• Manfaat Kandungan Skincare Coconut untuk Kulit

    Beauty / Tips


    Manfaat Kandungan Skincare Coconut untuk Kulit
    (Foto Courtesy of Roman Samborsky©123RF.com)

    Kelapa telah terbukti efektif bekerja sebagai pelembap yang sangat baik untuk merawat kulit kering.


    Kelapa (coconut) tidak hanya memberi aroma harum ke dalam produk perawatan kulit, tetapi juga berperan penting untuk kesehatan kulit. Buah dari daerah tropis ini telah terbukti efektif bekerja sebagai pelembap yang sangat baik untuk merawat kulit kering dan bahkan rambut kering. Saat ini, sudah banyak produk perawatan kulit yang menyertakan buah ini ke dalam daftar ingredients produk. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat kandungan skincare coconut ini, baca artikel ini sampai habis, ya!


    Apa saja manfaat kandungan skincare coconut untuk kulit? 





    Kelapa dikenal sebagai hydrator hebat, karena memiliki sifat menghidrasi yang sangat baik. Dikutip dari The Klog, menurut Josie Holmes seorang ahli estetika mengatakan bahwa, bahan ini dapat Anda temukan dalam produk-produk perawatan kulit hingga perawatan rambut, yang berfungsi sebagai agen pelembap. Untuk memperoleh manfaat dari kelapa, biasanya buah ini akan diubah menjadi bentuk minyak (oil), yang kemudian lebih dikenal dengan minyak kelapa (coconut oil). Minyak kelapa kaya akan asam lemak, menjadikan sebagai hydrator yang sangat baik. Bahkan, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi kulit dan mikroorganisme berbahaya. 


    Tak hanya diperkaya dengan asam lemak, menurut ahli estetika Airi Williams menambahkan bahwa kelapa juga diperkaya dengan vitamin E dan A, serta antioksidan. Kandungan tersebut berperan untuk memberi kelembapan, memperlambat kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas, dan membantu produksi kolagen di dalam kulit sehingga kulit tampak lebih kencang dan sehat. 


    Holmes menambahkan, minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati masalah kulit inflamasi seperti eksim, psoriasis, dan kulit iritasi. Ini karena, minyak kelapa mengandung asam lemak yang tinggi sehingga menjadikannya agen pelembap yang hebat, yang dapat membantu penyembuhan luka dengan membantu melindungi lapisan kulit terluar, mencegah bakteri, dan menjaga kesehatan kulit. 



    Karena kelapa dikenal memiliki kemampuan untuk memberi kelembapan pada kulit, maka dokter kulit yang berbasis New York City, Dr. Hadley King menyarankan pemilik jenis kulit kering untuk mencoba produk perawatan kulit mengandung kelapa. Hal ini karena, jenis kulit kering bisa mendapat manfaat paling besar dari sifat emolien yang sangat baik dari minyak kelapa, yang dapat membantu untuk melembapkan kulit kering. Selain itu, menurut Holmes, menggunakan produk perawatan yang mengandung kelapa juga dapat membantu meningkatkan retensi air, membentuk lapisan penghalang lipid (lipid barrier), dan membantu menyehatkan kulit. 


    Pernyataan di atas serupa dengan dr. Armansjah Dara Sjahruddin SpKK, M.Kes saat diwawancara di majalah Harper's Bazaar Indonesia edisi Juni 2020, menurutnya"filler"alami bisa diraih dari penggunaan minyak kelapa, sebab mampu mengisi celah di epidermis. Kulit akan terasa kenyal dan halus layaknya efek injeksi filler menggunakan hyaluronic acid.


    Perlu diketahui, kelapa bukanlah bahan yang dapat cocok digunakan oleh semua jenis kulit. Kandungan kelapa dapat menyebabkan timbulnya jerawat untuk jenis kulit lainnya, terutama untuk jenis kulit berminyak dan rawan berjerawat. Ini karena, minyak kelapa termasuk ke dalam bahan yang bersifat comedogenic, atau dapat menyumbat pori-pori dan berkontribusi terhadap munculnya jerawat. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kulit berminyak dan rawan berjerawat, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan produk perawatan yang mengandung kelapa. 


    (Foto Courtesy of Roman Samborsky©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -