• 6 Langkah Mudah untuk Ciptakan “No-Makeup" Makeup

    Beauty / Tips


    6 Langkah Mudah untuk Ciptakan “No-Makeup

    Tips riasan alami yang bisa dipraktikkan oleh siapa saja, bahkan pemula sekalipun!


    Look bertajuk “no-makeup" makeup memiliki karakter yang simpel dan mudah dipadankan dengan busana dan suasana apa pun, namun tetap cantik baik untuk dikenakan sehari-hari maupun saat akan menghadiri undangan penting. Maka dari itu, tentu tak ada salahnya untuk menguasai teknik riasan tersebut. Jangan khawatir, tahap-tahapnya tergolong cukup sederhana dan tidak menuntut banyak produk. Alih-alih, Anda hanya membutuhkan beberapa strategi seperti yang berikut ini. 


    1. Pastikan “kanvas” Anda bersih terlebih dulu

    Dengan kata lain, cuci muka sebelum Anda mulai merias. Kulit yang segar dan terawat merupakan kunci dari makeup alami. Pertama-tama, bersihkan wajah seperti biasa sebelum melanjutkannya dengan skincare yang biasa Anda pergunakan sehari-harinya seperti toner dan juga moisturizer.

    Jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk mengenakan tabir surya pula. Agar tak tampak terlalu berminyak, ganti sunscreen Anda dengan yang berlabel oil-free dan lightweight pada kemasannya.


    2. Ciptakan kompleksi sesuai kebutuhan

    Hindari pemakaian foundation yang terlalu berat dan berpotensi membuat muka Anda seperti sedang tertutup topeng! Sebagai alternatif, oleskan tinted moisturizer atau BB cream dengan tekstur yang relatif lebih ringan dan memungkinkan pori-pori untuk bernapas.

    Namun, pastikan untuk meratakan alas bedak tersebut dengan spons karena penggunaan kuas akan menghasilkan ekspresi yang seperti dibuat-buat. Aplikasi yang benar pun adalah dengan cara menepuk-nepuk dan bukan menggosok-gosokkannya.

    Guna mengunci produk, usapkan loose powder pada bagian-bagian T-zone yang umumnya berpotensi mengeluarkan sebum berlebih yakni dahi, hidung, dan dagu. Khusus untuk tahapan yang satu ini, Anda boleh menggunakan kuas bedak berukuran besar.


    3. Blush!

    Hanya karena prinsip minimalis ala “no-makeup" makeup, lantas Anda kerap mengabaikan aplikasi blusher di pipi? Padahal, produk ini sangat penting untuk menciptakan kesan segar pada wajah. Agar tak terlalu menor atau mencolok, sesuaikan saja warnanya dengan tingkat kecerahan kulit Anda.

    Untuk kulit yang cenderung putih, Anda bisa memilih gradasi pink terang. Sedangkan palet peach cocok untuk kulit sawo matang. Lebih gelap daripada itu? Gunakan perona pipi dengan corak cokelat kemerahan yang muda dan eksotis. Sebaiknya, pilih produk tanpa kandungan glitter agar hasil akhirnya tak serba gemerlapan. Selain pipi, baurkan pula pada area kening dan dagu.


    4. Buat pancaran mata lebih berpendar

    Caranya, jepit bulu mata asli Anda terlebih dulu. Kemudian, pakai maskara berwarna netral selain hitam untuk menghindari impresi yang terlalu dramatis. Alih-alih, inilah saat yang tepat untuk menjajal maskara berwarna cokelat.

    Pilih jenis maskara yang diklaim mampu memanjangkan bulu mata dan bukan sekadar membuatnya lebih penuh. Jika Anda ingin mengenakan eyeliner, usapkan tipis-tipis saja dari bagian tengah ke ujung luar mata. Aplikasi eyeshadow pun sah-sah saja untuk dipraktikkan. Anda bisa menggunakan pemulas mata yang memiliki tekstur krim dan berwarna sama dengan kelopak agar tampak menyatu dengan kulit.


    5. Rapikan alis

    Untuk menciptakan tampilan alis yang alami, kuncinya adalah penggunaan sikat atau kuas spoolie (dengan bentuk seperti ujung tongkat maskara). Selain itu, sekarang ini sudah banyak terdapat macam-macam produk pengisi alis seperti brow powder ataupun maskara alis yang dapat menambahkan dimensi tanpa terkesan berlebihan.

    Namun yang terpenting, jangan gegabah memilih produk dengan gradasi gelap karena akan menimbulkan garis muka yang terlampau keras.


    6. Akali pigmen bibir

    Last but not least, berilah bibir Anda sedikit warna dengan menggunakan lipstik ataupun lip gloss dan lain sebagainya. Tujuannya tentu saja agar tampilannya tidak tampak terlalu pucat.

    Anda bisa memakai pemulas bibir dengan palet nude yang sensual atau lip tint berona pink yang hanya satu tingkat lebih terang daripada warna asli bibir. Ingin ekspresi yang lebih natural lagi? Saat ini, sudah banyak lipstik atau tinted lip balm yang coraknya dapat beradaptasi dengan temperatur tubuh masing-masing orang. Menarik, bukan?


    (Foto:  rido©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -