• 9 Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

    Culture / Tips


    9 Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

    Bumbu dapur satu ini rupa-rupanya tak hanya berguna untuk menambah kelezatan masakan, namun juga sebagai makanan yang sangat menyembuhkan!


    Meski sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari, siapa sangka bahwa bawang putih ternyata membawa manfaat luar biasa yang mungkin belum pernah Anda duga sebelumnya. Rempah-rempah yang sering dipakai dalam resep ala Asia ini rupa-rupanya dapat pula berfungsi sebagai pengobatan berbagai masalah kesehatan, seperti yang telah dipraktikkan di Tiongkok sejak berabad-abad silam.

    Lalu, apa saja manfaatnya? Baca terus artikel berikut. 


    1. Meredakan sakit tenggorokan

    Bawang putih yang dimemarkan atau dicincang halus adalah cara ideal untuk mengatasi gejala radang tenggorokan. Hal ini disebabkan karena senyawa yang terkandung di dalamnya bersifat antibakteri sekaligus antivirus.

    Namun, Anda tak boleh merebusnya karena bawang putih yang dimasak dikhawatirkan akan kehilangan khasiatnya untuk menyembuhkan. Guna membantu meningkatkan efektivitasnya, tumbuk atau potong-potong bawang putih sebelum dikonsumsi. Sebelum diminum, campurlah terlebih dahulu dengan air panas maupun teh herbal. Selain itu, Anda juga dapat mengombinasikan perasan sari jeruk nipis untuk menambah cita rasa. 


    2. Menstabilkan tekanan darah

    Selama bertahun-tahun, komponen dari bawang putih telah dipercaya mampu menurunkan tensi dengan cara memperkecil kemungkinan penyumbatan pembuluh darah. Menurut sebuah institusi yang mengurus soal tanaman herbal dan obat-obatan di California, Amerika Serikat, memakan sesiung bawang putih mentah setiap hari ternyata dapat membantu mengatasi gejala tekanan darah tinggi.

    Sebagai catatan, bawang putih digunakan secara luas di Jerman sebagai bagian dari pengobatan darah tinggi. Dan selama bertahun-tahun di China, bumbu dapur ini juga telah dimanfaatkan sebagai obat antihipertensi.


    Baca Juga: 9 Bahaya Minuman Beralkohol bagi Kesehatan


    3. Menetralisasi racun dalam tubuh

    Ingin melakukan detoksifikasi tubuh secara alami? Bawang putih mungkin bisa jadi jawaban yang ideal. Menurut beberapa peneliti, bumbu dapur satu ini mengandung sejumlah komponen yang berfungsi mengenyahkan berbagai macam racun serta mampu mengeliminasi beberapa komponen kimiawi yang membahayakan dari dalam tubuh Anda.


    4. Memperbaiki sistem pencernaan

    Menurut Dr. Simran Saini, seorang ahli gizi dari India, konsumsi bawang putih ternyata dapat turut menjaga agar pencernaan Anda senantiasa lancar dan bebas dari masalah. Ia menyarankan untuk memakan bawang putih secara mentah dengan cara menggigitnya terlebih dahulu guna mengeluarkan ekstraknya. Setelah itu, Anda harus menelan seluruhnya dengan bantuan air minum.


    5. Sebagai zat antikanker

    Meski masih perlu dipelajari lebih lanjut lagi, sejumlah riset yang dilakukan pada 41 ribu wanita telah menyimpulkan manfaat bawang putih untuk mencegah kanker usus besar. Adapun sebuah studi menemukan bahwa asupan bawang-bawangan seperti bawang bombai dan bawang putih pada menu sehari-hari ternyata bisa melindungi Anda dari ancaman kanker mulut, esofagus, payudara, hingga rahim, dan bahkan kanker ginjal.

    Senyawa sulfur yang terkandung di dalam bawang putih juga dinyatakan sanggup mengontrol karsinogen sehingga dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit mematikan tersebut sebanyak 35 persen.


    6. Menurunkan kolesterol jahat

    Setidaknya sebanyak 28 studi yang terpercaya telah menyatakan soal kemampuan bawang putih untuk menekan tingkat kolesterol jika dikonsumsi secara teratur. Pada sebuah penelitian di Jerman, para partisipan yang meminum tablet dengan kandungan ekstrak bawang putih berdosis 80 miligram selama empat bulan berturut-turut mengaku bahwa kolesterolnya bisa terus menurun hingga sebanyak 12 persen. 


    Baca Juga: 9 Khasiat Jeruk Nipis bagi Kesehatan


    7. Mencegah diabetes

    Bawang putih diklaim sanggup menormalkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga rempah-rempah satu ini pun cukup terkenal akan kemampuannya menghindarkan penyakit kencing manis.


    8. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Sedang tidak enak badan menjelang musim pancaroba? Tingkatkan imunitas Anda dengan ramuan tiga siung bawang putih yang dilumatkan. Kemudian, campur dengan madu secukupnya agar lebih enak dan supaya baunya pun tidak terlalu menyengat. Minumlah sebanyak sekali atau hingga tiga kali sehari agar Anda tak mudah terserang flu.  


    9. Menyehatkan jantung 

    Selain dapat menurunkan risiko serangan jantung, bawang putih dipercaya dapat menguntungkan sistem kardiovaskular sekaligus melancarkan peredaran darah berkat senyawa allicin dan sulfurnya.


    Baca juga: Apa Saja Manfaat Yoga bagi Kesehatan?


    (Foto: Sebnem Ragiboglu©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -