• 20 Museum dan Galeri Seni Terbaik Dunia

    Culture / News


    20 Museum dan Galeri Seni Terbaik Dunia

    Alami seni yang sesungguhnya.



    Para pecinta seni wajib menyambangi sejumlah nama pusat seni sekaligus budaya yang akan Bazaar bahas berikut ini.

    Tidak hanya ilmu yang diperkaya dengan pembelajaran baru melalui koleksi seni berharga yang terpampang. Namun juga, konten Instagram menarik dengan eksposisi berbagai sudut bangunan yang sarat akan seni berikut.

    Hadir dalam berbagai wujud konsep, dua puluh nama museum dan galeri seni di bawah ini dapat menjadi referensi Anda. Terutama bagi Anda yang melabelkan diri sebagai seorang traveler sekaligus pengagum dan apresiator seni. 

    Di bawah ini, simak pilihan Bazaar akan 20 museum dan galeri seni terbaik yang tersebar di seluruh penjuru dunia!


    1. Metropolitan Museum of Art atau MoMA



    Berlokasi di kota New York, nama Metropolitan Museum of Art atau biasa disingkat dengan MoMA pasti sudah tidak asing. Salah satu museum terbesar di benua Amerika ini kerap menghadirkan karya seni modern kontemporer dari sejumlah nama besar seniman yang dikurasi secara eksklusif. MoMA senantiasa menjadi museum tujuan favorit para traveler yang tengah berkunjung ke New York.


    2. Galeri David Zwirner



    Walaupun tidak berskala sebesar MoMA, galeri seni David Zwirner juga memampangkan karya seni yang tidak kalah berkualitas. Terletak di tiga kota besar, yakni New York, London, dan Hong Kong, saat ini galeri seni David Zwirner tengah menampilkan eksibisi seni dari sekitar 60 seniman dari berbagai belahan dunia. Karya yang dipampangkan umumnya bernuansa kontemporer.


    3. Institusi Smithsonian



    Museum, galeri, bahkan kebun binatang! Semuanya terdapat di Smithsonian Institution di kota Washington. Tidak tanggung-tanggung, Smithsonian Institution menghadirkan belasan museum dengan tema berbeda. Para pengunjung dapat memilih museum dengan tema yang paling menarik bagi mereka.


    4. National Gallery of Art



    Selain itu, Anda juga dapat menilik seni di kota Washington DC melalui ragam koleksi seni langka yang dipamerkan di National Gallery of Art. Ketika mengunjungi pusat seni yang satu ini, jangan lupa sempatkan waktu untuk mengeksplorasi keunikan Sculpture Garden yang menjadi sisi kelebihannya dibandingkan museum lain.


    5. Museum Louvre



    Tidak kalah dengan Menara Eiffel, museum Louvre yang Anda lihat difoto atas barusan juga memegang peran utama sebagai salah satu ikon kota Paris. Sejarah, seni, sekaligus budaya warga Eropa, dapat ditelusuri di tempat ini. Berbagai sudut museum yang fotogenik juga menjadi alasan lain mengapa tempat ini selalu terlihat tidak pernah sepi pengunjung.


    6. The Centre Pompidou



    Selain museum Louvre, kota cinta atau Paris juga memiliki pusat seni lainnya. Centre Pompidou turut menjadi rekomendasi dari Bazaar untuk menikmati seni di Paris. Berasal dari nama pemimpin negaranya di awal tahun 1970-an, George Pompidou, area ini tenar akan arsitekturnya yang berkonsep kontemporer.



    7. Musee d’ Orsay




    Semoga Anda masih bersemangat menyaksikan keindahan seni sembari berkeliling Paris bersama Bazaar. Karena, kota mode ini juga merupakan lokasi keberadaan Musee d’ Orsay. Didirikan tahun 1898, museum yang terletak strategis di kawasan Seine ini sungguh memukau. Eksplorasi berbagai tipe karya seni, mulai dari lukisan, furnitur, hingga koleksi berharga lainnya.



    8. The British Museum



    Kemegahan British Museum di London telah mendunia. Fasad bangunan megah dengan dominasi warna putih menjadi indentitas tersendiri bagi museum kebanggaan para warga Britania Raya ini.



    9. The National Gallery



    Tidak kalah dengan Paris. London juga unggul dengan kayanya destinasi seni yang terletak di sejumlah sudut kota berlangit mendung ini. The National Gallery, menjadi alternatif destinasi lainnya untuk menikmati seni di kota ini.


    10. Tate



    Terdiri dari empat museum yang dapat dieskplorasi seharian penuh, mari beralih ke Tate di London. Didirikan di tahun 1897 oleh penggagasnya yang bernama Henry Tate, tempat ini juga merupakan salah satu pusat seni favorit para warga lokal hingga turis mancanegara yang tengah berkunjung ke London.


    11. San Fransisco Museum of Modern Art/ SFMOMA



    Baru saja dibuka kembali dengan konsep baru di tahun 2016, San Fransisco Museum of Modern Art menjadi rekomendasi Bazaar selanjutnya. Sesuai namanya, museum seni modern ini bertempat di San Fransisco, California. Disingkat SFMOMA, museum sekaligus galeri seni ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia.


    12. Museum Acropolis 



    Berada di kota Athena, Yunani, Museum Acropolis dapat dibilang merupakan salah satu museum unik yang ada di dunia. Saat mengunjungi tempat bersejarah ini, Anda akan dibawa memasuki sejarah Yunani. Karena museum ini merupakan situs arkeologis atau peninggalanan bangunan bersejarah.


    13. Galeri Gagosian



    Diambil dari nama belakang pencetusnya, Larry Gagosian, Galeri Gagosian memaparkan rentetan karya seni modern kontemporer. Galeri ini terdiri dari total enam belas galeri seni yang tersebar di New York, London, Paris, Basel, Beverly Hills, San Fransisco, Roma, Geneva, dan Hong Kong.


    14. Rijksmuseum



    Bagi Anda yang pernah mengunjungi kota Amsterdam, pasti setidaknya sekali pernah terlintas nama Rijksmuseum. Museum ternama ini memaparkan sejarah serta asal usul negara Belanda. Lengkap dengan karya visual yang sarat akan seni dan budaya.


    15. Museum Vatican 



    Museum Vatikan terletak dengan megahnya di kota Vatikan. Setiap sudut arsitektur bangunan klasik menyimpan kisah tersendiri. Selain karya seni yang sarat akan religi, museum ini juga menyimpan karya patung hasil peninggalan kebudayaan Roma.


    16. Hauser & Wirth Gallery



    Galeri Hauser & Wirth juga telah mendunia. Lokasinya yang tersebar di berbagai kota besar dunia, seperti Zurich, London, Somerset, Los Angeles, Hong Kong, dan Gstaad turut membuktikannya. Faktanya, galeri Hauser & Wirth berasal dari negara Swiss. Tepatnya didirikan pada tahun 1992 di kota Munich.


    17. Museum Padro 



    Juga dikenal dengan nama Museo del Padro dalam bahasa negara asalnya, salah satu museum terbaik di dunia berikut terletak di kota Madrid, Spanyol. Awal dibangun di tahun 1819, museum ini merupakan museum nasional resmi negara Spanyol.


    18. Museum Kunsthistorisches 



    Ketika berkunjung ke Vienna, para pecinta seni jangan sampai melewatkan pusat seni kebanggaan warga Austria yang satu ini. Bernama Museum Kunsthistorisches, memasuki bangunan museum yang terkenal akan kubahnya ini, Anda akan dibekali ilmu baru mengenai seni dan budaya.


    19. Galeri Uffizi



    Berpelesir ke indahnya kota Florence di Itali akan terasa semakin lengkap dengan kunjungan ke galeri Uffizi. Tidak hanya deretan karya seni bersejarah yang akan membuat terpukau. Arsitektur bangunan klasik khas Eropa galeri ini turut menjadi letak karismanya.


    20. Museo de Arte



    Menceritakan sejarah negaranya lewat seni sejak abad ke-17, menjadi keunikan yang dihadirkan oleh Museo de Arte di Puerto Rico. Selain eksibisi seni regular, museum dengan arsitektur megah ini juga rutin menggelar program seminar hingga talkshow mengenai seni dan kreativitas.



    (Foto: Courtesy of Instagram @mmoma, @davidzwirner, @smithsonian, @ngadc, @museelouvre, @centrepompidou, @museeorsay, @britishmuseum, @nationalgallery, @tate, @sfmoma, @theacropolismuseum, @gagosian, @rijksmuseum, @musei_vaticani, @hauserwirth, @museopadro, @kunsthistorischesmuseumvienna, @uffizzigalleries, @munalmx)









- RELATED ARTICLE -