• Tips Penting Sebelum Mewarnai Rambut Sendiri

    Beauty / Tips


    Tips Penting Sebelum Mewarnai Rambut Sendiri

    Ingin mengecat rambut sendiri di rumah? Baca dulu artikel berikut ini.


    Mewarnai rambut sendiri sekilas terdengar mudah, terlebih dengan banyaknya produk yang menjanjikan kepraktisannya masing-masing. Daripada harus mengeluarkan biaya mahal untuk mewarnai rambut di salon, banyak orang yang memang akhirnya memilih untuk mengecat rambutnya di tengah nyamannya kediaman sendiri.


    Selain relatif murah, pastinya cara ini lebih ringkas karena bahkan Anda tak usah melangkahkan kaki keluar rumah hanya demi mengubah penampilan rambut saja. Namun, tak berarti Anda bisa mewarnai helaiannya secara sembarangan atau asal-asalan.


    Agar bisa mendapatkan hasil sesuai harapan sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tentu saja Anda harus melakukannya dengan ekstra hati-hati. Bagaimana caranya? Simak panduan penting dari Bazaar sebelum Anda mencoba mewarnai rambut sendiri!


    1. Sebelum membeli produk pewarnaan rambut, cek labelnya. Pilih merek dengan kandungan peroksida di bawah 20 persen. Jika memungkinkan, gunakan cat yang jenisnya temporer atau semi permanen terutama apabila Anda hanya ingin menutupi uban. 


    2. Selain memperhatikan daftar komposisi, ikuti seluruh instruksi pemakaian yang tertera pada kemasan. Jangan sampai ada yang terlewat.


    3. Sebelum mewarnai, pastikan Anda selalu melakukan patch test pada area tubuh tertentu yang sebisa mungkin tidak terlalu terlihat. Gunanya adalah untuk melihat apakah Anda kira-kira memiliki reaksi alergi tertentu terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam produk pewarnaan rambut.

    Perlu dicatat, hal ini tak bisa diketahui hanya dengan menghirup baunya saja. Dua hari sebelum mewarnai, Anda harus mengaplikasikan sedikit cat pada bagian dalam siku atau belakang telinga dan amati selama 48 jam. Jika kulit Anda mengalami iritasi seperti gatal-gatal dan kemerahan atau terasa panas seperti terbakar, hentikan pemakaian merek tersebut saat itu juga.

    Carilah brand lain dan jangan ragu untuk melakukan tes alergi berulang-ulang sampai Anda menemukan yang benar-benar cocok.


    4. Jika Anda berencana mengubah tampilan rambut dengan cara meluruskan atau mengeritingnya pula, sebaiknya rampungkan proses tersebut tujuh sampai 10 hari sebelum pewarnaan dan cucilah rambut setidaknya sekali dalam jangka waktu tersebut. Setelahnya, lakukan strand test dengan cara mengoleskan catnya di sebagian rambut terlebih dahulu agar Anda bisa melihat efeknya pada helaian yang sudah mengalami pelurusan atau pengeritingan tersebut.


    5. Mencampur dua produk yang berbeda cuma untuk mendapatkan warna idaman ternyata bukanlah ide bagus karena dapat mengakibatkan kerusakan rambut dan juga kulit kepala. Jika Anda merasa belum menemukan gradasi yang cocok, sebaiknya serahkan kepada pekerja salon yang terbukti lebih profesional dalam soal ini. 


    6. Pakai sarung tangan sebelum mulai mengecat, terutama apabila Anda sedang mengandung. Saat Anda mengaplikasikan produk pewarnaan pada rambut, sedikit komponen kimiawi bisa saja terserap melalui kulit. Meskipun sebetulnya, kebanyakan riset telah menyatakan bahwa absorpsi ini tidak akan menyebabkan pengaruh buruk pada perkembangan janin di dalam rahim Anda.

    Namun untuk amannya, pastikan bahwa Anda pun sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan yang terpercaya terlebih dulu. Jika telah mendapatkan persetujuan dari ginekolog Anda untuk mewarnai rambut sekalipun, sebaiknya lakukan saat sudah melewati trimester pertama kehamilan.


    7. Hindari penggunaan cat rambut di bagian alis ataupun bulu mata. Jika zat pewarnaan tersebut sampai mengenai mata, dikhawatirkan akan muncul reaksi yang sangat berbahaya bagi penglihatan Anda seperti contohnya infeksi atau pembengkakan dan bahkan kebutaan.

    Tidak apa-apa jika warna alis Anda sedikit berbeda dengan rambut. Jika ingin menyamakannya, Anda bisa menjajal metode sulam alis sebagai alternatif yang cenderung lebih aman.


    8. Jangan mendiamkan cat pada permukaan rambut dalam jangka waktu lebih lama daripada yang disarankan.


    9. Jika nantinya ingin memperbaiki tampilan rambut dengan touch up, baca juga petunjuk soal kapan Anda bisa melakukannya. Biasanya, rutinitas yang ideal adalah empat sampai enam minggu sekali.


    10. Last but not least, pastikan ruangan tempat Anda mengecat rambut memiliki ventilasi yang baik untuk pertukaran udara.


    Selamat mewarnai!


    (Foto:  Alena Ozerova¬©123rf.com)

    -->






- RELATED ARTICLE -