• 8 Tren Fashion Baru dari Koleksi Dior Fall/Winter 2018

    Fashion / Trend


    8 Tren Fashion Baru dari Koleksi Dior Fall/Winter 2018

    Intip delapan tren terkini yang disuguhkan oleh label legendaris, Dior.


    Maria Grazia Chiuri sebagai direktur kreatif rumah mode legendaris asal Prancis, Dior, kembali mengangkat kekayaan arsip dan momen di masa lampau sebagai sumber inspirasi yang melatarbelakangi dibangunnya sebuah koleksi.

    Kali ini, ia bertolak pada peristiwa demonstrasi siswi-siswi di Paris sebagai bentuk protes terhadap pergolakan politik yang terjadi di akhir era '60-an. Maria Grazia Chiuri menggali arsip demi arsip yang berkisar pada tahun 1968 kemudian menjadikannya sebagai kolase menarik yang diaplikasikan pada rancangan busana wanita terbaru dari Dior untuk musim dingin 2018.

    Berbagai tendensi fashion yang melejit di akhir era '60-an diolah kembali oleh Maria Grazia Chiuri menjadi rangkaian tren yang relevan dengan era modern seperti saat ini. Adapun tren terkini yang disuguhkan tak sebatas pada tren busana wanita saja, namun juga tren aksesori.

    Apa saja tren fashion terbaru untuk musim dingin 2018 menurut Dior? Mari simak kategorisasinya di bawah ini.


    1. Dior Saddle Bag Revival

    Tas ini sempat hit di era '90-an hingga awal 2000-an berkat usungan direktur kreatif Dior di kala itu yakni John Galliano. Tas berukuran mini yang terinspirasi dari pelana kuda tersebut segera menjadi favorit kaum hawa, termasuk para selebriti.

    Tahun 2018, Maria Grazia Chiuri memutuskan untuk meluncurkan kembali saddle bag yang merupakan salah satu model tas paling ikonis yang dimiliki oleh label Dior. Esensi gaya modern dituangkan melalui detachable strap lebar yang dapat diganti-ganti sesuai dengan selera dan keinginan pemakainya.





    2. Frameless Translucent Sunglasses

    Obsesi akan tema-tema futuristis merupakan salah satu ciri khas gaya retro di tahun '60-an. Tema ini lantas diterapkan pada desain kacamata berukuran oversized tanpa bingkai dengan pilihan warna-warna vibran yang eksentrik. Kacamata ini pun menjadi bentuk perpaduan artistik antara gaya retro dan gaya futuristis.



    3. Retro Logo

    Aplikasi logo pada aksesori merupakan metode yang efektif untuk menunjukkan identitas aksesori tersebut. Maria Grazia Chiuri mengedepankan sejumlah model logo Dior dari masa lampau demi memperelok penampilan jajaran tas wanita terbarunya.

    Uniknya lagi, logo tak hanya sekadar digunakan sebagai dekorasi motif semata, namun juga sebagai ornamen fungsional yang dapat digunakan sebagai gagang untuk menjinjing tas.




    4. Work The Patchwork

    Musim dingin kali ini, Maria Grazia Chiuri mengadopsi berbagai motif cetak dari arsip Dior kemudian menyatukannya menjadi sebuah aplikasi patchwork kaya warna dan diperkaya dengan detail sulam yang menyatukan setiap motif yang digunakan. Item mozaik seperti ini mampu memberikan statement tersendiri pada penampilan!




    5. Big Belt (with Big Buckle!)

    Berbicara tentang tren masa lampau, siapa yang dapat melupakan tren ikat pinggang berbahan kulit dan berukuran besar, dengan buckle besi yang juga tak kalah besar? Agar penampilan ikat pinggang kian unik, buckle dirancang dengan mengaplikasikan logo D sebagai wujud aksi logomania yang senantiasa mencuri perhatian.




    6. The Art of Embroidery

    Teknik bordir merupakan salah satu kekuatan artistik yang selalu diandalkan oleh Maria Grazia Chiuri untuk Dior. Tak terkecuali untuk koleksi musim dingin tahun 2018 ini. Ia mengaplikasikan teknik rumit ini pada rangkaian busana mulai dari blazer hingga gaun panjang, memberikan nuansa elegan, feminin, dan mewah pada saat yang bersamaan.

    Detail yang penuh presisi serta mengedepankan kehebatan craftsmanship para artisan di rumah mode Dior ini berhasil menciptakan motif yang kaya akan statement sekaligus tekstur menawan pada permukaan pakaian. Permainan warna-warna vibran yang digunakan pun kian menjadikannya tampak sangat atraktif.



    7. Ready, Set, Crochet!

    Selain teknik bordir, Maria Grazia Chiuri juga menampilkan keindahan teknik crochet yang diterapkan pada gaun panjang. Detail rumit yang dihasilkan dari teknik ini tak hanya memberikan tekstur dan dimensi unik tersendiri, namun juga menciptakan motif menarik yang membuat para pencinta fashion berdecak kagum ketika mengamatinya dari dekat.



    8. Statement Boots

    Mengenakan sepatu boots untuk musim dingin? Itu sudah biasa. Namun apabila sepatu boots dirancang dengan aplikasi menarik seperti detail patchwork atau aksen military stripes pada sisinya, tentu akan menyuguhkan estetika baru yang memikat pandangan mata!




    (Foto: © Morgan O'Donovan for Dior)








- RELATED ARTICLE -