• Protokol Kesehatan Ketat Diterapkan di Toko dan Mall Ini

    Culture / News


    Protokol Kesehatan Ketat Diterapkan di Toko dan Mall Ini

    Lihat langkah-langkah yang diambil oleh industri ritel untuk menyongsong era kebiasaan baru.


    Memasuki transisi menuju normal yang telah diberlakukan oleh pemerintah, banyak dari perusahaan ritel dan pusat perbelanjaan yang telah membuka kembali pintu-pintu toko dan mall mereka. Dengan protokol kesehatan baru yang telah ditetapkan di masa PSBB transisi ini ada kebijakan-kebijakan baru yang patut Anda perhatikan.

    Di bawah ini adalah beberapa prosedur baru yang harus Anda simak ketika kembali berbelanja di toko-toko dan mall ini:





    1. Sogo

    Menjadi salah satu pionir department store di Indonesia, Sogo tentu selalu menanggapi secara serius aturan yang harus diterapkan menyongsong era new normal ini. Menyediakan pengalaman berbelanja terbaik bagi setiap pelanggannya adalah hal yang sangat diperhatikan oleh Sogo. Untuk itu, dederet aturan baru selama masa pandemi ini telah diterapkan di seluruh gerai toko Sogo antara lain:

    - Sebelum jam operasional toko dimulai, Sogo selalu mengambil waktu untuk benar-benar membersihkan dan mendesinfeksi area toko, yang dalam hal ini termasuk area lantai, railing, eskalator dan toilet pelanggan.

    - Tidak hanya pelanggan saja yang wajib menggunakan desinfektan dan masker sebelum memasuki area department store, para pegawai Sogo juga diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh mereka dengan mengikuti langkah-langkah keamanan saat ini, yang termasuk pemeriksaan suhu harian dan menerapkan pembatasan sosial.

    - Saat tahap pembayaran, Sogo mendorong pelanggan untuk menggunakan metode pembayaran cashless dan contactless sebagai metode pembayaran yang paling aman untuk saat-saat seperti ini


    2. Plaza Indonesia

    Merupakan salah satu mall paling bergengsi dan paling banyak dituju di Jakarta, Plaza Indonesia tentu telah menyiapkan berbagai persiapan dan aturan baru yang diterapkan untuk kembali menyambut Anda para pelanggan setianya. Di bawah ini adalah beberapa ritual baru yang telah dipersiapkan oleh pihak Plaza Indonesia guna memberikan pengalaman berbelanja yang aman bagi Anda:

    - Ketika Anda memasuki area parkir di Plaza Indonesia, pihak pengelola parkir memperkenalkan sistem tiket parkir tanpa sentuhan untuk membantu Anda tetap aman. Dengan metode touchless, memungkinkan Anda tidak menyentuh tombol saat Anda mengambil karcis parkir Anda.


    - Lalu saat Anda memasuki area pertokoan, Plaza Indonesia juga telah menyiapkan dispenser desinfektan bebas sentuhan.


    - Penanda tempat Anda harus berdiri pada eskalator juga telah tersedia untuk memastikan Anda tetap aman dan menjaga jarak secara fisik.


    Baik Anda memutuskan untuk dine in ataupun take away untuk menyantap makanan favorit Anda, Plaza Indonesia selalu mendorong Anda untuk tetap selalu dalam keadaan aman di semua gerai F&B dengan mengikuti protokol kesehatan berupa tanda dan spidol yang ditunjukkan untuk menjaga jarak.


    3. Louis Vuitton

    Sebagai salah satu toko ritel mewah yang ada di Indonesia, Louis Vuitton tentu juga sangat memperhatikan keamanan dan kesehatan para pelanggannya. Beberapa aturan baru dalam era new normal pun juga diterapkan guna memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Beberapa aturan baru yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran coronavirus ini antara lain:

    - Melihat kondisi kapasitas pelanggan yang dapat dilayani, pelanggan diimbau untuk melakukan appointment terlebih dahulu sebelum mengunjungi gerai Louis Vuitton. 


    - Setelah tiba di gerai Louis Vuitton, tepatnya sebelum memasuki toko, pelanggan harus melakukan pengecekan suhu tubuh dan registrasi melalui QR code terlebih dahulu. 

    - Kemudian para pelanggan juga diwajibkan menggunakan hand sanitizer dan atau dianjurkan juga menggunakan hand gloves jika dirasa perlu. 

    Selain itu, di setiap gerai Louis Vuitton yang telah beroperasi di Indonesia, terdapat juga stiker yang dapat Anda temukan di setiap sudut gerai. Stiker ini sendiri berguna sebagai penunjuk untuk menerapkan aturan pembatasan sosial.


    4. MAP Fashion Grup


    Sebagai pionir offline retailer di Indonesia, kenyamanan dan keamanan para pelanggannya adalah faktor penting yang menjadi perhatian utama MAP Grup. Oleh sebab itu, ketika pemerintah kembali membuka ruang-ruang publik di masa transisi menuju masa normal baru, MAP Grup juga tak ketinggalan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat di seluruh butik offline MAP yang telah kembali mulai beroperasi.

    Mulai dari pengecekan suhu tubuh karyawan dan konsumen, pembatasan jumlah pengunjung di setiap gerai, hingga mengutamakan metode pembayaran contactless merupakan beberapa cara yang diterapkan oleh MAP Grup dalam rangka memprioritaskan kesehatan pelanggannya.


    Tidak hanya kembali siap melayani kebutuhan Anda secara offline, MAP juga menawarkan pengalaman berbelanja dari keamanan rumah Anda lewat situs www.mapemall.com. Dengan memperkenalkan layanan Fashion From Home, Anda dapat dengan leluasa memilih barang-barang yang Anda inginkan dari brand-brand yang berada di bawah naungan MAP Fashion. 


    Berikut adalah beberapa aturan baru yang diterapkan di mall dan toko-toko yang kembali beroperasi setelah penutupan sementara tempat-tempat umum guna menekan kurva penyebaran virus Covid-19. Kiranya kita semua dapat mengikuti setiap aturan yang telah ditetapkan agar kita selalu dapat menjaga kesehatan dan keamanan diri.




    (Foto: Courtesy of Instagram @plazaindonesia, @sogo_ind, @mapfashion)










- RELATED ARTICLE -