• 8 Mimpi yang Umum dan Artinya

    Culture / Tips


    8 Mimpi yang Umum dan Artinya

    Sang analis mimpi, Lauri Loewenberg menguak arti mimpi Anda. Mulai dari arti mimpi terbang, meninggal, hingga selingkuh


    Sang analis mimpi, Lauri Loewenberg menguak arti mimpi Anda. Mulai dari arti mimpi terbang, meninggal, hingga selingkuh

    Pernahkah Anda bermimpi memiliki kemampuan untuk terbang, datang terlambat, atau menemukan diri Anda sedang berada di tengah-tengah ruang kosong? Jika ya, maka Anda tidaklah sendirian.

    Meskipun adegan-adegan dalam mimpi selalu memiliki kisah yang tidak masuk akal, namun mereka justru seringkali menjadi representatif dari kejadian dalam kehidupan nyata. Tapi, bagaimana bisa?

    Lauri Lowenberg, seorang pakar dalam menganalisa mimpi sekaligus penulis buku Dream On It: Unlock Your Dreams, Change Your Life, menjelaskan delapan mimpi umum yang sering dialami oleh banyak individu. Bacalah interpretasinya tentang topik-topik mimpi di bawah ini.


    1. Terbang

    Artinya: Bermimpi memiliki kemampuan untuk terbang adalah mimpi yang paling sering terjadi ketika kita masih kecil, namun sayangnya mimpi tersebut mulai jarang muncul saat kita bertumbuh dewasa, saat kita menyadari bahwa hidup ini berjalan tak semudah terbang di dalam mimpi.

    Namun layaknya kawan lama, mimpi ini akan senantiasa muncul dari waktu ke waktu, dan ketika mimpi ini muncul, biasanya hal ini berarti bahwa kita sedang mengalami hal yang menyenangkan di dalam kehidupan nyata.

    Mimpi terbang biasanya datang bersamaan dengan perasaan yang membuncah karena banyak hal di sekitar Anda yang memberi dukungan kepada Anda.

    Selain itu, mimpi ini juga datang ketika Anda akhirnya terbebaskan dari sesuatu yang telah lama membelenggu Anda.

     

    2. Datang Terlambat ke Acara yang Penting

    Artinya: Mimpi jenis ini adalah hal yang umum terjadi pada orang-orang yang berprofesi sebagai jurnalis, saat hari demi hari dilalui dengan mengejar tanggal deadline. Bahkan seorang Diane Sawyer pernah bercerita ia pun pernah bermimpi hal yang sama.

    Mimpi ini memberi Anda sebuah gambaran keadaan saat Anda mengalami skenario terburuk yakni terlambat dalam menepati deadline, sehingga Anda dapat berantisipasi agar apa yang ada di dalam mimpi tidak terjadi di kehidupan nyata.

    Hal ini dapat pula terjadi pada mereka yang memiliki karakter tidak sabar. Sehingga pada kasus ini, dapat disimpulkan bahwa mimpi tersebut merupakan cerminan dari gaya berpikir mereka.

    Jika mimpi seperti ini datang pada Anda sekali waktu, maka Anda sebaiknya bertanya pada diri Anda sendiri apakah Anda memiliki kegelisahan bila sesuatu tidak terjadi sesuai dengan ekspektasi, atau adanya sebuah deadline pribadi seperti menurunkan 5 kilogram berat badan sebelum menghadiri acara reuni sekolah.


    Baca Juga: Inilah Penyebab Anda Bermimpi Buruk

     

    3. Sedang Sekarat

    Artinya: Mimpi tipe ini diakui sebagai mimpi yang paling tidak nyaman dari semua tipe mimpi yang ada, karena perasaan duka yang sangat menghanyutkan terasa begitu nyata di alam bawah sadar kita.

    Dengan kata lain, mimpi mengenai kematian sebenarnya menunjukkan bahwa terdapat perubahan di sekitar kita, atau kita sedang menjalani akhir yang pedih dari sesuatu, dan juga mengenai melepaskan hal yang paling kita sayangi.

    Apabila Anda pernah memiliki mimpi di mana Anda melihat orang yang paling Anda cintai sedang berada di akhir hidupnya, sebut saja seperti anak Anda, janganlah langsung menganggap bahwa mimpi Anda merupakan pertanda bahwa hal itu akan benar-benar terjadi.

    Mimpi kematian ini justru menjadi refleksi dari perasaan Anda terhadap perubahan-perubahan yang terdapat pada anak Anda yang sedang bertumbuh dewasa.

    Mimpi seperti ini paling sering datang ketika anak kita telah mempelajari banyak hal baru dalam hidup mereka; mulai dengan kegiatan yang bermacam-macam, belajar naik sepeda, bertemu dengan teman dan lingkungan yang baru, bahkan ketika mereka pertama kali merasakan yang namanya jatuh cinta.

    Secara tidak sadar, inilah yang akhirnya mempengaruhi kita sehingga kita berduka lewat imajinasi kita ketika tidur lelap. Berduka karena kita merasa kehilangan sosok seorang anak kecil yang polos, yang kita cintai, yang membuat kita menerima sosok seorang manusia yang sedang bertumbuh dewasa.

    Bermimpi tentang kematian Anda sendiri juga tidak perlu dicemaskan. Hal ini mengindikasikan bahwa akan adanya perubahan di dalam hidup Anda yang mebuat Anda layaknya memasuki hidup baru.

    Kematian pada kehidupan yang nyata memanglah sebuah akhir dari segalanya, namun kini Anda tahu bahwa pada dunia mimpi, kematian merupakan awal dari permulaan yang baru.

     

    4. Menyetir Kendaraan yang Tidak Dapat Dikontrol

    Artinya: Arti kendaraan pada mimpi Anda sebenarnya merupakan kemampuan Anda untuk tetap berada di bawah kontrol, serta kemampuan untuk membawa kehidupan Anda atau suasana tertentu agar sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

    Dengan kata lain, imaji kendaraan pada mimpi Anda adalah sebuah motivasi yang berupa kemampuan Anda untuk bergerak maju dan membuat sebuah kemajuan.

    Ketika Anda tidak dapat mengontrol kendaraan Anda sendiri dalam mimpi, maka berarti Anda telah kehilangan kontrol atas sesuatu yang terjadi pada kehidupan nyata Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mencari tahu sendiri hal apa yang telah berada di luar kontrol Anda sekarang.

    Adakah sesuatu yang dulu bukanlah sebuah masalah bagi Anda namun sekarang mulai berbeda?

    Hal apa yang membuat Anda merasa tersesat tanpa tujuan yang jelas? Mimpi dengan tipe ini menjadi peringatan bagi alam bawah sadar Anda, Anda perlu untuk mengambil sebuah tindakan ‘mengerem’ lajunya masalah sebelum semuanya menjadi berantakan.

    Terkadang mimpi ini juga memiliki arti bahwa Anda memanggul terlalu banyak beban di pundak Anda sendiri, dan akan berakibat fatal jika Anda tidak segera meringankannya.

     

    5. Pasangan yang Selingkuh

    Artinya: Tipe mimpi yang satu ini boleh dibilang membuat kita merasa cemas dan marah, yang sekaligus merupakan alasan utama kita menampar sang kekasih di pagi hari.

    Betapapun kesalnya Anda yang pernah mengalami mimpi serupa, berita baiknya adalah mimpi seperti ini jarang berarti bahwa pasangan Anda sedang memiliki kesenangannya sendiri dengan orang maupun hal lain.

    Bagaimanapun, tipe mimpi ini juga meninjau bahwa ada sesuatu yang membuat pasangan Anda menaruh lebih banyak perhatian dan waktu yang Anda rasa seharusnya menjadi hak Anda.

    Sesuatu di antara Anda dan pasangan mulai terasa bagaikan adanya pihak ketiga dalam hubungan Anda, seperti misalnya pekerjaan yang sibuk, kegiatan main golf, futsal, dan lain sebagainya.

    Apapun yang sedang terjadi membuat Anda merasa seperti sedang diselingkuhi karena hilangnya waktu dan perhatian yang seharusnya menjadi milik Anda. Mimpi tentang perselingkuhan sebenarnya dapat menjadi percikan minyak untuk api dalam hubungan asmara Anda, bahkan bila Anda sendiri yang melakukan perselingkuhan di dalam mimpi Anda.

    Begitu Anda menguak sendiri apa yang telah membuat Anda merasa diselingkuhi, demikianlah saatnya bagi Anda dan pasangan untuk berkompromi. Tawarkan padanya untuk mengurangi kegiatan yang telah membuat Anda merasa ditinggalkan, dan sebagai gantinya Anda akan mengurangi hal atau sifat dalam diri Anda yang kurang dia sukai.

     

    6. Tentang Seks

    Artinya: Meskipun terdengar menyenangkan, sayangnya mimpi Anda tentang seks sama sekali bukanlah refleksi mengenai seks di kehidupan yang nyata.

    Dalam banyak kasus, seks di dalam mimpi bukanlah berarti sebuah hasrat fisik yang menggelora untuk bersatu, namun justru mendasar pada keinginan atau kebutuhan Anda atas menyatunya sebuah kondisi yang bersifat psikis.

    Secara garis besar, mimpi tipe ini menggambarkan kebutuhan Anda untuk memiliki sebuah hubungan yang bersifat psikis dengan orang yang ada di dalam mimpi Anda, atau mengadaptasi kualitas tertentu orang itu ke dalam karakter Anda. Ada sebuah kaidah ajaib yang dapat diterapkan saat Anda sedang mencoba menafsirkan arti mimpi seks Anda.

    Pilihlah tiga buah kata yang pertama kali muncul dalam benak Anda ketika sedang memikirkan sang lawan main dalam mimpi. Dari ketiga hal tersebut, adakah satu di antaranya yang dapat memberi Anda keuntungan saat Anda sedang ingin menerapkannya dalam karakter Anda?

    Voila! Itulah yang menjadi cerminan dari orang tersebut dan itulah mengapa Anda berhubungan seks dengannya di dalam mimpi.

     

    7. Mengikuti Sebuah Ujian

    Artinya: Mimpi ini datang seraya kita sendiri juga sedang mengalami sebuah ujian dalam kehidupan; bukan ujian sekolah, namun ujian ketika seseorang atau suatu kejadian sedang menguji kesabaran kita ketika sedang berada dalam kondisi yang membutuhkan banyak fokus.

    Misalnya seperti situasi saat kita sedang bekerja keras demi kenaikan jabatan atau saat dimana kita sedang sibuk mempersiapkan acara makan malam bersama calon mertua.

    Mimpi ini hanyalah sebuah reminder untuk mengingatkan kita agar selalu tenang dan tidak panik dalam menghadapi situasi serupa, dan sekaligus membuat kita memiliki persiapan yang lebih matang agar orang lain melihat bahwa kita tidak mudah diremehkan.

     

    8. Menemukan Sebuah Ruangan yang Kosong

    Artinya: Mimpi ini memberi gambaran mengenai penemuan sisi baru atau yang telah lama hilang dalam diri Anda. Rumah yang ada di dalam mimpi mengilustrasikan konstruksi personality Anda, tempat jiwa Anda berdiam.

    Adanya sebuah ruangan kosong di dalam rumah tersebut bisa dibilang sebuah isyarat bahwa Anda telah menemukan skill maupun bakat yang belum pernah digunakan di dalam kehidupan yang nyata.

    Apakah Anda memiliki suara yang indah namun bekerja di sebuah kantor saham, misalnya? Mimpi Anda hanya mengingatkan bahwa masih ada banyak hal dalam diri Anda yang belum digunakan secara sepenuhnya.

    Jika tidak ingin digunakan untuk mencari uang, paling tidak nikmatilah bakat tersembunyi Anda untuk diri Anda sendiri. It was built in you.

     

    Jadi, apakah mimpi Anda semalam terdapat di dalam daftar ini?

     

    (Harper’s Bazaar UK. Alih bahasa: Ninette Marasuchi. Foto: Halfpoint/Shutterstock/Click Photos)

     








- RELATED ARTICLE -