Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Manfaat Menulis Catatan Harian

Mencatat jurnal sehari-hari ternyata membawa banyak keuntungan yang mungkin belum pernah terpikir oleh Anda sebelumnya.

5 Manfaat Menulis Catatan Harian

Berikut sejumlah keuntungan mencatat sebuah buku harian.

1. Gambaran cita-cita
Tip Bazaar, catat juga prestasi yang ingin Anda capai dalam hidup. Ibarat gambar denah saat akan mendirikan rumah, mengurutkan ambisi Anda dalam poin-poin tertentu dapat membantu untuk lebih fokus dalam mencapai tujuan hidup Anda. Makes sense, right?

2. Meningkatkan kecerdasan emosional
Mencatat jurnal harian membuat Anda mampu mengidentifikasi perasaan yang Anda alami saat itu. Hasilnya, cepat atau lambat Anda akan lebih mudah untuk mengendalikan emosi yang dirasakan baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

3. Sebagai memorabilia
Simpan diary Anda di tempat yang aman dan bukalah sewaktu-waktu nanti. Bukan hanya kenang-kenangan, tapi Anda akan menyadari bahwa masalah yang dulunya terasa berat sudah pernah dihadapi dan mengingatkan Anda bahwa “badai pasti berlalu” bukan sekadar istilah.

4. Memperoleh kualitas tidur
Para ahli berpendapat bahwa menulis catatan harian sebelum beristirahat saat malam akan mengenyahkan berbagai pikiran negatif yang masih mengganggu alam bawah sadar Anda sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak lagi.

5. Melatih kedisiplinan
Jadikan jurnal Anda tersebut sebagai sebuah ritual yang tak pernah absen dilakukan setiap harinya. Jadi, Anda akan terbiasa melakukan suatu kegiatan konstan dan terorganisir yang berpotensi mengantar Anda terhadap keteraturan pada aspek hidup lainnya.

 

(Foto: Nonwarit/Shutterstock/Click Photos)