• Manfaat Argan Oil untuk Mengatasi Masalah Rambut

    Beauty / Tips


    Manfaat Argan Oil untuk Mengatasi Masalah Rambut
    (Foto Courtesy of puhhha ©123RF.com)

    Ternyata, argan oil tidak hanya bermanfaat untuk kulit tetapi juga untuk rambut.


    Argan oil merupakan minyak yang diekstrak dari biji pohon argan, yang banyak tumbuh di Maroko. Minyak ini juga dikenal sebagai morrocan oil yang kaya akan vitamin E, asam stearat, asam palmitat, asam linoleat, asam oleat, omega-3, beta karoten, dan xantofil.

    Semua kandungan tersebut tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga untuk rambut. Lantas, apa saja manfaat argan oil untuk rambut? Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat argan oil untuk rambut, simak penjelasannya di bawah ini!


    1. Mencegah kerusakan rambut

    Sebagaimana diketahui, zat kimia yang terkandung di dalam pewarna rambut dan suhu panas alat styling rambut dapat membuat rambut kusam, kasar, dan mudah patah. Kandungan asam linoleat, asam oleat, dan asam palmitat dalam argan oil berperan untuk memberikan perlindungan pada rambut, sehingga membuatnya menjadi lebih kuat. Selain itu, perlindungan yang diberikan argan oil ini juga mampu mencegah kerusakan akibat styling rambut. 





    2. Mencegah kerontokan rambut

    Tak hanya mampu mencegah kerontokan rambut, minyak argan juga mampu mencegah kerontokan pada rambut sekaligus merangsang pertumbuhan rambut baru, sehingga akan membuat rambut lebih sehat dan tebal. Ini semua berkat kandungan vitamin E dalam argan oil. 


    3. Melembutkan dan melembapkan rambut

    Manfaat argan oil untuk rambut berikutnya yakni mampu melembutkan dan melembapkan rambut. Hal ini berkat kandungan asam lemak yang tinggi, terutama asam linoleat dan asam oleat. minyak argan juga terbukti dapat melumasi batang rambut dan mempertahankan kelembapannya.


    4. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

    Argan oil memiliki antioksidan dan antiinflamasi yang sangat baik untuk rambut, karena dapat mencegah dan mengatasi masalah pada kulit kepala, selah satunya dermatitis seboroik. tak hanya itu saja, berdasarkan sebuah penelitian menunjukan bahwa argan oil dapat mengatasi ketombe akibat jamur pada kulit kepala, berkat antijamur-nya.



    Bagaimana cara pemakaian minyak argan? Agar memperoleh manfaatnya, Anda dapat memakai argan oil dengan beberapa cara, antara lain: dijadikan masker rambut atau mencampurkan argan oil dengan sampo.


    Selamat mencoba!




    (Foto: Courtesy of puhhha ©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -