• Alasan Anda Malas Berolahraga dan Cara Mengatasinya

    Beauty / Tips


    Alasan Anda Malas Berolahraga dan Cara Mengatasinya

    Saatnya mencari kembali catatan resolusi tahun baru Anda.


    Tibalah musim liburan pertengahan tahun dan Anda mulai sedikit panik karena perut rata dan kencang yang menjadi salah satu resolusi tahun baru belum terlihat wujudnya. 

    Sementara itu di Instagram, para selebriti Hollywood sudah sibuk memamerkan tubuh indah mereka yang berbalut busana musim panas atau baju renang. 



    Kembali ke resolusi perut rata atau lengan berotot Anda tadi, mungkinkah mimpi ini tidak tercapai karena Anda berhenti mengunjungi gym atau berolahraga di bulan ketiga (atau bahkan lebih awal)?

    Good news is, tidak ada orang yang dilahirkan mencintai olahraga, jadi Anda tidak sendiri. Sebelum mencari tahu apa solusi terbaik agar Anda jadi lebih rajin berolahraga, mari kita lihat dulu apa yang menyebabkan Anda malas olahraga.

    Kami berbincang dengan 10 orang teman wanita berusia 22 sampai 42 tahun tentang kebiasaan mereka dalam berolahraga. Dan hampir semuanya, memiliki alasan yang serupa ketika ditanya: “mengapa Anda malas berolahraga?” Alasan tersebut antara lain:

    1. Tidak ada teman

    Sebagai makhluk sosial, ternyata saat berolahraga pun kita membutuhkan teman interaksi. Sekitar 90% dari hasil obrolan kami semuanya beralasan akan malas berolahraga ketika tidak melakukannya bersama teman. 

    2. Lelah dan kurang tidur

    Olahraga yang merupakan kegiatan fisik akan membutuhkan keadaan fisik yang prima juga. Aktivitas yang banyak dan kurang tidur akan membuat Anda kelelahan, apalagi memikirkan untuk olahraga?!

    3. Tidak ada waktu

    Sounds familiar? Alasan ini merupakan salah satu alasan pamungkas ketika seseorang diajak berolahraga. 

    4. Biaya tempat olahraga yang mahal

    Harus diakui, menjadi sehat tidak hanya tidak mudah, tapi juga tidak murah.

    5. Cuaca

    Terutama jika Anda menyukai olahraga outdoor seperti lari.

    6. Fasilitas dekat rumah memadai

    Fasilitas gym dan kolam renang yang lengkap di club house dekat rumah atau di lantai khusus di apartemen Anda, justru membuat Anda merasa akan mudah berolahraga kapanpun Anda mau. Pertanyaannya, kapan terakhir kali Anda mengunjunginya?


    Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa malas Anda berolahraga ini? Sama seperti membentuk kebiasaan yang lain, kegiatan berolahraga akan menjadi kebiasaan ketika Anda secara rutin melakukannya selama 66 hari atau sekitar 2 bulan.  

    Agar rajin berolahraga, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut:

    1. Mengajak teman untuk berolahraga bersama

    Berolahraga bersama merupakan salah satu motivasi terbesar Bazaar.

    Tahun lalu kami pernah mencanangkan group HIIT di kantor dengan hanya bermodalkan yoga mat dan komputer berkoneksi internet. Dan ketika Anda melihat teman Anda sudah mulai berhasil mendapatkan bentuk tubuh idamannya, Anda akan semakin tertantang. 


    2. Pilih olahraga yang Anda senangi

    As cliché as it sounds, lakukan olahraga yang memang Anda sukai. Olahraga tidak hanya sekadar lari atau angkat beban atau yoga.

    Bagi Anda yang kompetitif seperti salah satu narasumber kami, Anda dapat memilih olahraga yang sifatnya lebih ke permainan seperti tenis, badminton, basket, futsal, dan lainnya.


    3. Visualisasikan hasilnya

    Dorongan secara visual menjadi salah satu sumber motivasi yang baik bagi Anda. Saat berada di atas treadmill di gym, tontonlah acara atau film yang dibintangi oleh sosok-sosok yang tubuhnya Anda idamkan.

    Beberapa editor Bazaar pernah langsung melakukan sit-up bersama setelah menonton fashion show Victoria’s Secret.


    4. Dress up!

    Salah satu alasan narasumber kami tentang mengapa ia malas berolahraga adalah karena tidak memiliki busana olahraga yang keren. And we don’t blame her.

    Sama seperti Anda selalu ingin tampil gaya saat bekerja, Anda juga patut tampil fashionable ketika berolahraga. Jika Anda sedang merasa ingin splurge, cobalah untuk belanja pakaian olahraga.

    Dan ketika melihatnya hanya tergantung di lemari beberapa minggu kemudian, mudah-mudahan angka di tag harga yang masih menempel di sports bra Adidas Anda tersebut akan memotivasi Anda untuk mengenakannya segera. 


    5. Berikan hadiah bagi diri sendiri

    Tentukan tujuan Anda berolahraga, dan berikan kado bagi diri sendiri ketika telah berhasil mencapainya.

    Misalnya, Anda berambisi untuk memiliki perut serata perut Dua Lipa sebelum liburan ke pantai indah di Australia bersama teman-teman. Dan ketika berhasil mendapatkannya, belilah sebuah cropped top yang telah Anda idam-idamkan selama ini, untuk memamerkan hasil usaha Anda.



    Bagaimana dengan Anda? Apa yang membuat Anda malas berolahraga selama ini?


    (Foto: Dolgachov ©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -