• 8 Hal yang Dapat Dilakukan di Rumah Saat Liburan Panjang

    Culture / Tips


    8 Hal yang Dapat Dilakukan di Rumah Saat Liburan Panjang

    Tidak kalah berkesan dengan yang sedang berlibur di luar negeri.


    Masa liburan menjadi waktu yang paling ditunggu oleh sebagian besar dari kita. Apalagi, bagi para pekerja kantor penuh waktu. Serasa mengambil nafas panjang, setelah setiap harinya bekerja menjadi momen yang amat berharga.

    Waktu liburan dengan durasi yang cukup signifikan ini biasanya jatuh di pertengahan hingga akhir menuju ke awal tahun. Seperti saat ini, dimana kebanyakan dari kita memilih untuk menghabiskan jatah cuti tahunan.

    Walaupun pada kenyataannya, tidak sedikit yang memilih untuk menghabiskan masa bersantai ini di rumah sendiri. Lantas, apa yang dilakukan di kurun masa liburan yang cukup panjang tersebut?

    Cegah waktu .liburan Anda menjadi membosankan. Jika tidak, yang ada jatah cuti tahunan menjadi terbuang sia-sia begitu saja.

    Ada ragam cara serta aktivitas bermanfaat untuk mengisi waktu luang di liburan Anda kali ini. Selain membuat rileks dan pastinya menyenangkan. Beberapa di antaranya akan membuat hidup menjadi kembali teratur.

    Tidak bisa dipungkiri, kesibukan rutinitas harian terkadang membuat beberapa dari kita mengabaikan hal yang terkesan kecil. Tetapi, nyatanya tanpa disadari berdampak besar bagi kejiwaan. Terlebih, bagi kehidupan.

    Misalnya saja, kerapihan dan kebersihan berbagai koleksi barang yang ada di rumah. Di waktu luang ini. Selain tentunya Anda berhak untuk bermalasan seharian. Ada baiknya, isi juga masa liburan dengan kegiatan yang bermanfaat.  

    Pada akhirnya, segalanya demi kepentingan diri sendiri. Untuk itu, berikut beberapa saran kegiatan dari Bazaar untuk mencegah kebosanan yang terjadi di masa liburan.

    Sekaligus memberikan efek positif bagi kehidupan.


    1. Merapikan isi lemari



    Jangan malu dengan isi lemari yang berantakan. Tidak ada satu pun manusia yang sempurna. Serta, kondisi klise yang satu ini hampir terjadi kepada setiap dari kita. Bahkan, kepada para profesional yang kesehariannya tampak begitu rapi saat bekerja.

    Nyatanya, isi lemari pakaian di rumah sendiri mengalahkan tampilan gudang yang sudah tidak dibereskan bertahun-tahun lamanya! Momen liburan menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk merapihkan isi lemari yang sudah semerawut. Mulailah dari pembagian kategori warna dan fungsi.

    2. Membuang makanan dan minuman yang sudah kadarluarsa


    Sering menunjuk jari ke teman sebelah yang terlihat tidak bersih. Tetapi malah berimbas ke diri sendiri. Permasalahan ini juga kerap melanda para pekerja yang jadwal kesehariannya begitu padat.  

    Coba saja buka pintu kulkas dan lemari dapur dan cek tanggal tenggat waktu semua makanan kemasan dan kalengan. Jika sudah terlewat, saatnya dibuang demi kesehatan. Karena hal kecil seperti ini seringkali terluput saat kita tidak lagi memiliki waktu luang.

    3. Baking time!



    Usai merapikan seluruh isi lemari es dan kabinet dapur barusan, kenapa tidak mencoba aktivitas yang menyenangkan? Jerih payah Anda barusan layak dihargai. Karena Anda telah berbuat manis terhadap diri sendiri. Mari bayar dengan sesuatu yang lebih manis.

    Waktunya untuk bereksplorasi mencoba menu dessert sederhana. Kali ini, bukan hanya rasa yang dikejar. Tetapi, proses pembuatannya yang menyenangkan sekaligus menantang. Apakah sekiranya Anda cukup berbakat di bidang kuliner? Jika berhasil, tidak ada salahnya berikan dengan bangga ke tetangga sebelah.

    4. Membaca buku favorit


    Semoga Anda tidak membagikan dessert kreasi sendiri barusan langsung seluruhnya. Tentu saja, karena ini masa liburan Anda, potongan terbesar layak dinikmati sendiri!

    Apalagi ditemani bacaan favorit yang selama ini tidak sempat terbaca karena terbatasnya waktu. Ditemani secangkir kopi atau teh organik hangat, serta aroma lilin aromaterapi yang membuat tenang. Sempurna.

    5. Netflix marathon


    Bagi Anda yang tidak terlalu menggemari literatur. Jangan sedih. Serial Netflix siap menemani waktu luang liburan. Nikmati potongan demi potongan dessert kreasi Anda barusan dengan ditemani tontonan serial favorit.

    Lakukan bersama pasangan, sahabat, atau bahkan hewan peliharaan kesayangan. Momen liburan pun tidak kalah berkesan dengan para kawan yang terlihat di sosial media sedang berpelesir ke luar negeri. Home, sweetest home.


    6. Olahraga fisik dan relaksasi jiwa



    Ketika sore mulai tiba. Sinar matahari mulai terasa hangat dan cahaya jingganya menenangkan mata. Hirup dalam udara sekitar, yang mungkin selama ini tidak ada artinya bagi Anda.

    Lakukan gerakan olahraga ringan, seperti yoga ataupun stretching untuk meregangkan otot tubuh yang tegang. Tidak hanya baik bagi tubuh. Namun, juga bagi jiwa.

    7. Makan malam bersama keluarga dan para sahabat


    Kemewahan sebuah sesi makan tidak hanya dapat diukur dari harga sepiring hidangan. Tetapi siapa yang berada menemani Anda di meja makan menikmati momen personal tersebut.

    Di liburan kali ini, kenapa tidak mengundang para sanak saudara dan kawan terdekat untuk makan malam bersama di rumah Anda. Suasana lebih akrab akan didapatkan, ketimbang berjanjian di restoran hotel berbintang atau mall yang dipenuhi oleh sejumlah tamu lainnya.

    8. Merefleksikan diri



    Ketika tersedia waktu luang untuk berdiam diri dan fokus, di saat itu pulalah segala momen peristiwa kembali terputar di benak ingatan.

    Di masa inilah menjadi momen tepat untuk merefleksikan diri. Apakah selama ini kita sudah menjalani hidup sesuai dengan mimpi dan tujuan? Atau, sudah mulai melenceng karena kesibukan dan pengaruh dunia yang bergerak begitu cepat.

    Akhir kata. Semoga masa liburan panjang Anda berkesan.


    (Foto: Courtesy of Instagram @konmari.co @bakingvidsdaily @coffeeandbookss @casadeperrin)



    Tags : liburan, rumah






- RELATED ARTICLE -