• Perawatan untuk Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

    Beauty / Tips


    Perawatan untuk Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

    Katakan selamat tinggal pada bekas jerawat yang membandel melalui beberapa trik cantik berikut!


    Jerawat merupakan masalah kulit yang cukup sering ditemui namun sebetulnya bisa diatasi lewat berbagai cara tertentu, asalkan bukan dengan memencetnya secara sembarangan. Sayangnya, banyak orang yang belum sepenuhnya menyadari hal tersebut sehingga jerawat pun pergi dengan proses penyembuhan yang kurang sempurna dan meninggalkan jejak berupa jaringan parut.

    Secara umum, bekas jerawat masih dibagi-bagi lagi menjadi tiga macam yaitu ice pick, box car, dan rolling. Tipe ice pick biasanya merupakan bekas jerawat yang relatif kecil seperti sehabis tertusuk benda tajam, sementara box car akan meninggalkan cekungan dalam berbagai ukuran.

    Sedangkan sesuai namanya, bekas jerawat yang dinamakan dengan rolling biasanya membentuk tekstur bergelombang yang diakibatkan oleh kerusakan di bawah permukaan kulit. Jika dibiarkan, bekas jerawat bisa mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Namun, beberapa solusi berikut hadir untuk mengatasinya!   


    1. Aplikasi krim wajah

    Jika bekas jerawat masih berwarna merah, Anda bisa mengenakan krim wajah yang mengandung steroid. Akan tetapi, pemakaian krim tersebut harus disesuaikan dengan resep dokter agar tidak menyebabkan kerusakan kulit. Untuk bekas jerawat yang menghitam, usapkan krim wajah yang mengandung asam kojic, arbutin, dan juga vitamin C untuk membantu memudarkannya. 


    2. Laser

    Laser termasuk dalam perawatan bertajuk skin resurfacing yang dapat membantu menjadikan permukaan wajah Anda lebih halus. Dermatolog biasanya menggunakan teknologi laser guna merangsang produksi kolagen sehingga bekas jerawat pada permukaan kulit Anda bisa tampak lebih baik.

    Perlu diketahui bahwa beberapa efek samping yang mungkin Anda alami ialah wajah yang terasa panas dan kering serta mengelupas, penggelapan maupun kemerahan pada kulit, iritasi hingga pembengkakan. Namun, kondisi tersebut nantinya akan berangsur pulih setelah satu atau dua minggu pasca perawatan. Prosedur laser diklaim 80 persen efektif untuk mengatasi bekas jerawat yang tidak terlalu dalam.


    Baca juga: Keampuhan Laser untuk Hilangkan Bekas Jerawat


    3. Dermabrasion

    Prosedur satu ini bertujuan mengangkat lapisan terluar kulit dengan menggunakan alat khusus untuk mengenyahkan sel-sel kulit yang telah rusak sehingga dapat menyamarkan bekas jerawat pada permukaan wajah. Oleh sebab itu, dermabrasion paling aman apabila dilakukan di klinik kulit dengan pengawasan tenaga ahli.

    Jangan kaget apabila wajah Anda mengalami semacam inflamasi setelah melakukan perawatan tersebut, karena kondisi ini akan membaik dengan sendirinya.


    4. Chemical peeling

    Pada proses chemical peeling, wajah Anda akan diusapkan dengan asam jenis tertentu yang dapat mengikis kulit terluar secara efektif sehingga sering diaplikasikan untuk mengatasi bekas jerawat yang lebih parah. Tujuh sampai 10 hari selepas memperoleh tindakan ini, wajah Anda akan mulai membentuk lapisan baru.

    Apabila Anda mendapati area kulit yang tampak kemerahan, jangan khawatir. Gejala tersebut akan memudar dalam waktu beberapa minggu. 


    5. Injeksi Fillers

    Dengan bantuan dokter spesialis, bagian wajah dengan bekas jerawat yang ingin dihilangkan akan diinjeksi dengan menggunakan filler (bisa berbentuk kolagen ataupun lemak) guna mengisi cekungan bekas jerawat. Hanya saja karena tubuh Anda bisa menyerap komponen tersebut, tentunya proses ini memerlukan sejumlah pengulangan dari waktu ke waktu. 


    Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat


    6. Needling

    Proses ini melibatkan alat dengan jarum-jarum berukuran mikro yang berfungsi menggerus permukaan wajah dengan bekas jerawat membandel. Jangan khawatir, ini merupakan cara yang termasuk aman untuk memicu stimulasi lapisan bawah kulit sehingga mampu menciptakan sel-sel baru. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda harus mengulangi perawatan ini beberapa kali.


    7. Operasi

    Pada kasus yang sudah parah, dokter Anda akan melakukan tindakan invasif untuk menyingkirkan bekas jerawat dan menjahitnya apabila sudah selesai atau bisa pula dengan cara mempraktikkan metode skin graft (menambal dengan kulit yang diperoleh dari area lainnya pada tubuh Anda). 

    Apakah Anda tertarik untuk menjajal salah satu dari beberapa tindakan di atas? Jika iya, pastikan untuk memilih prosedur yang sesuai dengan karakter dan kondisi Anda masing-masing. Tip Bazaar, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter spesialis terpercaya soal perawatan mana yang paling cocok untuk menghilangkan bekas jerawat Anda. Selamat mencoba! 


    (Foto:  Dmitrii KotinĀ©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -