• Berapa Kali Yoga Sebaiknya Dilakukan Dalam Seminggu?

    Beauty / Tips


    Berapa Kali Yoga Sebaiknya Dilakukan Dalam Seminggu?
    (Foto Courtesy of sanches1980©123RF.com)

    Melakukan yoga dapat membantu Anda lebih sehat, bahagia dan rileks.


    Seperti ketahui, saat ini terdapat berbagai pilihan olahraga agar tubuh senantiasa sehat. Salah satunya yakni yoga, jenis olahraga yang berfokus pada kelenturan, kekuatan tubuh, dan teknik pernapasan. Hampir mirip dengan pilates, yoga juga merupakan jenis olahraga yang menyatukan antara pikiran dan tubuh, sehingga membantu Anda lebih sehat, bahagia dan rileks.

    Jika Anda tertarik untuk mencoba jenis olahraga yang satu ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berapa kali sebaiknya yoga dilakukan dalam seminggu? Untuk tahu jawabannya, simak pemaparannya di bawah ini!





    Berapa kali sebaiknya yoga dilakukan dalam seminggu?

    Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus berapa kali sebaiknya yoga dilakukan dalam seminggu. Idealnya, yoga sebaiknya dilakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu dengan durasi satu sampai satu setengah jam. Namun, apabila Anda termasuk pemula, durasi tersebut dapat dikurangi, tergantung pada kemampuan Anda. Jika sudah terbiasa, Anda dapat menambah durasinya. 

    Dikutip dari Yoga Journal, meskipun hanya berlatih satu kali dalam seminggu, Anda tetapi bisa mendapatkan manfaatnya. Namun, perlu diingat manfaat yang akan Anda dapatkan dengan berlatih yoga satu kali seminggu, tentu akan berbeda jika Anda berlatih yoga 2 sampai 3 kali dalam seminggu. 


    Lantas, apa saja manfaat berlatih yoga?

    Perlu diketahui, ada beberapa manfaat berlatih yoga secara rutin, antara lain:


    1. Mengurangi stres

    Pada dasarnya, semua jenis olahraga dapat membantu mencegah dan mengatasi stres, begitu juga dengan yoga. Ada sebuah studi yang menunjukan bahwa berlatih yoga secara rutin dapat membantu mengurangi rasa stres, gelisah, serta memperbaiki suasana hati. 


    2. Membantu meningkatkan kualitas tidur

    Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi, dan depresi. Dikutip dari Healthline, sebuah studi tahun 2006 menunjukan bahwa berlatih yoga secara rutin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tak hanya itu saja, yoga juga telah terbukti mampu meningkatkan sekresi melatonin, yaitu hormon yang mengatur tidur. 


    3. Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan

    Banyak orang percaya, yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Anggapan ini tidak salah, karena ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

    Terdapat sebuah studi yang mengamati dampak yoga selama 10 minggu terhadap 26 atlet perguruan tinggi pria dan hasilnya menunjukan adanya peningkatan fleksibilitas dan keseimbangan.


    Sebuah studi tahun 2013 juga menemukan bahwa berlatih yoga dapat membantu meningkatkan keseimbangan pada orang lanjut usia. 


    4. Membantu meningkatkan kesehatan jantung

    Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung dan strok. Studi lain menemukan bahwa partisipan berusia di atas 40 tahun yang rutin berlatih yoga selama kurang lebih lima tahun memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.


    5. Mengatasi kecemasan

    Berlatih yoga secara rutin dapat membantu mengatasi kecemasan yang mungkin sedang Anda alami. Dalam sebuah studi yang diikuti oleh 34 wanita dengan gangguan kecemasan menunjukan adanya penurunan tingkat kecemasan setelah mereka rutin mengikuti kelas yoga dua kali dalam seminggu selama dua bulan.

    Studi lain yang diikuti oleh 64 wanita dengan gangguan post-traumatic stress disorder (PTSD), yang ditandai dengan kecemasan dan ketakutan parah setelah mengalami peristiwa traumatis.

    Setelah 10 minggu rutin berlatih yoga sekali dalam seminggu menunjukan adanya pengurangan gejala PTSD. Bahkan 52% dari para wanita ini dinyatakan sembuh dari gangguan post-traumatic stress disorder (PTSD). 




    (Foto: Courtesy of sanches1980©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -