• 10 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Serum

    Beauty / Tips


    10 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Serum

    Kenali lebih dalam skincare penting satu ini!


    Butuh ketekunan dan dedikasi tinggi dalam meraih kulit sehat dan bercahaya. Nyatanya, pembersih dan moisturizer saja tidak cukup. Serum menjadi salah satu pendukung yang paling populer dan bukan tanpa alasan di balik itu. Apa yang membuat serum begitu penting bagi kulit Anda? Apakah serum wajib dipakai oleh semua individu? Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang produk perawatan populer berikut ini!

    1. Serum adalah produk perawatan yang melembapkan, namun lebih ringan dari moisturizer dan memiliki kemampuan menyerap lebih baik sehingga bahan aktif lebih cepat menuju sasaran. Dengan kemampuannya ini, serum sering kali hadir dengan bahan aktif yang berkonsentrasi tinggi, yang memberi target khusus seperti anti-aging, mencerahkan, membersihkan jerawat, dan menghidrasi.

    2. Serum tepat digunakan bagi kulit yang membutuhkan perhatian ekstra. Serum membuat kulit tampak segar, muda dan lebih sehat. Dengan kondisi kulit yang baik, makeup juga akan lebih mudah menempel dan tampak lebih bercahaya.

    3. Serum berharga mahal tidak selalu yang terbaik bagi kulit Anda, namun memiliki kemungkinan mengandung bahan aktif yang lebih berkualitas dan lebih terkonsentrasi.

    4. Serum yang baik biasanya mengandung bahan-bahan seperti:

    Antioksidan, misalnya: ekstrak buah delima, vitamin C, dan ekstrak biji anggur yang mampu memproteksi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas, yang membuat kulit cepat keriput dan menua.

    Anti-inflamasi, seperti: zinc, arnica, aloe vera dan goldenseal, yang mampu mentralisasi kemerahan pada kulit dan mencegah peradangan pada sel kulit. 

    Pelembap, misalnya: ceramide, amino acid, dan asam lemak esensial yang memberi perlindungan pada lapisan kulit dan membentuk struktur sel yang lebih kuat. Bahan-bahan ini juga mencegah kulit dari kekeringan dan munculnya penuaan dini karena mampu mempertahankan kelembapan alami kulit dan memproteksi kulit dari bahaya lingkungan.

    5. Waktu yang tepat memakai serum tergantung dari kondisi kulit Anda dan ritual yang Anda lakukan setiap hari.

    Jika Anda mengenakan toner setelah facial wash, maka aplikasikan serum setelah toner. Bila tidak memakai toner, maka aplikasikan serum tepat setelah Anda mencuci wajah. Untuk kulit yang normal, serum bisa digunakan satu kali saja saat malam hari, karena kulit membutuhkan kelembapan ekstra saat tidur. Namun bagi kulit yang kering atau sangat kering, serum sebaiknya dipakai sehari dua kali, yaitu saat siang dan malam, dan dilanjutkan dengan pemakaian moisturizer. 

    6. Bila Anda mengaplikasikan retinoid pada wajah saat malam hari, sebaiknya hindari penggunaan serum. Sebab, pemakaian keduanya secara bersamaan dapat membuat kulit iritasi. 

    7. Sebaiknya, setiap orang memilih serum dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

    Kulit berminyak dan berjerawat dapat memilih serum yang memiliki kandungan vitamin C, retinol dan salicylic acid yang dapat mengurangi inflamasi, sebagai antioksidan, dan tidak menyumbat pori-pori.

    Kulit kering sebaiknya menggunakan serum yang mengandung vitamin E, glycolic acid, hyaluronic acid yang memiliki kemampuan menghidrasi lebih efektif, membuat kulit tetap elastis sekaligus memberi eksfoliasi yang lembut.

    Kulit yang kusam akan sangat terbantu dengan serum yang memiliki bahan teh hijau dan ferulic acid karena mampu membuat kulit tampak lebih segar dan cerah.

    8. Gunakan serum setetes, atau kira-kira seukuran kacang polong, lalu baurkan dengan baik ke seluruh wajah dan leher diiringi pijatan lembut. Setelahnya, lengkapi dengan moisturizer yang juga sesuai dengan jenis kulit Anda, sunscreen, lalu Anda bisa merias wajah dengan makeup.

    9. Banyak serum yang diciptakan khusus untuk malam hari. Serum seperti ini mampu memberikan kelembapan maksimal saat Anda tidur sehingga tampak lebih kenyal dan segar di pagi harinya.

    10. Do not overuse. Karena terbuat dari konsentrasi tinggi, sebaiknya tidak gunakan serum secara berlebihan. Satu atau dua kali sehari sangat cukup.

    (Foto: Svetlana MandrikovaC123RF.com)


    Baca juga: 8 Rekomendasi Serum untuk Merawat Kulit Berminyak









- RELATED ARTICLE -