• Tips Mudah Menata Rambut di Rumah dari Audid Rasidi

    Beauty / Tips


    Tips Mudah Menata Rambut di Rumah dari Audid Rasidi

    Intip tips mudah menciptakan tatanan rambut idaman dengan menggunakan alat catok sendiri di rumah.


    Di masa pandemi sekarang ini, membatasi aktivitas di luar rumah tetap menjadi pilihan utama. Maka dari itu, masih banyak acara-acara atau meeting yang dilakukan via daring. Untuk tetap tampil memesona saat menghadiri perhelatan tertentu, Anda perlu menguasai cara menata rambut yang benar. Karena riasan wajah tidak cukup bukan?

    Beberapa saat lalu, Bazaar mengadakan kelas daring Bersama salah satu penata rambut ternama di Surabaya, Audid Rasidi, yang membagikan beberapa tips menata rambut mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Sesi bertajuk MRA Live - Bazaar Virtual Class sendiri merupakan salah satu bagian dari MRA Academy yang sedang gencar mengadakan kelas daring untuk mengisi waktu Anda di rumah.

    Audid sendiri merupakan pemilik salon Shinjuku Hair Make yang memiliki beberapa cabang di kota Surabaya. Gaya khasnya adalah membuat tampilan rambut khas Asia lewat permainan cutting, tekstur, dan juga pemilihan warna rambut. Ia juga mengklaim mampu mengubah tampilan wajah, hanya dengan guntingan rambut yang tepat.




    Untuk workshop yang didukung oleh Matrix Professional kali ini, Audid sengaja bekerja sama dengan Lasika Productions agar para peserta daring dapat melihat demo penataan dengan jelas. Tentu dilelangkapi dengan protokol keamanan dan kebersihan yang sesuai peraturan pemerintah, acara ini berjalan dengan sukses. 

    Berikut kiat yang dibagi ke dalam beberapa bagian sesuai dengan panjang rambut Anda.

    Rambut Panjang

    Pada sesi perdana, Audid mengajak seorang model sekaligus influencer Surabaya yakni Fabienne Nicole yang memang sudah menjadi pelanggan setia Audid. Fabienne yang memiliki rambut super panjang dengan helaian rambut, nyatanya bisa tampil maksimal lewat penataan catok sederhana berikut ini.

    1. Tak perlu menggunakan banyak produk penataan, namun Anda sebaiknya fokus pada produk yang melindungi rambut dari panas.

    2. Belah rambut menjadi enam bagian, dua di samping kanan dan kiri, empat di belakang.


    3. Gulung rambut menggunakan alat catok yang sudah panas. Mulai dari ujung rambut dekat kulit kepala, lalu ditekan-tekan secara perlahan hingga ujung bawahnya.

    4. Usahakan untuk berfokus ke bagian akar paling tidak selama sepuluh detik.

    5. Untuk bagian rambut sebelah kiri, lakukan putaran ke arah kiri. Begitu pula dengan rambut bagian kanan, selalu lakukan putaran ke arah kanan.


    6. Demi menciptakan ilusi rambut mengembang, bentuk segitiga di bagian tengah kepala untuk dicatok menggunakan crimper. Lakukan ini hanya selama dua detik.

    7. Hindari langsung menyisir rambut Anda. Diamkan beberapa saat hingga seluruh bagiannya dingin, lalu sisir perlahan menggunakan jari tangan. Perhatikan derajat penyisiran rambut, usahakan untuk tidak terlalu ke bawah.



    Rambut Sedang

    Untuk model rambut sedang kali ini, Audid mengajak Michelle Halim yang juga seorang influencer di Surabaya. Michelle sendiri sangat menyukai tampilan rambut messy beach waves, dengan ikal acak yang terkesan effortless. Lalu bagaimana cara Audid membuatnya?

    1. Tak perlu menggunakan banyak produk penataan, namun Anda sebaiknya fokus pada produk yang melindungi rambut dari panas. Matrix Professional mempunyai spray pelindung bertajuk Mega Sleek Iron Smoother yang mampu membuat penataan maksimal, sembari melindungi helaian rambut.


    2. Belah rambut menjadi enam bagian, dua di samping kanan dan kiri, empat di belakang. Jika memiliki poni, pisahkan bagian poni tersebut.

    3. Gulung rambut menggunakan alat catok yang sudah panas. Mulai dari ujung rambut dekat kulit kepala, lalu ke arah ujung bawah. Usahakan untuk tidak menggulungnya terlalu lama.


    4. Untuk bagian rambut sebelah kiri, lakukan putaran ke arah kanan, lalu kembalikan ke kiri. Begitu pula sebaliknya.

    5. Hindari langsung menyisir rambut Anda. Diamkan beberapa saat hingga seluruh bagiannya dingin, lalu sisir perlahan menggunakan jari tangan. Perhatikan derajat penyisiran rambut, usahakan untuk tidak terlalu ke bawah.


    Potongan Poni


    Selain menata rambut, di sesi ini Audid juga memberikan tips memotong poni untuk menciptakan ilusi wajah yang lebih tirus. Simak tipsnya berikut ini:

    1. Sisir rambut ke bagian depan, berikan sedikit air, lalu keringkan menggunakan hair dryer. Posisikan pengering rambut di bagian atas kepala, lalu putar searah jarum jam hingga belahan rambut hilang.


    2. Berikutnya, Anda akan menemukan titik poni, yaitu sekitar tiga sentimeter ke arah dalam dari garis rambut. Dari batas tersebut, tarik rambut ke bagian bawah menggunakan ujung sisir.

    3. Pisah-pisahkan bagian tersebut sesuai jarum jam, hingga bagian kanan kiri dahi Anda.

    4. Ambil bagian poni yang sudah dibagi sesuai jarum jam (mulai dari bagian jam 6), lalu potong hingga sejajar dengan sudut mata bagian dalam. Ulangi langkah ini hingga potongan rambut benar-benar sejajar dengan sudut mata. Lakukan perlahan dan jangan terburu-buru.

    5. Lakukan finishing dengan teknik trim di bagian ujung bawah rambut Anda agar hasilnya lebih alami.



    Pada sesi terakhir, Audid juga sempat memberi trik kilat menata rambut pria. Mungkin beberapa dari Anda masih ragu untuk mencukur rambut di barbershop atau salon, alhasil rambut menjadi cukup panjang. Audid punya cara cepat menata rambut pria yakni, hanya dengan mencatok bagian ujung-ujungnya ke atas, kemudian tata menggunakan wax atau gel andalan.



    Tak terasa acara ini berjalan mendekati dua jam lebih, dan Audid pun menampilkan kembali keempat modelnya.



    Beberapa tips mengenai penataan rambut dari Audid Rasidi memiliki banyak manfaat bagi peserta kelas tersebut. Audid juga sempat menyebut tiga produk andalan Matrix Professional yang kerap ia pakai, di antaranya Matrix Mega Sleek Iron Smoother, Matrix Opti.Long Nourish Protect, dan Matrix Opti.Care Smooth Straight.


    Berikut fungsi ketiga produk tersebut:

    1. Matrix Mega Sleek Iron Smoother


    Produk ini akan melindungi helaian rambut dari panasnya alat styling rambut. Selain itu formulanya juga mampu menangkal rambut frizz dan menjadikan lebih lembut dan mudah ditata. Cara pakainya, cukup semprot menuju batang rambut hingga ujungnya, sesaat sebelum penatan.


    2. Matrix Opti.Long Nourish Protect

    Tekstunya berbentuk leave in cream, dengan kemampuan menutrisi, dan melindungi rambut panjang, sehingga helainnya tidak mudah patah dan bercabang. Aplikasikan pada rambut lembap setelah keramas, untuk penyerapan maksimal.


    3. Matrix Opti.Care Smooth Straight


    Produk perawatan rambut yang bisa digunakan setelah proses pelurusan, maupun perlindungan saat proses pelurusan. Gunakan secara merata pada rambut, sampai menuju kulit kepala, guna membantu menjaga, merawat serta memberi kelembapan. Hasilnya rambut tampak lebih sehat, lembut serta berkilau.

    Kini, para peserta bisa menciptakan tatanan rambut indah di rumah. Para peserta yang mengikuti kelas ini juga mendapatkan voucher perawatan rambut dari Matrix yang bisa digunakan di salon-salon partner Matrix. Servis yang ditawarkan yakni Cool Therapy+++, sebuah perawatan intensif untuk rambut dan kulit kepala dari Biolage Indonesia. Servis ini menggunakan rangkaian produk Biolage Scalppure yang mengandung bahan alami yaitu mint dan bergamot.

    Treatment ini sangat digemari sebab dapat membantu mengatasi tiga masalah kulit kepala seperti ketombe, rambut rontok, dan bebas lepek. Servis ini menjadi solusi perawatan profesional pertama untuk wanita berhijab di Indonesia.

    Sampai bertemu lagi di kelas virtual lainnya, bagi Anda yang ingin mengisi waktu luang sembari di rumah saja, lihat akun Instagram @mra.academy untuk mengetahui informasi lebih banyak mengenai kelas daring lainnya.

    (Foto: Dok. Bazaar)









- RELATED ARTICLE -