• Apa Itu Bullet Journal? Berikut Panduan Mudah Untuk Pemula

    People / News


    Apa Itu Bullet Journal? Berikut Panduan Mudah Untuk Pemula

    Bullet Journal tersedia di mana-mana, tetapi apa sajakah itu, dan bagaimana cara memulainya agar bermanfaat bagi kesehatan mental Anda?


    Saat pertama kali Anda mulai menyelidiki dunia bullet journal, mudah sekali untuk merasakan serangkaian intimidasi pada tahap awal. Selain menyembunyikan sejumlah besar simbol dan tanda yang tidak dapat diidentifikasi dalam halaman mereka, walaupun terkadang mereka terlihat sangat indah dan praktis, dan membuat mereka tampak seperti untuk pengejaran dari segi artistik saja.

    Tapi jangan khawatir: ketika bullet journal Anda merupakan tempat yang bagus untuk mengekspresikan kreativitas Anda (dan kami semua adalah makhluk kreatif yang hanya berekspresi di dalam hati), Anda tidak harus menjadi seniman yang cakap untuk memulainya. Terlebih lagi, begitu Anda memahami sistem simbol milik Anda sendiri, bullet journal dapat menjadi cara yang sangat berguna untuk menyatukan semua hal yang terjadi dalam hidup Anda, mulai dari janji temu dan berbagai acara, hingga pelacakan emosional dan penetapan tujuan. Semuanya bisa menenangkan dan bersifat katarsis.

    "Mendengar orang berbicara tentang bullet journal kadang-kadang bisa seperti mendengar seseorang berbicara dalam bahasa asing," ungkap Alison McDowall, co-director dari The Positive Planner. "Bahkan hanya mencari inspirasi saja dapat memicu perasaan kewalahan. Tapi hal itu tidak seharusnya terjadi. Sebenarnya, bullet journal bisa sebagai cara yang bagus untuk membuat hidup menjadi terorganisir, memiliki wadah yang kreatif dan untuk menjaga kesejahteraan mental pribadi."




    Berikut adalah cara untuk memulainya - dan mengapa hal ini sangat baik untuk Anda.


    Apa itu bullet journal?

    "Selain sebagai tempat yang praktis untuk mengatur dan mendokumentasikan agenda dari kehidupan Anda sehari-hari, bullet journal adalah metode yang dirancang untuk menjadi ruang inspirasional serta mendorong produktivitas, kepositifan, dan kreativitas," ungkap Alison. "Seharusnya hal tersebut tidak membuat Anda menjadi khawatir; melainkan harus menjadi tempat yang tenang dan tentram, di mana Anda dapat merangkul diri Anda sendiri, apa yang ingin Anda capai, serta melepaskan sisi kreatif dan produktif Anda. Buku tersebut adalah tempat untuk ekspresi diri: hal terbaik mengenai pembuatan jurnal atau perencana ialah bahwa tidak ada perbandingan atau kebisingan dari eksternal - itu semua mengenai diri Anda."

    Alison mengatakan bullet journal dapat digunakan untuk:

    • - Menyimpan buku harian secara teratur dan merasa terkendali
    • - Menjadi kreatif, ruang untuk mencoret-coret dan berlatih menulis
    • - Menempatkan pena di atas kertas dan menggunakannya sebagai tempat inspirasi
    • - Terhubung dengan kesejahteraan emosional
    • - Mencatat sederet kebiasaan, suasana hati, dan kemajuan diri
    • - Menetapkan niat dan sasaran
    • - Mengelompokkan sejumlah daftar dan menyimpannya di dalam satu tempat
    • - Berlatih terapi seni melalui corat-coret dan kolase
    • - Meluangkan waktu untuk pengembangan pribadi dan perencanaan perawatan diri



    Cara memulai bullet journal

    Dari apa yang Anda lihat di Pinterest, mungkin Anda akan berpikir untuk memiliki jurnal khusus agar bisa memulai, ditambah dengan koleksi ragam pena dan pensil warna yang berbeda-beda. Namun sebenarnya, yang Anda perlukan hanyalah buku catatan dan sebuah pulpen.

    Banyak orang memilih jenis notebook bertitik, yang memungkinkan diri untuk lebih bebas berkreasi sekaligus memberi struktur pada catatan.

    "Bullet journalling adalah teknik yang digunakan dalam buku catatan bertitik, biasanya berukuran A5, yang bisa membantu Anda untuk menyimpan buku harian, daftar, dan gagasan Anda dalam satu tempat," kata Alison. "Di The Positive Planner, kami percaya bahwa itu juga cara yang bagus untuk melacak suasana hati Anda dan menyimpan catatan refleksi emosional Anda juga."

    Beralih dalam hal pena, sementara banyak orang pasti akan melakukannya, ini adalah waktu Anda untuk menjadi kreatif, bahkan jika hanya dengan menetapkan penggunaan warna pena berbeda untuk tema yang juga berbeda.

    "Melalui bullet journal, Anda dapat bebas menjelajahi halaman kode warna, tabel, dan judul kaligrafi, serta Anda bisa menjadi sekreatif yang diinginkan untuk membuat rencana terperinci atau daftar tugas," kata Andrew Wilson, pemilik toko alat tulis, Executive Pens.

    Susie Pearl, penulis dari buku The Art of Creativity: 7 Powerful Habits To Unlock Your Full Potential, juga berpendapat setuju bahwa bullet journal adalah tempat yang tepat untuk mengekspresikan kreativitas Anda melalui warna.

    "Saya suka menulis bullet journal pribadi, karena dapat memiliki lebih banyak gravitas dan mampu membuat otak bekerja lebih kuat - hasil penelitian juga mendukung hal ini," katanya. "Tetap sederhana, buat dalam desain yang sangat visual, gunakan ragam warna dan kode warna, serta gambar. Jika Anda tidak pandai dalam hal seni, cobalah untuk menyalin sesuatu dari Pinterest."


    Cara mengatur bullet journal

    Sekarang Anda tahu apa saja yang dibutuhkan untuk memulai, lalu bagaimana caranya untuk mengatur bullet journal?

    "Biasanya, bullet journal terdiri dari 12 bulan yang dipecah menjadi "beberapa bagian", sehingga Anda dapat melihat jadwal bulanan secara penuh, agenda mingguan dalam tata letak dua halaman dan bahkan keseluruhan aktivitas sehari-hari yang bisa Anda temukan di halaman depan" jelas Alison.

    Berikut cara mengaturnya:

    Index

    Indeks ialah penyebaran dua halaman pertama dari jurnal Anda. Saat halaman pertama terisi, Anda perlu tahu cara menemukan informasi utama dengan cara cepat. Di sini, Anda dapat mencantumkan nomor halaman dan isi konten, sehingga semuanya mudah untuk ditemukan.


    Key

    "Yang membedakan journalling bullet adalah penggunaan aneka simbol sebagai kuncinya," ungkap Alison. "Sebuah kunci, sederhananya, hanyalah sebuah metode yang menggunakan berbagai jenis poin-poin untuk membantu Anda mencari apa yang perlu dilakukan, apa yang telah dilakukan serta apa sajakah jenis aktivitas apakah itu. Kami menyarankan untuk membuat simbol kunci yang sesuai untuk Anda. Kami juga merekomendasikan untuk menambahkan simbol kunci yang spesifik untuk kesejahteraan emosional Anda, serta membantu mendorong Anda untuk berlatih bersyukur, merencanakan perawatan diri, dan menuliskan suasana hati Anda secara umum setiap hari."

    Misalnya, Anda bisa menggunakan simbol kunci berbentuk titik sebagai catatan umum, simbol kunci berbentuk segitiga untuk tugas sehari-hari serta simbol kunci berbentuk lingkaran untuk berbagai janji temu. Setelah Anda menyelesaikan tugas dan menghadiri kegiatan janji temu, Anda dapat mewarnainya simbol kunci tersebut, atau jika Anda memutuskan untuk memindahkannya ke jadwal di minggu berikutnya, Anda dapat menggambar panah kecil di dalamnya, untuk menunjukkan Anda harus memindahkannya ke perencana minggu depan.


    Future Log

    Future log Anda akan menempati bagian di antara penyebaran dua halaman secara langsung setelah simbol kunci Anda, dan dapat untuk membuat daftar acara, janji temu, dan sebagai pengingat di tahun yang akan datang (dan seterusnya), serta tujuan, visi, dan aspirasi jangka panjang yang Anda miliki.



    Collections

    Koleksi adalah sebuah daftar hal-hal yang ingin Anda cari, ingat, atau lihat kembali. Ini bisa berupa daftar buku yang ingin Anda baca, film atau drama yang ingin Anda tonton, atau berbagai destinasi liburan yang ingin dituju.


    Monthly Planner

    Anda dapat memulai halaman ini di setiap bulan dengan jarak dua halaman, yang dapat Anda bagi menjadi perencana bulanan, seperti kalender.


    Daily Planner

    Setelah menulis setiap perencana bulanan, tetapkan tata letak dua halaman untuk setiap hari, di mana Anda dapat mencatat berbagai tugas, acara, janji temu, serta menjadi pengingat harian Anda, ditambah dengan tindakan positif yang dapat Anda beri tanda centang (seperti olahraga), serta refleksi di setiap penghujung hari. Jika Anda adalah orang yang mengalami menstruasi, Anda juga dapat memetakan siklus menstruasi pula.

    Meskipun ini merupakan sebuah panduan kasar, penting untuk meletakkan bullet journal dalam format yang sesuai dengan gaya pribadi Anda.

    "Penting untuk tidak terlalu kaku dengan formatnya, cukup pilih sesuatu yang cocok untuk Anda," kata Susie. "Tidak ada aturan yang pasti dan tepat. Anda bisa membuatnya sendiri."

    Dia juga mengatakan pentingnya untuk mempertahankan nada optimis, agar jurnal bisa membuat Anda merasa positif, proaktif, dan terinspirasi.

    "Simpan semua konten positif dan sederhana," ia mengingatkan. "Jangan menyalahkan diri sendiri tentang hal-hal tertentu."


    Manfaat bullet journal untuk kesehatan mental

    Setelah Anda mulai membuat bullet journal , Anda mungkin akan mengalami efek mental positif untuk diri sendiri. Susie mengatakan bahwa, dengan mulai mengatur pikiran, tugas, dan janji temu secara sadar - dan dengan memiliki segala jadwal dalam satu tempat - itu dapat membantu Anda merasa tenang dan menjernihkan pikiran.

    "Saya menggunakan daftar bullet untuk setiap hari - cara ini dapat membantu saya tetap teratur," katanya. "Dalam buku baru saya yang berjudul The Art of Creativity, saya menjelaskan bagaimana jurnal dapat membantu otak untuk memproses suatu peristiwa, keinginan, serta harapan, dan membawa kesadaran pada pikiran yang mungkin selama ini telah terkubur jauh di dalam hati."

    Susie mengatakan manfaat kesehatan mental utama yang didapat dari bullet journal, yaitu:

    • - Menyatakan isi pikiran
    • - Membantu Anda menghasilkan ide-ide baru
    • - Membantu untuk menjernihkan otak
    • - Pendukung, jika Anda mencoba untuk hidup dengan penuh perhatian
    • - Membantu Anda mencapai tujuan hidup yang penting
    • - Memungkinkan Anda untuk meninjau pemikiran diri secara obyektif dan untuk memonitor nada bicara-diri Anda, sehingga dapat menjadi menjadi hal yang positif dan memberi semangat

    Tips untuk menyimpan bullet journal 

    Jika Anda terlibat dengan bullet journal untuk setiap hari, hal ini akan segera menjadi kebiasaan yang memiliki dampak positif pada kehidupan Anda. Dan pikirkan cara Anda untuk menggunakannya, agar dapat meraih potensi maksimal dalam hal kesejahteraan. 

    "Tip utama kami untuk tetap positif adalah mempraktikkan rasa terima kasih ke dalam jurnal Anda," kata Alison. "Ini akan membantu Anda meningkatkan rasa kesejahteraan dan memungkinkan diri untuk merefleksikan apa yang sudah dimiliki dalam hidup ini. Penelitian menunjukkan bahwa rasa terima kasih dapat dikaitkan dengan banyak manfaat bagi mereka yang mempraktikkannya, termasuk kesehatan fisik dan psikologis yang lebih baik, peningkatan kebahagiaan, penurunan materialisme, dan lebih banyak memberikan rasa kepuasan hidup. Kami sarankan untuk menyimpan daftar dari semua hal yang Anda syukuri serta tuliskan ke dalam jurnal sebelum tidur.

    "Kami telah merancang sebuah alat yang disebut The Positive Bullet Diary, yang terdiri dari semua tata letak agenda bulanan dan harian untuk Anda. Hal ini merupakan kombinasi sempurna antara struktur dan ruang kreatif yang gratis, serta untuk membantu menghilangkan beberapa kekhawatiran awal ketika memasuki wilayah yang tidak diketahui."


    Terakhir diulas secara medis pada: 10-06-2020




    (Penulis: Claire Chamberlain; Analisa medis: Dr Roger Henderson; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Elizabeth Michelle; Foto: Courtesy of Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -