• 8 Penyebab Jerawat Selalu Muncul Pada Wajah

    Beauty / Tips


    8 Penyebab Jerawat Selalu Muncul Pada Wajah
    (Foto Courtesy of ammentorp©123RF.com)

    Hindari stres, terapkan pola makan sehat, dan pilih produk skincare dan makeup yang tepat, agar masalah jerawat bisa teratasi.


    Memiliki wajah yang berjerawat tentu sangat menyebalkan dan dapat mengganggu penampilan. Apalagi jika jerawat selalu muncul, seperti peribahasa “mati satu tumbuh seribu.” Namun ternyata, hal ini terjadi bukan tanpa alasan, memencet jerawat, stres dan salah menggunakan produk perawatan kulit bisa menjadi beberapa penyebab jerawat selalu muncul pada wajah Anda. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel di bawah ini!


    1. Stres

    Pada dasarnya, stres tidak menyebabkan jerawat secara langsung. Namun, stres yang berlebihan dapat memicu terjadinya perubahan hormon yang mampu memperparah kondisi jerawat dan membuat jerawat tidak berhenti muncul. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola stres dengan baik agar jerawat bisa segera teratasi. 





    2. Memencet Jerawat

    Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang dapat dialami oleh siapapun, dan hampir semua orang memiliki keinginan untuk memencet jerawat agar masalah ini cepat teratasi. Padahal, memencet jerawat bisa menyebabkan masalah baru pada kulit. Karena saat memencet jerawat, sumbatan pori-pori akan masuk lebih dalam, sehingga kemungkinan besar jerawat akan terus muncul pada area wajah yang sama. Tak hanya itu saja, memencet jerawat juga dapat menimbulkan bekas jerawat menghitam, bekas cekungan seperti berlubang bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk mengatasinya, gunakan obat jerawat hanya pada area wajah yang berjerawat. 


    3. Terlalu Banyak Mengonsumi Makanan Berminyak

    Makanan kaya akan asam lemak omega-6 dianggap dapat memicu timbulnya jerawat. Berdasarkan penelitian yang berjudul Implications For The Role of Diet In Acne, mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi dapat menyebabkan inflamasi dan memicu tumbuhnya jerawat. Senyawa asam lemak omega-6 dapat Anda temukan dalam makanan yang melalui proses penggorengan dan mengandung banyak minyak seperti keripik kentang atau kentang goreng. Jika ingin terhindar dari masalah jerawat, sebaiknya batasi konsumsi makanan-makanan tersebut. 


    4. Salah Menggunakan Produk Skincare

    Saat ini, terdapat banyak sekali jenis produk produk perawatan kulit dengan berbagai merek. Hal ini tentu saja membuat sebagian besar perempuan lebih mudah tergoda untuk mencobanya. Padahal, Anda perlu hati-hati, karena belum tentu semua produk perawatan kulit yang Anda coba cocok dengan kulit wajah. Jika salah menggunakan produk skincare, hal ini dapat menimbulkan jerawat yang tidak berhenti muncul pada wajah. 


    5. Tidak Cocok Dengan Produk Makeup

    Selain salah menggunakan produk skincare, tidak cocok dengan suatu produk makeup juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat tidak berhenti muncul pada wajah. Produk makeup berjenis comedogenic dapat menyebabkan penumpukan komedo dan penyumbatan pori-pori, yang menimbulkan jerawat terus muncul. Namun, bukan berarti bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat tidak bisa menggunakan makeup, sebaiknya pilihlah produk makeup yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat dan berminyak, agar tidak menyumbat pori-pori wajah. 


    6. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

    Penyebab jerawat selalu muncul berikutnya yaitu terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Sebab, makanan manis dapat memicu produksi hormon androgen yakni hormon yang dapat memicu kelenjar minyak bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak minyak. Akibatnya, debu dan kotoran lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat tidak berhenti muncul pada wajah. Coba untuk mengonsumsi makanan sehat dan jaga kebersihan kulit agar terhindar dari jerawat. 



    7. Mengonsumsi Kopi 

    Kopi dianggap sebagai salah satu minuman yang dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Benarkah demikian? Dikutip dari Healthline, kopi tidak dapat memicu timbulnya jerawat, tetapi dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada. Seperti yang sudah Anda ketahui, kopi mengandung banyak kafein. Selain dapat mengurangi rasa kantuk, kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan respon stres di dalam tubuh. Stres tidak menyebabkan timbulnya jerawat, tetapi stres dapat memperburuk kondisi jerawat yang ada. Hormon kortisol atau hormon stres dapat meningkatkan kadar minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. 

    Namun, jika Anda mengkombinasikan kopi dengan susu dan gula, hal ini tentu akan semakin memperburuk masalah jerawat. Mengutip dari Byrdie, menurut Gary Goldenberg seorang ahli dermatologi kosmetik di New York City, mengatakan bahwa susu dan pemanis buatan dapat memengaruhi hormon Anda secara negatif dan memicu timbulnya jerawat. Kombinasi antara kopi, susu dan gula inilah yang kemudian menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah Anda. 


    8. Adanya Gangguan Pencernaan 

    Selain beberapa penyebab munculnya jerawat yang sudah disebutkan sebelumnya, adanya gangguan pencernaan juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah Anda. Perlu diketahui, di dalam tubuh termasuk di saluran pencernaan, berlangsung proses detoksifikasi atau membuang berbagai macam racun yang ada di dalam tubuh. Jika pencernaan mengalami gangguan, maka proses detoksifikasi juga tidak akan berjalan lancar, sehingga racun-racun tidak terbuang dengan maksimal. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan kulit dan memicu timbulnya jerawat pada wajah. 


    Inilah delapan penyebab jerawat selalu muncul pada wajah Anda. Hindari stres, terapkan pola hidup sehat, dan pilih produk skincare dan makeup yang tepat, agar masalah jerawat bisa segera teratasi dan mencegah jerawat muncul kembali di kemudian hari. 




    (Foto: Courtesy of ammentorp©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -