• Liburan Ala Kalangan Jetsetter di 4 Wilayah Indonesia

    Culture / Tips


    Liburan Ala Kalangan Jetsetter di 4 Wilayah Indonesia

    Danau Sentani ketimbang Lake Como? Kenapa tidak? Simak rentetan destinasi liburan di Indonesia yang tidak kalah bersaing!


    Berpelesir ke lintas benua dengan segala kemewahan yang ditawarkan oleh destinasi liburan berkelas internasional pasti menjadi angan sebagian besar dari kita. Namun, seringkali masalah budget menjadi persoalan utama yang harus dihadapi. Jangan berputus asa terlebih dahulu. Seperti pepatah lama berkata dimana ada usaha, disitu ada jalan. 

    Faktanya, 4 destinasi di Indonesia berikut ini tidak kalah bersaing dengan destinasi berkelas internasional yang selama ini Anda impikan. Simak rangkuman eksklusif dari tim editorial Bazaar yang khusus disuguhkan bagi Anda. 


    1. Pulau Bawah Anambas ketimbang Pulau Maladewa


    Anda tergolong dari salah satu yang memimpikan liburan mewah ke kepulauan Maldives? Pasir putih lembut dengan bentangan laut biru memang tidak dapat dipungkiri sukses menjadi daya tarik yang membuat sebagian besar dari kita tergiur untuk menyambangi destinasi tersebut. Jika persoalannya terletak di nominal tabungan Anda yang tidak mencukupi, Pulau Bawah dapat menjadi opsi brilian. 


    Tidak kalah dengan Maladewa, eksotisme pantai yang terletak di jantung Pulau Anambas, Kepulauan Riau, ini kerap dijuluki sebagai surga yang tersembunyi. Memiliki luas sekitar 300 hektar, destinasi ini menawarkan eksosistem dan habitat yang masih asli. Ditinjau dari segi eksklusivitas, Pulau Bawah terbilang kompetitif dibandingkan dengan Maldives. Hal ini terbukti dari jumlah pengunjung yang dibatasi hanya sejumlah 70 peserta untuk setiap kali kunjungan. Anda dapat menggunakan seaplane untuk mengakses kepulauan berikut. 


    2. Danau Sentani ketimbang Lake Como


    Kecantikan area danau yang berlokasi di bagian Utara negara Italia ini kerap menjadikannya sebagai destinasi pernikahan yang kini sedang tren. Di balik atmosfer romantis, Lake Como juga mengkespos keindahan panoramik yang menjadikannya sebagai destinasi liburan impian. Namun tahukah Anda? Indonesia juga memiliki kawasan danau yang tidak kalah indah. Jawabannya terletak di Danau Sentani, Papua, Indonesia.

    Seperti arti kata “Sentani” yang bermakna “disini kami tinggal dengan damai,” kawasan danau yang berada 50 kilometer dari Jayapura ini memang menorehkan rasa damai di hati para pengunjungannya. Bertempat di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops, danau ini hadir terbentang dengan keindahan 21 pulau kecil dan kekayaan ragam biota laut, yang meliputi 30 spesies ikan air tawar. Dengan luas sekitar 9.360 hektar, Danau Sentani menjadi danau terbesar di Papua. 


    3. Tangkahan ketimbang Hazyview


    Di balik konflik yang tengah terjadi mengenai tur menunganggi gajah, kegiatan yang juga dikenal dengan istilah “angon gajah” ini masih terbilang sebagai salah satu aktivitas liburan yang diburu. Ketimbang menghabiskan uang Anda dengan menyambangi Elephant Whispers atau Elephant Sanctuary di Hazyview, Afrika Selatan, Tangkahan dapat menjadi alternatif brilian.

    Merupakan sebuah desa yang bertempat di kecamatan Medan Labuhan, Sumatera Utara, Tangkahan menawarkan tur menunggangi gajah sembari menikmati pesona alam sekitar. Kawasan eko wisata di Taman Nasional Gunung Lengser ini dapat ditempuh melalui jalur darat selama 2,5 jam dari Bukit Lawang. Selain menaiki gajah, Anda juga dapat menikmati serunya mandi sore hari bersama hewan menggemaskan ini. 


    4. Teluk Banyu Biru ketimbang Halong Bay


    Termasuk sebagai salah satu UNESCO World Heritage Site, Ha Long Bay adalah salah satu destinasi favorit di provinsi Quang Ninh, Vietnam. Keunikan bentuk ribuan bebatuan yang menjulang di tengah perairan biru yang membentang menjadi sisi atraktif yang dikejar oleh para turis. 

    Mungkin destinasi yang satu ini tidak begitu menguras isi kantong Anda ketimbang dengan destinasi-destinasi yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, apabila ada alternatif dengan harga lebih bersahaja dan tentunya tidak kalah indah, apa salahnya untuk mencoba?

    Kali ini giliran Teluk Banyu Biru di kawasan Sembulungan, Banyuwangi. Kawasan perairan yang berada di Taman Nasional Alas Purwo berikut ini tidak hanya dapat memuaskan indera penglihatan Anda, namun juga dapat menjadi sarana edukasi berharga.

    Hal ini berkaitan dengan kawasan teluk yang dijadikan wisata edukasi terumbu karang oleh masyarakat setempat. Selain mengekspos keindahan beberapa pantai dengan ciri khas masing-masing, aktivitas berlibur yang ditawarkan meliputi snorkeling, diving hingga menyambangi tempat penangkaran mutiara. Saatnya berkemas dan memesan tiket Anda menuju teluk yang dijuluki “Sunrise of Java” ini. 


    (Foto: Courtesy of bawahreserve.com, banyuwangibagus.com,  Lenise Calleja, belikova©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -