuk tambahan potasium dan fruktosa. Jus buah atau smoothie juga akan meningkatkan gula darah, ditambah vitamin C yang dapat membantu hati untuk memproses alkohol. Hindari kue kering, karena perbaikan gula yang cepat biasanya diikuti oleh kekurangan energi.


    9. Tenangkan Perut

    Alkohol mengiritasi sistem pencernaan dan meningkatkan tingkat keasaman, yang sering membuatmu pusing. Apabila kamu merasa sakit di pagi hari, pilih makanan seperti roti kering atau biskuit, hindari sereal karena kandungan lemak dalam susu dapat meningkatkan rasa sakit.

    Antasida Alka-Seltzer dan Rennie akan mengurangi keasaman, sementara secangkir teh jahe atau chamomile dapat mengurangi rasa mual dan menenangkan perut.


    10. Hindari Gorengan

    Saat tubuh memproses alkohol, yang menyebabkan gula darah turun, karenanya kamu merasa lapar di hari berikutnya. Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa gorengan bukanlah obat, karena pengolahan lemak menaruh tekanan ekstra pada sistem pencernaan yang lelah.

    Mulai harimu dengan sarapan telur orak-arik pada roti bakar dengan kacang panggang. Kacang dan roti akan menstabilkan tingkat gula darah, sementara telur mengandung cysteine, asam amino yang dianggap dapat membersihkan racun pada hati.


    11. Ganti Garam yang Hilang

    Sachet rehidrasi yang biasanya digunakan untuk mengobati diare, dapat mempercepat pemulihan hangover karena mengandung elektrolit yang dapat mengganti cairan yang hilang lebih cepat daripada air putih. Minuman olahraga isotonik juga dapat membantu menggantikan nutrisi yang hilang setelah minum bermalaman, seperti halnya tablet Berocca yang mengandung vitamin B, C, kalsium, dan magnesium.


    12. Keluarkan Keringat

    Sesi jogging atau kardio cepat merupakan hal terakhir dalam to-do list setelah bermalaman. Oksigen meningkatkan laju dimana racun dari alkohol terpecah dalam tubuh, mempercepat pemulihan. Beranikan datang ke gym dan kamu akan segera merasa segar.

    (Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Shanara Andari; Foto: Dok. Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -