• 8 Masjid Termegah Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

    Culture / News


    8 Masjid Termegah Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

    Tidak hanya pusat religi, keagungannya menarik para turis untuk menyambanginya.


    Menyambut hari raya Idul Fitri, atmosfer damai menyelimuti suasana momen bulan puasa. Sekali dalam setahun. Ketika momen ini tiba, nuansa sekitar memang terasa berbeda.

    Segalanya terasa lebih khusyuk serta damai. Dan salah satu tempat terbaik untuk menyelami kekhusyukan ini tidak lain berada di sebuah bangunan masjid. Tempat ibadah para umat Muslim ini megah secara arsitektur.

    Gema doa yang sesekali terdengar memenuhi setiap sudut ruang, membuat siapapun yang menginjaknya menjadi kembali merefleksikan diri. Membahas soal bangunan arsitektur masjid. Seiring berkembangnya jaman, konsep desain dan arsitektur masjid pun semakin beragam.




    Tidak melulu identik dengan kubah sebagai atap. Masjid saat ini telah mengalami perkembangan mengikuti kemajuan jaman. Ketika Anda melakukan perjalanan reliji lintas negara dan menyambangi masjid ikonis di sebuah kota, Anda pasti akan terkesima.

    Memberikan sensasi yang berbeda saat Anda mengunjungi pusat perbelanjaan. Mendatangi tempat ibadah ini, mata batin dan jiwa juga akan turut dipuaskan. Selain tentunya, konten Instagram yang semakin hits dengan pose Anda di sejumlah masjid ternama dunia.

    Tidak perlu mengunggah sosok diri pun terkadang lebih baik. Penggalan visual sudut arsitektur. Cahaya matahari yang menembus kaca patri sebuah bangunan masjid yang memberikan efek bayangan berwarna. Atau, foto candid para pemuka agama akan menjadi konten foto yang ideal.

    Dari sekian banyak masjid ikonis yang tersebar di berbagai kota di pelosok dunia. Berikut kurasi Bazaar akan 8 masjid termegah yang akan membuat terkagum.


    1. Masjid Nasir Al Molk, Iran






    Perhentian pertama kita adalah masjid Nasir Al Molk. Masjid ikonik yang terkenal dengan jendela kaca patri berwarnanya ini terletak di Shiraz, Iran. Tidak mungkin rasa kagum tidak terbesit ketika mengunjungi masjid yang satu ini. Setiap sudutnya bicara mengenai keagungan.


    2. Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi





    Destinasi dimana terletak masjid termegah. Pastinya Abu Dhabi tidak boleh dilewatkan. Benar. Perjalanan reliji kita selanjutnya menuju Sheikh Zayed Grand Mosque di kota eksotis menakjubkan ini. Bangunan masjid berkubah putih ini menjadi daya tarik para turis yang tengah menyambangi Abu Dhabi.


    3. Masjid Nusrat Djahan, Copenhagen



    Mungkin yang satu ini lebih sesuai dikategorikan unik, ketimbang megah. Tetapi tentu tidak kalah khusyuk dan ramai dibicarakan. Bertempat di destinasi pusat desain, Copenhagen, terletak Masjid Nusrat Djahan dengan tampilan bangunan uniknya.


    4. The Great Mosque of Cordoba, Spanyol




    Arsitektur klasik sekaligus antik menjadi identitas tersendiri yang menciptakan keagungan bangunan The Great Mosque of Cordoba. Ketenaran nama masjid kebanggaan para warga Spanyol ini memang sudah mendunia. Para umat Muslim yang berkunjung ke Spanyol, pasti menyempatkan diri untuk mengunjungi masjid ikonis ini.


    5. Blue Mosque, Istanbul, Turki





    Arsitektur religi historikal berikut terletak di Istanbul, Turki. Masjid Sultan Ahmed atau lebih dikenal dengan sebutan Blue Mosque juga termasuk salah satu masjid paling ternama di dunia. Didirikan sekitar pertengahan tahun 1600-an, masjid ini terdiri dari lima kubah utama yang terlihat berwarna biru saat cahaya matahari menerpa.


    6. Masjid Al-Haram, Mekah




    Para umat Muslim menganggap masjid Al-Haram di Mekah sebagai tempat tersuci. Seperti diketahui, Mekah merupakan pusat destinasi pemeluk agama Islam. Masjid ini juga merupakan masjid tebesar di dunia dan sanggup menampung lebih dari satu juta jamaah.


    7. Masjid Jami, Afghanistan




    Sebagian orang lebih memilih untuk menyebutnya dengan istilah Masjid Agung Jami. Tidak mengherankan. Mengingat masjid yang dibangun pada tahun 1200 ini mengekspos keagungan arsitektur. Terletak di kota Herat, tepatnya bagian barat laut Afghanistan, kemegahan Masjid Jami tidak terbantahkan.


    8. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia




    Selanjutnya, mari kita kembali ke Tanah Air tercinta. Masjid Istiqlal juga kerap dinobatkan berbagai blog hingga media internasional ternama sebagai salah satu masjid termegah yang ada di dunia. Oleh karena itu, kita patut berbangga akan kekayaan arsitektur dalam negeri yang satu ini.


    (Foto Courtesy of Instagram @imam_yadmellat, @ghazalion, @lcncba, @__abdou.smith__, @beamtnezm, @jester_vivek, @tales_from_earth, @hamidreza.jayhani, @yulifitriani68, @liziane_gutierrez, @echmay_anzani, @simacand, @fajarkamil_, @handarbeni_arioso)












- RELATED ARTICLE -