• Maruli Tampubolon Merilis Lagu Baru Bersama Andi Rianto

    Culture / News


    Maruli Tampubolon Merilis Lagu Baru Bersama Andi Rianto
    Foto: Courtesy of Jozz Felix

    Lagu yang berujudul Bahagia Tanpaku ini sudah bisa didengarkan di berbagai platform musik digital.


    Setelah sukses merilis lagu Tak Mungkin Kembali pada awal bulan Mei 2020 lalu, kini Maruli Tampubolon kembali menghadirkan single terbaru demi meramaikan ranah musik Tanah Air. Lagu hasil kolaborasi bersama Andi Rianto yang diberi judul Bahagia Tanpaku sudah bisa didengarkan di berbagai platform musik digital seperti Apple Music, Joox, Spotify, dan Deezer.

    Single ini mulai digarap kurang lebih delapan tahun yang lalu, namun ternyata penulisan liriknya memakan waktu yang relatif sebentar, hanya satu hingga dua minggu. "Ide lagu ini muncul saat Mas Andi punya lagu yang sudah berjudul, tapi belum ada lirik. Saya lalu diminta untuk menuliskan semua liriknya. Dari situlah saya mencoba mengeksplorasi lagu ini. Liriknya merupakan ungkapan sebagian kecil isi hati saya pada saat lagu ini dibuat karena pengerjannya dilakukan saat saya tidak dapat memiliki seseorang yang sangat saya cintai pada masa itu. Menurut saya, lagu sedih tak akan pernah usang oleh waktu," ungkap Maruli.

    Maruli yang mengidolakan U2 dan Coldplay menjelaskan bahwa proses penggarapan lagu Bahagia Tanpaku ini tergolong lancar. "Setelah musik dan lirik selesai dibuat, saya pun melakukan take vocal. Setelah itu, baru Mas Andi memasukkan 42 bagian yang dikerjakan Magenta Orchestra sehingga lagu ini jadi terasa lebih magis. Single ini mengambil genre pop klasik dengan treatment pembukaan oleh orkestra selama satu menit penuh, seperti scoring film. Saya rasa, bagian itu merupakan eksperimen musik kami untuk mengedepankan keindahan musik yang berkualitas tinggi. Single ini melibatkan cukup banyak orang. Selain saya dan Mas Andi, ada pula Andre Dinuth di bagian gitar nylon, seluruh anggota Magenta Orchestra, dan Tommy sebagai sound engineer," jelas Maruli.




    Selain itu, Maruli juga merasa bahwa single ini semakin istimewa karena Harvey Malaiholo turut menyumbangkan suara indahnya meski hanya sebentar. "Kebetulan Mas Harvey ada di lokasi saat saya sedang rekaman di tempat Mas Andi. Pada saat diajak menyanyikan beberapa bait, ternyata beliau mau. Jadilah suara beliau muncul di single ini meski hanya sedikit. Sungguh sebuah kehormatan bagi saya," tutur Maruli.


    Tanggal perilisan lagu ini pun dipikirkan matang-matang oleh Maruli. Ternyata merilis lagu ini di bulan Juni memiliki makna tersendiri baginya. "Saya merasa lagu ini punya sekuens yang tepat, seperti bersambung dan tak akan pernah putus dari single sebelumnya. Jadi, untuk merilisnya, saya melihat lagu yang sudah dirilis dan yang akan dirilis. Nantinya, single-single yang dikeluarkan setiap bulan selama satu tahun ke depan akan dikompilasi ke dalam satu album," kata Maruli.

    Tunggu apa lagi? Segera dengarkan magisnya lagu Bahagia Tanpaku melalui platform musik digital kesayangan Anda!










- RELATED ARTICLE -