• Sudah Tahu? Ini 5 Makanan Penurun Berat Badan

    Beauty / Tips


    Sudah Tahu? Ini 5 Makanan Penurun Berat Badan
    (Foto Courtesy of Roman Iegoshyn©123RF.com)

    Ini lima makanan penurun berat badan yang dianjurkan untuk dikonsumsi jika Anda sedang menjalani program diet sehat.


    Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi keinginan hampir semua orang, baik pria maupun wanita. Menurunkan berat badan tentu bukanlah hal yang mudah, butuh ketekunan dan usaha yang kuat dibarengi dengan olahraga rutin dan makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan asupan nutrisinya. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini lima makanan penurun berat badan yang dianjurkan untuk dikonsumsi jika Anda sedang menjalani program diet sehat. 


    1. Buah sitrus





    Buah jeruk dikenal mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi jeruk akan membantu menjaga usus Anda tetap sehat, mengurangi nafsu makan dan membantu menghilangkan lemak. Tak hanya buah jeruk, buah grapefruit juga dapat membantu membakar lemak secara efisien berkat kandungan phytochemical yang tinggi, dan enzim yang dapat membantu memecah gula dan lemak sehingga proses metabolisme menjadi lebih cepat. Jika proses metabolisme Anda lancar, Anda semakin mudah menurunkan berat badan. Anda dapat mengonsumsi langsung setengah buah grapefruit atau minum sari buahnya sebelum makan siang atau makan malam untuk menjaga porsi makan Anda agar tidak berlebihan. 


    2. Alpukat


    Lemak “baik” yang terkandung di dalam alpukat dapat membantu Anda membakar lemak tidak sehat, membuat Anda tetap kenyang, mengendalikan kolesterol, dan menyehatkan jantung. Selain itu, alpukat juga termasuk buah yang tinggi serat, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, konsumsilah buah alpukat dalam jumlah yang seimbang, jika Anda mengonsumsi buah alpukat dalam jumlah yang banyak justru akan membuat berat badan Anda meningkat. 


    3. Ikan salmon


    Ikan yang tinggi lemak “baik” dapat membantu Anda melepaskan lemak yang tidak diinginkan. lemak baik juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga membuat Anda makan lebih sedikit. Kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kenaikan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh. 



    4. Makanan tinggi probiotik


    Probiotik dalam makanan mampu membantu sistem pencernaan memecah dan mencerna makanan dengan lebih baik, yang berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. 


    5. Buah beri


    Buah beri kaya akan serat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaan, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, serat juga penting untuk mengontrol gula darah dan menyehatkan jantung. Sementara kandungan polifenol dalam buah beri dapat membantu Anda membakar lemak. 


    (Foto Courtesy of  Roman Iegoshyn©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -