• Bentonite Clay Dapat Menjadi Solusi Untuk Kulit Jernih

    Beauty / News


    Bentonite Clay Dapat Menjadi Solusi Untuk Kulit Jernih

    Terutama jika Anda dengan tipe kulit berminyak.


    Bahkan jika Anda belum pernah mendengar tentang bentonite clay sebelumnya, kemungkinan Anda telah menggunakannya dalam rutinitas perawatan kulit Anda setidaknya sekali atau dua kali tanpa menyadarinya. Ini adalah bubuk yang berasal dari abu vulkanik, dan digunakan sebagai bahan utama dalam banyak produk pemurnian dan pembersihan jerawat, berkat kemampuannya untuk menyerap dan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, menurut dokter kulit Dr. Marnie Nussbaum, MD.


    Bentonite clay akhirnya juga mulai dikenal oleh publik karena orang-orang sering menggunakannya sebagai masker DIY atau pembersih wajah. Mereka juga membelinya dalam jumlah besar dengan harga terjangkau; Anda biasanya dapat memperoleh satu pon (atau dua) bubuk bentonit seharga di bawah £ 20 (atau sekitar 362.000 rupiah). Sudah penasaran? Teruslah membaca untuk mengetahui segala hal yang perlu Anda ketahui tentang bentonite clay dan manfaatnya, menurut para ahli.





    Bentonite clay digunakan untuk membersihkan pori-pori Anda yang tersumbat 

    Ini berarti sangat bagus untuk orang dengan tipe kulit berminyak atau rawan dengan jerawat, kata Dr. Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai.


    Ketika tanah liat bentonit bersentuhan dengan racun, ia menyerap racun itu dan kemudian melepaskan vitamin dan mineral untuk digunakan tubuh. "Sebagai hasilnya, ini merupakan bahan yang efektif untuk menghilangkan kotoran kulit seperti minyak berlebih dan pori-pori yang tersumbat," jelas Dr. Marnie. Ia juga mencatat bahwa bentonit dapat bertindak sebagai penghalang, menghalangi kulit Anda dari kemungkinan iritasi. Bonus? Ia juga mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, natrium, kalsium, dan silika untuk membantu mencerahkan lapisan luar kulit.


    Selain itu, jika Anda berurusan dengan poison ivy, poison oak, atau nappy rash, bentonit dapat mengurangi efek reaksi alergi juga. "Bentonite juga membantu formula perawatan kulit dan mengoptimalkan ketahanan air, seperti yang terkandung dalam produk tabir surya," kata Dr. Marnie.


    Bentonite Clay dapat digunakan sebagai masker ataupun pembersih

    Bubuk betonite bisa tersedia dalam jumlah yang besar, jadi Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menggunakannya. Cara penggunannya tentu sangat sederhana: cukup tambahkan H2O. "Ketika dicampur dengan air, bubuk bentonit berubah menjadi pasta tanah liat yang dapat diaplikasikan pada kulit sebagai masker atau pembersih," jelas Dr. Marnie. Jumlah air yang Anda gunakan tergantung pada seberapa tebal formula yang Anda inginkan pada kulit Anda. Lakukan eksperimen dan lihat apa yang cocok dengan Anda.


    Jika Anda memilih opsi masker wajah, Dr. Joshua merekomendasikan untuk membiarkannya setidaknya 10 menit sebelum dibilas dengan air atau lap.


    Bentonite Clay Ampuh untuk atasi jenis kulit berminyak

    Karena bentonit dapat membantu menyerap sebum berlebih, orang dengan jenis kulit berminyak dan berjerawat dapat menggunakan ramuan tersebut setiap hari, kata Dr. Marnie. Namun, jika kulit Anda adalah tipe kulit kering atau sensitif, gunakan seminimum mungkin (mungkin sekali atau dua kali per minggu).



    "Saya sarankan memulai dengan masker tanah liat bentonite sekali seminggu," kata Dr. Marnie. Anda dapat mengatur seberapa banyak bubuk yang Anda gunakan dalam formula tergantung pada seberapa baik kulit Anda mentolerir produk tersebut, kemudian gunakan sesering atau sesedikit yang Anda mau.


    Tidak ada hukum atau cara pasti dalam menggunakan bentonite, jadi Anda harus melakukan pengujian sesuai dengan jenis kulit Anda

    Masalah yang paling umum dilaporkan saat menggunakan bentonite adalah bahwa itu bisa sangat kering, jadi jangan berlebihan. Terkadang  bentonit dikombinasikan dengan asam salisilat jika Anda menggunakannya dalam bentuk produk. Kombinasi bahan-bahan ini bisa sangat menyedot kelembaban, jadi pastikan Anda membaca semua label kandungan sebelum membeli produk pilihan Anda.


    Selain kulit kering, tidak ada terlalu banyak kerugian yang mungkin akan diberikan oleh bentonite. "Namun, seperti bahan apa pun, Anda mungkin akan menderita  alergi atau iritasi," jelas Dr. Marnie. "Karena itu, lakukan tes terlebih dahulu sebelum Anda memasukkannya ke dalam rangkaian perawatan kecantikan Anda." Pada dasarnya, berhati-hatilah dengan  bentonite seperti saat Anda mencoba produk baru apa pun di wajah Anda.



    Anda dapat membeli betonite dalam jumlah besar

    Sekarang Anda tahu bahwa  bentonite memiliki berbagai macam kegunaan dan dapat mengatasi berbagai masalah perawatan kulit Anda, inilah saatnya untuk melakukan pembelian pertama Anda. Anda bisa membeli bentonite dalam jumlah besar atau membeli produk kecantikan sehari-hari yang mengandung bentonite sebagai bahan yang terkandung dalam produk anda; pilihan ada pada Anda!


    (Penulis:Madeline Howard; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)


     

     











- RELATED ARTICLE -