• Grammy Awards Mengubah Nama Kategori Urban Kontemporer

    Culture / News


    Grammy Awards Mengubah Nama Kategori Urban Kontemporer

    The Recording Academy memperkenalkan sejumlah perubahan untuk pergelaran tahunan tersebut.  


    - Grammy mengumumkan sejumlah perubahan pada program penghargaan tahunannya dalam upaya untuk menjadi lebih inklusif.

    - Salah satu perubahan tersebut termasuk mengganti nama kategori Best Urban Contemporary Album menjadi Best Progressive Album R&B.

    - Pemenang masa lalu dalam kategori ini termasuk Beyonce, The Weeknd, dan Lizzo.





    Hari ini, Recording Academy mengumumkan sejumlah perubahan pada penghargaan tahunannya, termasuk mengganti nama kategori seperti Urban Kontemporer agar lebih inklusif dan lebih mencerminkan "keadaan industri musik saat ini," Presiden sementara/CEO Harvey Mason Jr. mengumumkan.

    Best Urban Contemporary Album sekarang akan berubah nama menjadi Best Progressive Album R&B agar lebih akurat menggambarkan subgenre campuran, yang termasuk elemen hip-hop, rap, folk, elektronik, rock, dan banyak lagi. Kategori ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013, dengan Channel Orange dari Frank Ocean mendapatkan hadiah perdana kategori tersebut. Pemenang selanjutnya termasuk Lemonade dari Beyonce, album Rihanna yang bertajuk Unapologetic, Beauty Behind the Madness dari The Weeknd, dan album Cuz I Love You dari Lizzo tahun lalu.


    Frank Ocean menjadi pemenang pertama dari kategori Urban Contemporary Album pada tahun 2013.


    Istilah kata "urban" telah menjadi perdebatan di industri musik dalam beberapa tahun terakhir, menarik kritik karena telah ketinggalan zaman, dan menggeneralisasikan musik dari artis kulit hitam, termasuk hip-hop, rap, debu, dan R&B. "Tidak hanya urban kategori yang jelas salah, tetapi juga lahir dari stereotip rasial komunitas kulit hitam," Kehinde Andrews sebelumnya menjelaskan kepada The Guardian.

    Pengumuman itu datang hanya beberapa hari setelah Republic Records — label yang menaungi seniman seperti Ariana Grande, Drake, dan Taylor Swift — mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menggunakan kata "urban" untuk menggambarkan musisi dan genre, dan keputusan ini akan segera berlaku efektif.




    Namun, istilah "urban" tidak sepenuhnya dihapus dari kosa kata Grammys, karena Best Latin Pop Album sekarang menjadi Best Latin Pop atau Urban Album, untuk mengakui "spektrum luas dari gaya dan budaya musik pop Latin."

    Perubahan nama lain termasuk mengganti nama Best Latin Rock, Urban or Alternative Album ke Best Latin Rock or Alternative, dan mengubah nama Best Rap/Sung Performance ke Best Melodic Rap Performance. Tidak akan ada lagi "jumlah rilis maksimum yang melarang artis memasuki kategori Best New Artist" juga.

    Aturan baru ini juga mensyaratkan para anggota baru dari Komite Peninjauan Nominasi untuk mengungkapkan setiap hubungan pribadi dengan para calon nomine sebelum memutuskan pemenang penghargaan. Mereka yang memiliki hubungan dengan calon nomine akan diminta untuk tidak berpartisipasi dalam komite nominasi tahun itu.

    Perubahan ini terjadi berbulan-bulan setelah Grammy 2020 diliput dengan kontroversi, ketika CEO Deborah Dugan yang digulingkan menuduh melakukan pelanggaran seksual dalam perusahaan dan membuat tuduhan bahwa para dewan juri memiliki sejarah korupsi dan pilih kasih, membuat seniman dengan kulit berwarna diabaikan atau dirugikan.

    Aturan ini akan diberlakukan untuk Grammy Awards tahun 2021 dan periode penjurian akan dilakukan hingga 31 Agustus 2020. Acara sendiri akan berlangsung pada 31 Januari 2021.




    (Penulis: Erica Gonzales; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)



    Tags : grammy awards







- RELATED ARTICLE -