• 10 Superfood yang Mudah Ditemukan Serta Menyehatkan Kulit

    Beauty / Tips


    10 Superfood yang Mudah Ditemukan Serta Menyehatkan Kulit
    (Foto Courtesy of Grygorii Shvets©123RF.com)

    Superfood adalah makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan kulit.


    Tahukah Anda, apa yang Anda makan dapat berdampak langsung pada penampilan kulit? Mengonsumsi makanan olahan, makanan tinggi gula dan lemak serta makanan tanpa kandungan serat dapat menyebabkan kulit kusam bersamaan dengan munculnya masalah kulit lainnya seperti kulit kering, jerawat, penuaan dini, dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu, sangat penting memilih makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Berikut ini Bazaar telah merangkum 10 superfoods untuk menjaga kesehatan kulit.  




    1. Ikan Berlemak (Fatty Fish)

    Diambil dari Healthline, menurut artikel yang berjudul Omega-3 Fatty Acids and Skin, Ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel, adalah jenis ikan yang sangat baik untuk membuat kulit tetap sehat. Hal ini karena jenis ikan tersebut diperkaya dengan asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

    Apa hubungannya asam lemak omega-3 dengan kesehatan kulit? Masih diambil dari artikel yang sama, asam lemak omega-3 diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal dan lembap. Faktanya, kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan kulit kering. Selain itu, asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

    Tak hanya mengandung asam lemak omega-3, fatty fish juga merupakan sumber vitamin E, yakni salah satu antioksidan penting bagi kulit Anda. Berdasarkan jurnal yang ditulis oleh Julie A. Evans dan Elizabeth J. Johnson, mendapatkan cukup vitamin E sangat penting untuk membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan. Bahkan, jenis makanan laut ini juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan dan integritas kulit Anda.

    Terakhir, ikan juga mengandung zinc, yakni mineral penting yang dapat membantu mengurangi peradangan, menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, dan merangsang produksi sel baru. Kekurangan zinc dapat memperlambat proses penyembuhan peradangan kulit, lesi, dan luka lainnya.

    2. Buah Alpukat

    Sebagaimana diketahui, buah alpukat merupakan salah satu superfood yang diperkaya dengan lemak sehat. Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan pada National Library of Medicine, lemak sehat yang terkandung di dalam alpukat bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh Anda, termasuk kesehatan kulit Anda.

    Menurut sebuah studi di Jepang yang melibatkan lebih dari 700 wanita menemukan bahwa, asupan tinggi lemak total, khususnya jenis lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat, dikaitkan dengan kulit yang lebih kenyal. Selain mengandung lemak sehat, alpukat juga mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari penyebab munculnya keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Tak berhenti sampai disitu saja, alpukat juga mengandung vitamin E, yakni salah satu antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif.

    3. Brokoli

    Menurut U.S. Department of Agriculture, brokoli adalah makanan yang dipenuhi dengan banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A, dan vitamin C. Brokoli mengandung lutein dan karotenoid yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif, salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan. Ditambah lagi, brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut dengan sulforaphane.

    Dikutip dari jurnal yang berjudul What Do We Know About Sulforaphane Protection Against Photoaging?, sulforaphane merupakan agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Senyawa ini bekerja dengan dua cara yakni dengan menetralkan radikal bebas berbahaya dan menyalakan sistem perlindungan lain di tubuh Anda. Bahkan, bukti lainnya menunjukkan bahwa sulforaphane juga dapat membantu mempertahankan kadar kolagen pada kulit Anda.

    4. Green Tea

    Green tea atau teh hijau dipercaya mampu membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan dan penuaan. Ini berkat kandungan senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau yang disebut katekin. Senyawa kuat ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda.

    Menurut jurnal yang dipublikasikan pada tahun 2001 dan 2003, selain katekin, green tea juga mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

    Sebuah studi pada tahun 2011 yang melibatkan 60 wanita menemukan bahwa, minum teh hijau setiap hari selama 12 minggu dapat mengurangi kemerahan akibat paparan sinar matahari hingga 25%. Bahkan, teh hijau juga dapat meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit peserta penelitian.


    Namun perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari green tea, hindari minum teh hijau dicampur dengan susu, karena bukti menunjukan bahwa susu dapat mengurangi efek antioksidan dari teh hijau.

    5. Tomat

    Tak kalah dengan superfood sebelumya, tomat juga merupakan salah satu makanan super yang dipercaya baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena, menurut Wilhelm Stahl dalam penelitiannya diketahui bahwa tomat merupakan sumber vitamin C dan mengandung semua karotenoid utama, termasuk likopen. Beta karoten, lutein, dan likopen telah terbukti melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, serta dapat membantu mencegah kerutan.

    6. Ubi Jalar

    Berdasarkan informasi yang diambil dari U.S. Department of Agriculture, ubi jalar mengandung beta karoten yang berfungsi sebagai provitamin A, artinya dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh Anda. Beta karoten terbukti mampu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, membantu mencegah sunburn, dan kulit kering.

    7. Pomegranate (Buah Delima)

    Dikutip dari Healthline, buah delima mengandung antioksidan kuat dan vitamin C, yang efektif mengurangi kerusakan sel di dalam tubuh Anda. Selain itu, menurut studi yang diterbitkan pada tahun 2018, buah delima juga mengandung senyawa lainnya, termasuk tanin, ellagitannin, dan anthocyanin. Semua kandungan tersebut bekerja sama untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan membantu mengurangi timbulnya bintik-bintik penuaan dan kerutan.

    8. Kiwi

    Kiwi adalah salah satu buah yang tergolong ke dalam superfood. Buah ini diperkaya dengan banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit. Menurut penelitian yang dilakukan para peneliti di Universitas Leicester dan Institute for Molecular and Cellular Biology menemukan bahwa, kiwi mengandung antioksidan, termasuk vitamin C dan vitamin E, yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas penyebab berbagai masalah kulit, termasuk munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput.

    9. Buah Beri

    Buah beri, termasuk raspberry, blueberry, dan stroberi merupakan buah yang baik untuk kesehatan kulit. Hal ini karena, menurut para peneliti di Universitas Hallym di Republik Korea menunjukan bahwa, buah beri mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, buah beri juga dapat membantu mengurangi kemerahan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, serta dapat merangsang produksi kolagen yang menjaga kulit Anda tetap halus dan kenyal.

    10. Walnut

    Walnut atau kacang kenari memiliki banyak karakteristik yang menjadikannya makanan yang sangat baik untuk kulit yang sehat. Walnut adalah sumber asam lemak esensial yang baik, yakni lemak yang tidak bisa dibuat oleh tubuh Anda sendiri. Faktanya, kacang kenari memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya. Menurut studi yang diterbitkan pada tahun 2012, asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh Anda, termasuk pada kulit Anda.

    Di samping itu, kacang kenari juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan kulit agar berfungsi dengan baik dan tetap sehat, yakni zinc yang berfungsi dengan baik sebagai penghalang, dan juga diperlukan untuk penyembuhan luka, memerangi bakteri dan peradangan. Ditambah lagi, kacang kenari juga mengandung sejumlah kecil antioksidan vitamin E, yang diketahui dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan.


    (Foto Courtesy of Grygorii Shvets©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -