• Ini Kebiasaan Buruk yang Ternyata Merusak Rambut Anda!

    Beauty / Tips


    Ini Kebiasaan Buruk yang Ternyata Merusak Rambut Anda!

    Baik disadari maupun tidak, barangkali beberapa tabiat berikut ikut andil dalam menyebabkan kerusakan rambut Anda selama ini.


    Gaya hidup yang Anda jalani sehari-hari tentunya berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh, tak terkecuali rambut. Merasa mahkota Anda seringkali kering, kusam, pecah-pecah, dan memiliki ujung yang bercabang? Cobalah untuk berintrospeksi sembari mengecek artikel di bawah ini. Jangan-jangan, kebiasaan berikut ini terdengar familiar dan bahkan mungkin sering Anda lakukan tanpa sadar!

    1. Keramas terlalu sering

    Sampo memiliki fungsi untuk membersihkan kulit kepala sekaligus menghalau minyak berlebih yang mengganggu penampilan. Namun sebagus apa pun produk yang Anda gunakan saat ini, terlampau berlebihan dalam hal keramas pun justru bisa merugikan. Saat rambut dicuci terlalu sering, bukan helaian sehat yang akan didapat.

    Alih-alih, rambut Anda akan kehilangan kelembapan alaminya. Bagaimana cara menemukan frekuensi keramas yang benar? Jika Anda biasa keramas sekali sehari dan rambut malah terlihat kusam atau cepat terlihat lepek, berarti sudah saatnya frekuensinya dikurangi secara bertahap menjadi dua hari sekali atau mungkin dua kali dalam seminggu sampai rambut menemukan kondisi idealnya. 


    2. Menyisir rambut dalam keadaan basah

    Rambut yang basah rupa-rupanya memiliki kondisi merenggang dan rentan terhadap kerusakan sehingga helaiannya lebih mudah patah atau rontok saat Anda mencoba untuk menatanya. Lebih baik, tunggulah sampai rambut setidaknya 90 persen kering sebelum mulai menyisir, mengikat atau menjalin helaiannya.

    Atau, sisirlah rambut sebelum keramas saja. Hindari pula pengeringan rambut dengan cara menggosok-gosokkan handuk karena akan menyebabkan kutikulanya semakin rapuh. Sebaiknya, tepuk-tepuk dengan lembut atau gunakan pengering rambut secara tepat.


    3. Ketergantungan pada hairdryer

    Temperatur tinggi dari hairdryer berpotensi mengubah ikatan hidrogen dalam struktur kutikula rambut. Inilah yang mengakibatkan helaiannya kerap terlihat kusam.Pemakaian sewajarnya memang hanya akan menyebabkan kerusakan temporer.

    Namun apabila Anda menggunakan pengering rambut terlampau sering, hal ini nantinya dapat mengakibatkan kutikula terkoyak secara permanen. Mau tak mau, sediakan waktu lebih untuk mengeringkan rambut Anda. 


    4. Lalai mengaplikasikan produk heat protectant

    Sah-sah saja jika Anda ingin mengeringkan rambut dengan hairdryer sesekali. Namun, jangan lupa memakai produk yang khusus dirancang untuk melindungi helaiannya sebelum Anda menggunakan pengering, flat iron, maupun pengeriting rambut.

    Saat ini, sudah banyak tersedia heat protectant yang dijual secara luas di pasaran. Ada yang memiliki formasi cair dan dikemas dalam bentuk botol semprot nan praktis maupun berbentuk serum, gel, minyak, dan juga krim.  


    5. Terlalu berlebihan saat menyisir 

    Masih beranggapan bahwa menyikat rambut sebanyak 100 kali dalam sehari akan menjadikan helaiannya lebih bersinar dan tampak mengembang? Ternyata hal ini adalah mitos yang keliru. Faktanya, menyisir rambut secara berlebihan malah bisa menyebabkan gesekan secara terus-menerus sehingga berakibat pada helaian yang mudah patah.


    6. Tidak mengenakan tabir surya untuk rambut

    Sama seperti kulit, rambut pun memerlukan proteksi untuk dapat melindungi helaiannya dari paparan sinar matahari. Hal ini penting dilakukan agar mahkota Anda senantiasa sehat dan tak lekas mengalami kerusakan. Jika belum, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri untuk memakai produk tabir surya khusus rambut saat akan beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, Anda juga bisa mengenakan topi andalan! 

     

    7. Terlalu ketat saat menguncir atau menjalin rambut

    Apakah Anda selalu tampil dengan rambut yang dikuncir kuda setiap harinya? Jika Anda mendapati helaian yang tampak rusak atau pecah-pecah, mungkin sudah saatnya untuk mengubah kebiasaan tersebut. Tatanan kuncir ataupun kepang, terutama yang diikat dengan sangat kencang, dapat mengakibatkan kerusakan rambut permanen apabila dikenakan terlampau sering.


    8. Menunda-nunda jadwal potong rambut

    Idealnya, memotong rambut sebaiknya dilakukan sekali tiap dua bulan. Jika tidak sempat juga, upayakan setidaknya trimming rambut secara berkala tiap 10 sampai 12 minggu sekali. Selain menjaga agar potongannya tampak lebih cantik, memangkas rambut juga ampuh mengatasi masalah percabangan sekaligus menjadikannya senantiasa mudah untuk ditata.


    (Foto: Subbotina©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -