• Mengenal Perbedaan Tas Kelly dan Tas Birkin dari Hermès

    Fashion / News


    Mengenal Perbedaan Tas Kelly dan Tas Birkin dari Hermès

    Ketahui sejarah pembuatannya yang membuat mereka berbeda.


    Apabila diamati secara sepintas, banyak orang berpendapat bahwa tas Kelly dan tas Birkin dari rumah mode Hermès terlihat serupa. Namun jika mengulik sejarah pembuatannya, kedua tas tersebut memiliki makna yang sangat berbeda. Sebagai penggemar mode, berikut histori singkat dibalik rancangan dua tas ikonik Hermès yang perlu Anda ketahui.


    The Kelly Bag

    Tahun 1930

    Tas Kelly Hermes

    Setelah satu abad berlalu, Robert Dumasm memutuskan untuk merancang tas bagi para wanita independen nan energik dalam ukuran kecil yang dilengkapi dengan tali panjang. Memiliki bentuk trapesium, tas tersebut hanya dirancang secara fungsional.





    Tahun 1937

    Tas Kelly Hermes

    Tanpa memengaruhi komposisi dasarnya, tas tersebut mengalami perubahan metode menjahit. Prosedur dasar yang masih diterapkan ialah, sebanyak 36 potongan kulit yang dirangkai secara khusus oleh pengrajin, enam ratus delapan puluh jahitan tangan, enam belas kancing kecil, gembok, gesper putar dan penutup kunci berbahan kulit atau clochette.


    Tahun 1956

    Grace Kelly mengenakan Tas Kelly Hermes

    Grace Kelly yang merupakan bintang dari Hollywood, telah tertangkap kamera sedang menyembunyikan perut hamilnya menggunakan tas Hermès. Kemudian gambar tersebut mulai tersebar di seluruh dunia, dan tas Hermès mendapat julukan baru yaitu tas "Kelly".


    Tahun 1968

    Tas Kelly Hermes

    Pada tahun ini, tepatnya di bulan Mei, Prancis sedang mengalami kekacauan. Namun tas Kelly tetap diminati oleh banyak penggemar mode.


    Sejak tahun 1987

    Tas Kelly Hermes

    Tas Kelly hadir sebagai simbol yang eksklusif. Beranjak dari tahun ini pula, berbagai pesanan spesial dan permintaan khusus mulai berdatangan.



    The Birkin Bag 

    Tahun 1984

    Sejarah tas Birkin Hermes

    Pada suatu penerbangan, aktris asal Inggris tidak sengaja berjumpa dengan Jean-Louis Dumas. Ibu muda tersebut tengah mengeluh bahwa hingga saat itu, ia masih belum bisa menemukan tas belanja yang cukup besar untuk membawa botol minum putrinya. Melihat hal tersebut, Jean merancang suatu tas serbaguna dalam ukuran yang cukup besar dan bertekstur lentur sebagai solusinya. Unggul dalam beberapa fitur, pada waktu inilah tas legenda Birkin lahir.


    Tahun 1990

    Varian Tas Birkin Hermes

    Dalam waktu sepuluh tahun, tas Birkin telah menarik perhatian dunia. Segala produk yang perlu dibawa, dapat termuat secara baik di dalam tas berukuran 40cm ini. Tak lama kemudian, tas Birkin ini mulai terkenal dengan ciri khasnya, yaitu dua pegangan yang berada di atas tas serta penutup yang berada di bagian dalamnya. Bermaksud untuk memenuhi berbagai kebutuhan pasar, tas ini mulai diproduksi dengan bahan dan ukuran yang beragam.

    Menelik kembali pada sejarah singkat dari pembuatan kedua tas tersebut, dapat diketahui bahwa tas Kelly dirancang sebagai aksesori penunjang gaya, sedangkan tas Birkin dirancang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Melihat dari segi tujuan perancangan, Anda bisa membedakan kedua tas tersebut melalui pegangan tali yang tersedia. Tas Kelly hadir dengan satu pegangan yang berada di atas tas, serta tali panjang yang dapat dilepas sebagai opsi bergaya. Sedangkan tas Birkin hanya memiliki dua pegangan di bagian atas tas saja (tidak memiliki tali panjang).

    Perbedaan lainnya yang bisa Anda temukan, ialah dari sisi penutup tas. Jika tas Kelly tidak tertutup secara benar, maka Anda akan kesulitan untuk membawa tas tersebut. Berbeda dengan tas Birkin, karena memiliki dua pegangan, Anda dapat mengenakannya dengan nyaman walau tas tersebut tidak dalam posisi tertutup.




    (Foto: Courtesy of Hermès, baghunter.com, wbcdn.worldsbest.com, blog.madisonavenuecouture.com)










- RELATED ARTICLE -