• Pentingnya Melakukan Double Cleansing

    Beauty / Tips


    Pentingnya Melakukan Double Cleansing
    (Foto Courtesy of puhhha ©123RF.com)

    Pembersih makeup hanya dapat mengangkat sisa-sisa makeup, tetapi belum tentu dapat mengangkat polusi yang mungkin masih menempel pada kulit


    Setelah lelah seharian beraktivitas, terkadang membuat sebagian orang memilih cara tercepat membersihkan wajah, yakni dengan hanya menggunakan pembersih makeup saja. Tetapi, apakah itu sudah cukup untuk membersihkan wajah secara maksimal? Jawabannya, jelas saja tidak cukup! Sesuai namanya, pembersih makeup hanya dapat mengangkat sisa-sisa makeup, tetapi belum tentu dapat mengangkat polusi yang mungkin menempel pada kulit wajah. 


    Lantas, apa itu double cleansing?





    Pada dasarnya, double cleansing adalah sebuah cara membersihkan wajah dengan dua tahap. Tahap pertama, yaitu dengan menggunakan makeup remover yang berguna untuk meluruhkan sisa-sisa riasan yang menempel pada wajah. Anda dapat menggunakan micellar water, cleansing milk, cleansing oil, atau cleansing wipes sebagai pembersih tahap pertama. Setelah itu tahap kedua, bersihkan kembali wajah dengan menggunakan sabun muka. 


    Manfaat melakukan double cleansing?


    Sisa makeup dan polusi terangkat secara maksimal


    Seperti diketahui, double cleansing dilakukan dengan dua tahap, sehingga sisa makeup dan polusi yang menempel pada wajah dapat terangkat secara maksimal. Penggunaan makeup remover akan membantu membersihkan sisa-sisa makeup. Sementara sabun muka (facial wash) akan membantu membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada wajah. Setelah itu, gunakan toner untuk kembali mengangkat kotoran yang mungkin saja masih menempel pada wajah. 



    Mencegah munculnya masalah-masalah kulit


    Jika sisa makeup dan polusi yang menempel pada kulit wajah tidak dibersihkan secara maksimal dapat menyebabkan munculnya masalah-masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang umum terjadi yaitu penyumbatan pori-pori, yang dapat mengakibatkan munculnya komedo, jerawat, dan mempercepat proses penuaan. Menurut American Academy of Dermatology, terjadinya penuaan dini pada kulit umumnya disebabkan oleh radikal bebas yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya, sehingga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam dan kerutan-kerutan halus. Selain itu, sisa makeup dan polusi yang menumpuk pada wajah juga dapat menyebabkan kulit kering dan kusam. Oleh karena itu, sangat penting melakukan double cleansing untuk mencegah munculnya masalah-masalah kulit tersebut. 


    Kulit lebih mudah menyerap skincare


    Melakukan double cleansing akan membuat kulit Anda benar-benar bersih, sehingga produk perrawatan yang Anda gunakan selanjutnya akan lebih mudah meresap dan bekerja secara optimal pada kulit.


    (Foto Courtesy of  puhhha ©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -