• Tip Berkebun bagi Pemula

    Culture / Tips


    Tip Berkebun bagi Pemula

    Musim panas telah datang, saatnya menjajal hobi bercocok tanam!


    Anda sudah mengetahui dan mungkin tertarik akan berbagai manfaat berkebun dari artikel Bazaar sebelum ini. Jadi, mengapa tak memulainya dari sekarang?

    Berikut beberapa kiat berkebun yang mudah untuk diterapkan, dirangkum berdasarkan hasil wawancara tim kami bersama Muhammad Ery Wijaya sebagai pemilik akun Instagram @kebunrumahkami dengan jumlah pengikut mencapai hampir 11 ribu orang hingga saat ini. Let’s start gardening

    1. Berkebun tidak harus selalu identik dengan lahan yang luas, namun bisa dilakukan di halaman yang sempit atau bahkan dengan menggunakan pot saja. Sebagai alternatif lain, Anda dapat pula berkebun pada dinding atau tembok rumah misalnya dengan menggunakan talang maupun pipa.

    Baca juga: 5 Akun Patut Follow untuk Inspirasi Urban Garden

    2. Pada dasarnya, berkebun hanya membutuhkan empat komponen utama yakni tempat menanam seperti contohnya pot, benih, media tanam berupa campuran tanah, sekam bakar, dan pupuk kompos yang dapat dibeli dalam versi instan di toko, serta tak lupa air untuk menyiram. 

    3. Jika semua bahan telah tersedia, semai benih. Caranya sangat sederhana. Siapkan pot kecil yang diisi dengan media tanam hingga setengahnya. Lalu taburkan lima hingga 10 benih dalam setiap pot sebelum ditutup dengan media tanam lagi setinggi kira-kira setengah sentimeter. Simpan di tempat teduh dan siram minimal sehari sekali. Jika telah berkecambah, segera perkenalkan bibit itu dengan sinar matahari.

    4. Pilihlah jenis tanaman yang paling disukai oleh keluarga. Boleh jadi, kangkung dan bayam ialah opsi ideal karena rasanya yang enak dan kemudahan dalam soal perawatan. Sayuran tersebut hanya perlu disiram minimal dua hari sekali. 

    5. Selain pupuk yang telah terdapat pada media tanam, lanjutkan pemakaiannya sebanyak sekali dalam sebulan.

    6. Jika bermasalah dengan hama, Anda dapat menanam kenikir dan kemangi untuk mengusir belalang ataupun menumbuhkan bunga pengundang lebah yang dapat mengenyahkan hama kutu. Bila perlu, gunakan pestisida organik yang dapat dibeli di toko agar hasil panen Anda nanti tetap aman dimakan. 


    Baca juga:

    3 Destinasi untuk Pengalaman Berharga


    (Foto: NinaMalyna/Shutterstock/Click Photos) 










- RELATED ARTICLE -