• Olahraga Alternatif untuk Wanita

    Beauty / News


    Olahraga Alternatif untuk Wanita


    Di balik tubuh bugar dan sehat, ada kerja keras yang perlu dilakukan oleh wanita. Berikut beberapa olahraga yang kami rekomendasikan sebagai alternatif.

    Demi mendapatkan bentuk tubuh ideal, wanita bersusah payah melakukan olahraga secara rutin dan teratur agar bisa memiliki tubuh yang langsing. Mungkin Anda merasa jenuh dengan olahraga monoton seperti jogging, lari di atas mesin treadmil ataupungym. Kami sarankan jenis-jenis olahraga yang patut Anda ketahui dan layak untuk dicoba sebagai alternatif lain agar tidak jenuh.

    1. Muay Thai




    Olahraga ini merupakan ilmu bela diri nasional yang berasal dari Thailand. Lekat dengan image pria, namun ternyata sekarang banyak wanita yang menggandrungi muaythai ini. Menyerupai olahraga tinju karena menggunakan sarung tangan dan juga memiliki teknik tendangan sehingga seluruh anggota tubuh ikut bergerak, maka pembakaran kalori pun dapat dicapai secara maksimal. Selain itu, muaythai menjadi banyak pilihan wanita karena terbukti mampu menurunkan berat badan secara efektif dan meningkatkan kebugaran serta fleksibilitas tubuh. Pembakaran yang terjadi selama satu jam berolahraga mencapai 1200 kalori. Pelatih muay thai menyarakan untuk melakukan olahraga ini minimal tiga kali dalam seminggu dan juga Anda harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh sebelum dan sesudah berolahraga.

    2. Antigravity Yoga

    Yoga yang selalu identik dengan matras tampaknya perlu Anda tinggalkan. Yoga jenis lain ini berasal dari Amerika dan menggunakan hammock yang berarti tempat tidur gantung. Hammock digantung di langit-langit ruangan dan aman karena mampu menanggung beban hingga satu ton. Antigravity yoga merupakan penggabungan dari yoga, pilates, senam, dan akrobatik sehingga Anda akan merasakan posisi-posisi yang terlihat 'agak' berbahaya seperti posisi terbalik, yaitu kepala berada di bawah dan kaki di atas. Semua gerakan pada antigravity yoga bagus untuk menguatkan otot perut dan melancarkan peredaran darah. Lebih lanjut lagi, bagi Anda yang memiliki masalah tulang belakang dan sakit punggung, dianjurkan untuk melakukan olahraga ini karena bisa memperbaiki struktur tulang Anda.


    3. Bikram Yoga

    Lebih dikenal dengan sebutan hot yoga, olahraga yang dilakukan di dalam ruangan panas dengan suhu 37-42 derajat ini bisa dijadikan sebagai meditasi dan menenangkan pikiran. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa harus dilakukan di dalam ruangan yang panas, jawabannya adalah karena di dalam ruangan yang panas, otot-otot menjadi lebih lentur sehingga memudahkan Anda untuk melakukan semua gerakan-gerakan yoga. Keringat yang dikeluarkan akan semakin banyak karena suhu dalam ruangan yang panas sehingga memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh. Keunggulan lain dari bikram yoga ini adalah membantu membuat tidur lebih lelap, memperbaiki kualitas kulit, dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

    (Teks: Mira Moeis, Foto: Dok. Bazaar)










- RELATED ARTICLE -