• Tips Mengatasi Uban

    Beauty / Trend


    Tips Mengatasi Uban


                Bagi seorang wanita, salah satu momen yang tidak bisa dilupakan adalah hari ketika Anda berkaca dan menemukan seuntai rambut berwarna putih untuk pertama kalinya. Rasa panik tentunya tidak bisa dihindari, apalagi ketika momen tersebut datang lebih cepat dari seharusnya. Walau genetik menjadi faktor besar yang menentukan, ternyata gaya hidup Anda jugabisa memicu datangnya rambut uban lebih dini. Jika Anda wanita modern yang gemar berdiet ketat dan memiliki aktivitas kerja yang stressful, maka resiko timbulnya premature grey hairpada Anda akan lebih besar.

    Faktor penting lain yang menentukan adalah kondisi kesehatan. Beberapa penyakit seperti anemia pernisiosa (anemia akibat ketidakmampuan saluran cerna untuk menyerap vitamin B12), gangguan hormon tiroid, serta insufisiensi beberapa hormon adrenokortikal, scleroderma, dan vitiligo juga banyak dihubungkan dengan terbentuknya uban. Jika Anda hobi merokok, think twice before you light up. Rokok juga diketahui dapat mempercepat timbulnya rambut putih.

    Tips menunda hadirnya premature grey hair:

    • Pola makan baik dengan komposisi kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang.

    • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 yang juga baik untuk rambut, misalnyaseafood(udang, oyster, ikan), makanan protein yang juga mengandung B12 misalnya daging sapi, ayam, susu dan keju.

    • Hindari merokok baik aktif maupun pasif

    • Mengelola stres fisik dan emosi dengan baik

    Baca cerita selengkapnya di Harper's Bazaar Indonesia edisi Agustus 2013.

    (Teks: Karina Lopulisa ; Foto: Getty Images)

     

     

     

     




- RELATED ARTICLE -