• Cara Memilih Concealer yang Tepat Saat Belanja Makeup Online

    Beauty / Tips


    Cara Memilih Concealer yang Tepat Saat Belanja Makeup Online

    Saran dari para ahli yang dapat membantu Anda memilih warna yang sesuai secara virtual.


    Bahkan sebelum penetapan karantina mandiri yang merupakan dampak dari virus korona, berbelanja produk-produk kecantikan secara online telah menjadi hal yang lebih umum daripada sebelumnya, tetapi ketika hal tersebut menyangkut produk-produk kulit - terutama concealer dan foundation - mungkin sulit bagi Anda untuk memilih formula dan warna yang tepat hanya dengan melalui layar.

    Untuk dapat membantu Anda dalam mencari warna yang tepat, Bazaar berbicara kepada para ahli untuk menemukan cara terbaik agar bisa berbelanja concealer baru secara virtual, sehingga Anda dapat mencerahkan, menghaluskan, serta menghilangkan ketidaksempurnaan noda pada wajah dengan rasa percaya diri.





    Kenali kulit Anda

    Seperti halnya ketika Anda memilih pelembab, penting untuk memahami jenis kulit Anda sebelum berinvestasi dalam concealer, karena hasil akhir baik tergantung pada warna kulit Anda.

    "Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, hindari concealer dalam formula creamy atau stick karena tekstur ini cenderung menyumbat dan memperbesar penampilan pori-pori," jelas ahli kulit dan pendiri Paula's Choice, Paula Begoun. Alih-alih, carilah formula dengan kandungan bebas minyak, tahan lama, atau matte, seperti Fenty Pro Filt’s Instant Retouch Concealer atau L'Oréal Paris Inf Infallible More Than Concealer.

    Di sisi lain, "jika Anda memiliki jenis kulit kering, hindari kandungan matte karena ini dapat membuat tampilan kulit menjadi semakin kering," lanjut Paula. Pilihlah formula dengan hasil akhir yang sedikit bersinar, dikemas dengan bahan-bahan pelembab, adalah pilihan yang lebih baik, jadi cobalah NYX Born To Glow Concealer atau Estée Lauder Double Wear Radiant Concealer.

    Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan pemakaian foundation yang Anda sukai dan mencocokkan tekstur concealer dengannya. “Seringkali pelanggan berbelanja secara online dan membeli full coverage matte foundation serta concealer. Kemudian, ketika mereka menerima produk yang telah dibeli, mereka tidak menyukai teksturnya yang 'berat' itu,” kata manajer pendidikan untuk NYX, Katie Hodge. Jika Anda juga melakukan hal tersebut, fokuskan kembali pencarian Anda dan cari formula yang lebih ringan, karena "full coverage" bukan satu-satunya cara untuk menyembunyikan noda.


    Ketahui masalah kulit Anda

    Anda mungkin akan menggunakan concealer untuk sejumlah alasan yang berbeda, jadi banyak produk dapat digunakan secara bergantian, beberapa formula bekerja lebih baik untuk masalah tertentu, misalnya jerawat, kemerahan, dan area gelap di bawah mata.


    Concealer cair untuk kulit breakout

    "Liquid concealer lebih banyak dipakai untuk menutupi jerawat, karena paling tidak mungkin menyebabkan efek cakey dan berisiko minimal untuk menyumbat pori-pori, daripada concealer bertekstur krim," kata Paula. "Ini juga dapat dikenakan untuk area yang kusut karena teksturnya yang tipis."

    "Anda juga harus menghindari produk dari label apa pun yang menggunakan kandungan minyak mineral (kadang-kadang dikenakan untuk hidrasi)," kata artis rias global untuk Fenty Beauty, Hector Espinal, karena ini dapat "menyumbat pori-pori dan membuat jerawat yang Anda ingin sembunyikan menjadi lebih buruk". Coba Pat McGrath Skin Fetish Concealer atau Charlotte Tilbury Magic Away Concealer.


    Tekstur krim untuk kulit kemerahan

    Sebuah concealer krim medium-to-full coverage, sering tersedia dalam wadah pot, cenderung dapat menyembunyikan warna dengan sangat baik, terutama ketika diterapkan dengan menggunakan brush atau spons.

    “Saya suka menggunakan Nars Soft Matte Complete concealer untuk bercak-bercak gelap, noda, atau kemerahan pada kulit, teksturnya menjadi lebih beledu, sangat bagus untuk dipakai pada area yang berminyak,” kata makeup artist senior untuk Nars, Rachel Hardie.


    Formula mencerahkan untuk kantong mata

    "Sebuah concealer cair dengan hasil kilau bercahaya sangat bagus untuk mata Anda, karena dapat menutupi dan memberikan sedikit cahaya yang lembut, tetapi seharusnya tidak akan menjadi terlalu kilau," kata Paula. Cobalah IT Cosmetics Bye Bye Under Eye atau Uoma Beauty Stay Woke Brightening Concealer.


    Temukan rona yang tepat untuk Anda...



    Setelah mengetahui hasil yang Anda inginkan dari penggunaan concealer, sekarang saatnya untuk mengatasi bagian tersulit dari pencarian Anda yaitu mendapatkan rona yang tepat. Konsensus umum di antara para ahli adalah Anda ingin mempunyai concealer dengan rona yang benar-benar cocok dengan kulit Anda, dengan maksimum satu atau dua warna lebih terang untuk mata Anda, jika ingin mencerahkan.



    ...Melalui Teknologi

    Pencocokan warna yang dipersonalisasi terlebih dahulu merupakan sesuatu yang hanya mungkin dilakukan di dalam toko, namun kini penggunaan teknologi virtual terus meningkat dan hanya semakin digunakan karena adanya kebijakan karantina.


    Try-on tools

    Ketika mencoba penyesuaian rona secara virtual, ada tiga pendekatan utama yang bisa dicoba. Yang pertama adalah alat percobaan, yang memungkinkan Anda untuk 'melihat' produk di kulit Anda menggunakan fitur foto ataupun video langsung. Ini adalah pendekatan yang juga dilakukan oleh label NYX, menggunakan teknologi untuk semua produk foundation dan concealer, sementara Anda juga dapat menggunakan fitur 'Foundation Finder' dari Maybelline sebagai panduan yang baik untuk memilih concealer dari label tersebut.

    Fitur uji coba virtual MAC, saat ini untuk varian eyeshadow dan warna bibir, juga akan segera berkembang untuk concealer dan foundation, sementara itu Anda juga dapat berbincang langsung dengan MUA dari MAC di situs web-nya untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

    Opsi lainnya adalah dengan menggunakan layanan berbasis kuis, seperti yang ditawarkan oleh Estée Lauder, Nars, Fenty Beauty dan Urban Decay, di mana Anda menggunakan citra model dan berbagai pertanyaan untuk memandu Anda ke tempat yang tepat.


    Comparison sites

    Opsi terakhir yang tersedia adalah layanan perbandingan, yang paling terkenal di antaranya adalah Findation, yang menggunakan data konsumen dari jutaan pelanggan make-up untuk melintasi referensi dasar dan warna concealer, sehingga Anda dapat menemukan formula lain di tempat yang tepat untuk Anda. Cukup masukkan varian concealer yang saat ini Anda kenakan, lalu Anda akan ditawari sejumlah produk yang serupa dari berbagai label - meskipun jika Anda khawatir saat ini telah mengenakan warna yang salah, ada baiknya menggunakan kombinasi layanan lain untuk memeriksanya.


    ...Melalui undertone kulit Anda

    Jika formula yang Anda sukai tidak termasuk dalam teknologi "mencoba", ini saatnya untuk mencoba trik make-up artist kuno yang berfokus pada rona kulit Anda.

    “Kesalahan terbesar yang saya temukan dari keputusan berbagai orang, adalah berusaha menemukan rona serupa tanpa mengidentifikasi warna kulit mereka,” jelas Hector. “Undertones adalah kunci untuk memastikan Anda menemukan rona yang sesuai, karena jika warna itu salah, maka pangkalan tangan Anda bisa terlihat terlalu oranye ataupun abu-abu".


    Cara mengetahui undertone kulit Anda

    Untuk menemukan warna kulit Anda, gunakan trik yang Hector pelajari ketika ia bekerja di Sephora. Cukup raih lengan Anda secara lurus dengan tangan yang berlawanan, tekan dengan kuat tepat di atas pergelangan tangan Anda dengan jari telunjuk.

    Kemudian, ketika Anda melepaskannya, periksa warna pertama yang dihasilkan - biasanya pink, merah atau biru (rona dingin) atau kuning, peach atau emas (rona hangat). Ini akan menunjukkan kepada Anda rona dasar kulit, yang dapat digunakan sebagai panduan saat mencocokkan berbagai produk make-up.

    Misalnya: "Rona kuning bagus untuk menghilangkan kemerahan, sedangkan rona peach bagus untuk mencerahkan area mata bawah pada warna kulit terang ke sedang," kata Rachel. "Jika Anda memiliki warna kulit yang lebih dalam, untuk mencerahkan bagian yang gelap, gunakan concealer berwarna oranye / merah."

    "Banyak orang membuat kesalahan dengan memilih warna yang lebih terang untuk concealer mereka, berpikir hal itu akan menutupi lingkaran di bawah mata mereka," ucap MUA global untuk L'Oreal Paris, Val Garland. Inilah yang menyebabkan adanya bentuk lingkaran yang lebih cerah di sekitar mata, terutama akan sangat terlihat pada kamera. "Untuk menetralkan lingkaran hitam, Anda harus memilih warna yang lebih cerah daripada warna kulit Anda."


    Periksa berbagai ulasan

    Hal terakhir yang dapat Anda lakukan, adalah memeriksa berbagai ulasan untuk melihat apa yang dikatakan pelanggan lain mengenai detail penting dari produk tersebut, seperti ‘apakah rona ini sesuai dengan citra Anda?’ Dan 'apakah hasil akhirnya sesuai dengan yang tertera di informasi produk?'. Pastikan untuk mencari beberapa referensi ulasan di situs web yang berbeda jika Anda bisa menghindari pengaruh dari pendapat yang benar-benar positif atau sangat negatif.




    (Penulis: Becki Murray; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Elizabeth Michelle; Foto: Courtesy of Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -