• Hati-Hati, Ini 6 Akibat Memencet Jerawat

    Beauty / Tips


    Hati-Hati, Ini 6 Akibat Memencet Jerawat
    (Foto Courtesy of puhhha©123RF.com)

    Memencet jerawat bisa menyebabkan masalah baru pada kulit.


    Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang dapat dialami oleh siapapun, dan hampir semua orang memiliki keinginan untuk memencet jerawat agar masalah ini cepat teratasi. Padahal, memencet jerawat bisa menyebabkan masalah baru pada kulit.

    Memencet jerawat dengan cara yang tidak benar dapat meningkatkan risiko infeksi dan menimbulkan luka jaringan parut pada kulit. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini akibat yang dapat ditimbulkan karena memencet jerawat. 





    1. Menimbulkan bekas cekungan seperti berlubang

    Memencet jerawat secara tidak benar dapat menimbulkan cekungan kecil yang membuat tekstur kulit Anda menjadi tidak merata atau disebut dengan luka jaringan parut. Cekungan kecil seperti berlubang pada wajah ini terjadi karena kelenjar minyak di lapisan kulit bagian dalam pecah yang kemudian menarik lapisan atas kulit dan menimbulkan bekas cekungan seperti berlubang. 


    2. Menimbulkan bekas jerawat

    Jika Anda memiliki bekas jerawat yang menggelap, coba ingat-ingat kembali apakah Anda pernah memencet jerawat sebagai cara untuk menghilangkannya? Cara menghilangkan jerawat secara instan ini akan menimbulkan bekas jerawat yang menghitam. Bekas jerawat menghitam ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memudar dan akhirnya menghilang. 


    3. Memperparah peradangan

    Bahaya memencet jerawat berikutnya yaitu dapat memperparah peradangan. Sebab, saat memencet jerawat, tekanan yang diberikan dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit, sehingga dapat memperparah peradangan dan membuat jerawat tampak lebih besar. Belum lagi jika darah kotor atau nanah yang keluar belum tuntas, dan masih tersisa di dalam.


    4. Memicu munculnya jerawat baru

    Bagi sebagian besar orang, alasan memencet jerawat adalah karena ingin menghilangkannya dengan cepat. Tetapi kenyataannya tidak demikian, nanah yang mengandung bakteri dan kuman berasal dari jerawat akan memicu munculnya jerawat baru pada kulit Anda. 



    5. Menyebabkan infeksi

    Infeksi pada kulit wajah dapat terjadi setelah Anda memencet jerawat secara tidak benar. Hal ini dapat menyebabkan kuman berkembang lebih cepat sehingga dapat mengganggu kesehatan. Jika tubuh kamu kekurangan asupan zat besi dan vitamin atau memiliki masalah dengan sistem pembekuan darah, memencet jerawat sangat berisiko besar menyebabkan infeksi berat. 


    6. Menyebabkan kematian 

    Jika kamu berpikir bahwa memencet jerawat dapat menyebabkan kematian adalah hal yang berlebihan, kamu perlu pikirkan kembali mengenai hal ini. Perlu diketahui, memencet jerawat pada bagian wajah tertentu seperti di sekitar hidung, mulut, dan mata yang dikenal dengan sebutan segitiga kematian pada wajah dapat berakibat fatal. Ini karena pada bagian wajah ini berisi saraf-saraf penting yang terhubung ke bagian belakang kepala, di dasar otak. Jadi, jika kamu salah memencet jerawat pada bagian itu, maka akan memungkinkan terjadinya kehilangan penglihatan, kelumpuhan, bahkan kematian. 




    (Foto: Courtesy of puhhha©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -