• Tren Kamera Disposal Melanda Kalangan Traveler

    Culture / News


    Tren Kamera Disposal Melanda Kalangan Traveler

    Dapatkan nuansa masa lampau di hasil foto liburan Anda dengan menggunakan jenis kamera sekali pakai berikut ini.


    Bicara mengenai perjalanan berlibur, tidak pernah terlepas dari fotografi. Bahkan, tidak sedikit orang yang melakukan perjalanan hanya demi berburu sejumlah hasil foto atraktif. Entah itu keindahan panorama, keunikan budaya, kekayaan kuliner atau hanya sekadar narsis demi eksistensi. Satu hal yang pasti, untuk mengabadikan momen liburan dalam sejumlah bingkai visual itu wajib hukumnya.

    Tidak harus berupa peralatan kamera serba canggih. Kepraktisan dalam mengambil gambar justru menjadi hal yang dikejar oleh para traveler masa kini. Fakta ini berkaitan dengan era digital, di mana sosial media menjadi prioritas dalam keseharian kita. Apalagi jika sedang berlibur, tidak dapat dipungkiri bahwa naluri untuk selalu berbagi kepada publik melalui media sosial kerap menjadi prioritas. Entah itu narsis atau ingin sekadar eksis, yang jelas momen liburan selalu menjadi waktu sempurna untuk berpose di depan kamera. 

    Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, pastinya sudah tidak asing dengan jenis kamera yang satu ini. Kamera disposal atau lebih dikenal dengan sebutan disposable camera memang saat ini tengah menjadi tren yang melanda para traveler. Selain praktis karena merupakan kamera sekali pakai, hasil gambarnya yang bernuansa vintage menjadi daya tarik tersendiri.





    Berikut suguhan Bazaar seputar beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui mengenai kamera unik yang satu ini.  


    Awal mula kamera disposal

    Mungkin belum banyak yang tahu, masalah biaya menjadi awal mula terciptanya kamera disposal. Penciptanya yang bernama H.M. Stiles terinspirasi untuk menciptakan sebuah kamera dengan harga terjangkau serta praktis untuk dibawa selama perjalanan. Tepatnya di tahun 1949, di mana sebuah perusahaan bernama Photo-Pac memproduksi sebuah jenis kamera yang terbilang cukup mahal. Belum lagi bentuknya yang tidak praktis, membuat kamera keluaran perusahaan tersebut terbilang merepotkan untuk dibawa di perjalanan. 

    Fakta ini sangat disayangkan oleh Stiles, dimana momen sekaligus panorama indah seringkali terlewatkan hanya karena kesusahan membawa kamera. Belum lagi ditambah harganya yang selangit. Ia kemudian terinspirasi untuk menciptakan sebuah kamera dengan kemudahan fitur serta harga yang lebih terjangkau. Kamera yang saat ini dikenal dengan istilah kamera disposal.


    Awalnya kamera disposal tidak terlalu menarik minat banyak kalangan. Sampai pada akhirnya di tahun 1986, Fujifilm memutuskan untuk mengembangkan kamera jenis ini. Kesuksesan perusahaan asal Jepang tersebut kemudian disusul oleh beberapa perusahaan kamera ternama lainnya, termasuk di antaranya Kodak, Konica, Canon, dan Nikon. Ketiganya memproduksi kamera disposal versi mereka masing-masing.

    Tidak mau kalah bersaing, Fujifilm pun memutuskan untuk menambahkan kecanggihan fitur di kamera disposal keluarannya. Misalnya saja fitur tahan air, flash, pengaturan jarak lensa jauh dekat hingga fitur kamera yang membuat hasil jepretan panorama menjadi lebih menakjubkan.


    Kenapa harus kamera disposal?


    Selain harga yang terjangkau, tentu saja kamera disposal memiliki keunggulan lain berupa hasil gambarnya yang bernuansa masa lampu. Sensasi berbeda sekaligus kepraktisan kamera sekali pakai ini sukses menarik perhatian para traveler. Ketimbang membawa peralatan kamera canggih yang membuat bawaan terasa semakin berat, para traveler masa kini mengalihkan pilihan mereka ke kamera disposal


    Lain kata jika membandingkannya dengan hasil jepretan smartphone Anda. Memang dapat dikatakan keduanya sama praktis. Namun sensasi sekaligus hasil foto dari penggunaan kamera disposal tidak dapat dipungkiri menjadi sebuah pengalaman fotografi yang unik. Belum lagi kecanggihan fitur yang dihadirkan oleh hampir seluruh jenis kamera disposal saat ini. Tidak heran apabila kamera disposal menjadi pilihan utama dari traveler masa kini, tidak terkecuali para influencer serta selebriti ternama. 


    Merek terbaik kamera disposal

    Setelah mengetahui rentetan fakta mengenai kamera disposal, mungkin saat ini Anda berminat untuk membeli kamera ini. Pertanyaan yang biasa timbul adalah merek atau tipe kamera disposal apa yang harus Anda beli. Menjawab kebingungan Anda, Bazaar merekomendasikan kamera disposal keluaran perusahaan kamera terpercaya.


    Selain tentunya kamera disposal keluaran Fujifilm sebagai produsen pertamanya, Anda dapat menjatuhkan pilihan Anda kepada kamera disposal keluaran Kodak, Ilford hingga Lomo. Fujifilm Waterproof Quick Snap, Kodak Fun Saver, Ilford Single XP2 Use, dan LomoChrome Purple Simple Use menjadi rekomendasi teratas Bazaar di antara sekian banyak tipe kamera disposal yang saat ini beredar di pasaran. Selamat mencoba!


    (Foto: Courtesy of Instagram)










- RELATED ARTICLE -