• Cara Mudah Menghilangkan Stres

    Culture / Tips


    Cara Mudah Menghilangkan Stres

    Apakah Anda sering merasa tertekan? Berikut beberapa kiat simpel yang jitu untuk membantu mengatasi stres!


    Entah itu karena tuntutan pekerjaan ataupun masalah pribadi dan lain sebagainya, fenomena stres merupakan hal yang mungkin masih lumrah ditemui dalam keseharian manusia terutama masyarakat urban. Apakah Anda salah satunya?

    Berikut ini sejumlah cara yang tak sulit dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dan sekiranya bisa menghilangkan stres Anda, mulai dari menjaga pola tidur hingga bernyanyi sekerasnya! Siap mencoba? Baca terus artikel Bazaar yang berikut ini. 


    1. Menghindari begadang

    Apabila semalam sebelumnya Anda berkegiatan terus sampai larut malam, mood pada hari berikutnya pasti akan terpengaruh pula. Untuk mencukupi waktu istirahat Anda, upayakan untuk tidur sekitar tujuh jam sehari.

    Tak hanya kuantitas, kualitasnya pun harus terjaga. Caranya? Tidurlah di jam yang kurang lebih sama setiap harinya. Kalau setiap paginya Anda harus bangun pukul lima, tidur sebaiknya dimulai jam 10 malam. 


    2. Berolahraga

    Di dalam raga yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Tak hanya bermanfaat banyak bagi kesehatan, olah tubuh secara teratur terbukti dapat membantu Anda terlelap lebih cepat saat malam harinya.

    Anda tak perlu berlatih bak atlet olimpiade untuk ini, karena sebetulnya berjalan kaki 10 menit per hari saja sudah cukup asalkan dilakukan setidaknya seminggu tiga kali. Pilihlah waktu di pagi atau sore agar tidak malah mengganggu jam tidur Anda. Selain itu, cobalah untuk berlatih yoga ataupun tai chi yang juga diklaim efektif jika Anda ingin menguasai manajemen stres.


    Baca juga: 6 Kiat Anti Malas Berolahraga


    3. Melakukan relaksasi

    Sekali-kali, pergilah ke salon langganan ataupun spa kesayangan dan nikmati servis favorit Anda di sana. Tak perlu mahal, yang penting Anda bisa menikmatinya sambil bersantai. Manikur, pedikur, atau creambath tentunya tak hanya akan melemaskan otot-otot yang tegang di sekujur tubuh Anda namun juga mampu menenangkan pikiran.

    Jika tak sempat keluar rumah karena sibuk, sekarang juga sudah banyak terdapat layanan pijat keluarga yang dapat dipanggil ke rumah. Jadi, Anda bisa tetap memanjakan diri sendiri di tengah nyamannya kediaman pribadi! Ingin berelaksasi tanpa harus menguras biaya tambahan? Berendam air hangat di kamar mandi bisa menjadi salah satu solusinya. 


    4. Menekuni hobi

    Aktivitas apa yang paling Anda senangi namun sudah lama ditinggalkan? Lakukan sekarang juga! Mengoleksi barang-barang unik bisa jadi salah satu contohnya.

    Atau mungkin Anda sebetulnya senang memasak? Langkahkan kaki ke dapur dan praktikkan resep kuliner yang tergolong tidak susah untuk dijajal. Sebagai alternatif lain, bahkan kegiatan seperti berkebun pun memiliki efek terapi yang khasiatnya telah terbukti oleh banyak orang. 


    5. Mendengarkan musik favorit 

    Sesampainya di rumah sepulang dari kantor, setel lagu jazz, pop, rock, atau genre apapun yang menjadi favorit Anda. Jika perlu, pilih yang liriknya sudah pernah Anda hafalkan di luar kepala dan bernyanyilah dengan kencang sesuka hati guna melepas penat! 


    Baca juga: 10 Lagu yang Buat Monita Tahalea Semangat Saat Liburan


    6. Menulis jurnal “terimakasih”

    Tak masalah bila Anda belum terbiasa untuk mencurahkan perasaan di buku harian, karena aktivitas satu ini sangat sederhana dan bahkan bisa diketik di smartphone Anda sembari makan di restoran ataupun menunggu taksi online.

    Intinya, “thank you” journal ini berisi segalanya yang patut Anda syukuri dalam kehidupan Anda. Mulailah dari hal-hal kecil yang Anda temui hari ini seperti contohnya masih dapat berjumpa dengan sanak famili. Lagipula, sudahkah Anda bersyukur bahwa masih ada atap yang menaungi Anda dari panas dan hujan?


    7. Aktifkan lingkaran sosial

    Temui teman-teman dekat yang nyaman untuk Anda ajak bicara dan lewati waktu senggang bersama mereka. Jadikan aktivitas minum kopi di kafetaria dekat rumah atau menyaksikan bioskop bersama-sama sebagai rutinitas melepas stres sebanyak sekali atau dua kali dalam sebulan.

    Jika memang perlu, bicarakan saja tentang problem yang mengganggu perasaan Anda selama ini dengan mereka. Siapa tahu, kawan-kawan malah bisa mengusulkan solusi yang tidak pernah terpikir oleh Anda sebelumnya!

    (Foto: : Antonio Guillem©123rf.com

    -->






- RELATED ARTICLE -